Calon Presma di FST lakoni “Fit and Proper Test”

Suasana Ketika Pelaksanaan Fit and Proper Test Calon Ketua DEMA/SEMA FST

FST-UIN Jakarta. Fit and Proper Test untuk Bakal Calon (Balon) Ketua Dewan Eksekutif Mahasiswa (DEMA) dan Senat Mahasiswa (SEMA) FST berlangsung di ruang Multimedia lt.2 pada Kamis (21/3). Fit and Proper Test ini bertujuan memunculkan masing-masing 3 nama calon terbaik Ketua DEMA dan SEMA. Humas KPU FST, Ai Siti Nurhayati, mengatakan, Fit and Proper Test ini diikuti oleh 6 Balon Ketua DEMA dan 5 Balon Ketua SEMA (Kamis, 21/3).

Enam Balon Ketua DEMA itu ialah Nur Ikhsan (Agribisnis), Deni Kurnia (Kimia), Hadi Kusumo (Teknik Informatika), Velan Fahmi (Sistem Informasi), Tri Valdi (Teknik Informatika), dan Izza Farhatin (Fisika). Dalam pelaksanaannya, Tri Valdi dan Izza Farhatin menyatakan mengundurkan diri dari pencalonan.

Sementara itu, lima balon ketua SEMA yang mengikuti proses Fit and Proper Test itu yaitu Tubagus Ivan (Sistem Informasi), Dimas Istanto (Teknik Informatika), Ariq Cahya (Teknik Informatika), Aprisya Krispriana (Sistem Informasi), dan Desri Akbari (Fisika).

Fit and Proper Test dimulai pukul 09.00 WIB. Panel dalam pelaksanaan agenda tersebut adalah Ai Siti Nurhayati dan Amzar Fadliatma dari perwakilan Mahasiswa. Sementara itu, panel dari dosen yaitu Iwan Aminudin dan Khusnul Khitam. Topik yang ditanyakan kepada Balon mencakup Wawasan Akademik, Keorganisasian, Kesaintekan, Problem Solving, dan Attitude. Fit and Proper Test selesai pukul 13.30 WIB.

Penilaian panel pada Fit and Proper Test tersebut berskala 10 dengan maksimal nilai 140. Pada topik Wawasan Keorganisasian, maksimal nilai 30, wawasan keakademikan maksimal nilai 40, wawasan kesaintekan maksimal nilai 10, problem solving maksimal nilai 30, dan untuk attitude, maksimal nilai 30.

Salah satu balon ketua SEMA, Dimas Istanto, mengatakan, adanya Fit and Proper Test yang berbeda dari biasanya, merupakan sesuatu yang baru dan bagus. Ia setuju dengan adanya Fit and Proper Test, agar calon ketua yang akan ditampilkan di Pemilihan Umum Raya (PEMIRA) merupakan calon-calon terbaik yang sudah diketahui kapabilitas dan kualitasnya dari perwakilan dekan (dosen) dan perwakilan mahasiswa (21/3).

Setelah panel memberikan nilainya, KPU beserta Panwaslu menghitung cakupan nilai dari para Balon Ketua. Akhirnya muncullah nama Nur Ikhsan, Velan Fahmi, dan Hadi Utomo sebagai calon ketua DEMA. Untuk calon ketua SEMA, muncullah nama Ariq Cahya, Desri Akbari, dan Dimas Istanto. Pengumuman dan pengambilan nomor urut nama calon-calon ini dilakukan di plasa FST pukul 16.00 WIB.

Urutan nama calon ketua DEMA setelah pengambilan nomor urut yaitu Velan Fahmi, Nur Ikhsan, dan Hadi Utomo. Sedangkan untuk calon ketua SEMA ialah Ariq Cahya, Dimas Istanto, dan Desri Akbari. Persyaratan dan ketentuan kampanye juga disosialisasikan saat agenda pengumuman ini. (Amzar Fadliatma)