Halal Bihalal

Seluruh civitas akademik UIN Syarif Hidayatullah Jakarta mengikuti acara Halal Bi Halal 1438 H, yang bertempat di Auditorium Harun Nasution, Rabu (12/7). Acara yang rutin dilaksanakan oleh seluruh sivitas akademik UIN Jakarta pasca Idul Fitri ini, dihadiri oleh Dirjen Sumber Daya Iptek Dikti, Kemristekdikti, Prof Dr Ali Gufron Mukti MSc PhD, sekaligus menjadi pembicara pada acara yang mengangkat tema ” Urgensi Penelitian dan Publikasi Internasional di Perguruan Tinggi Untuk Kemajuan Ummat”.

Prof Dr Ali Gufron Mukti MSc PhD secara umum mengatakan, bahwa penelitian dan penulisan merupakan suatu yang sangat penting guna mengembangkan keilmuan, terutama di lingkungan lembaga pendidikan.

“Ilmu pengetahuan dan Islam khususnya bisa berkembang apabila dilakukan penelitian, penulisan, dan publikasi ilmiah. Karena, Islam mengajarkan kepada kita untuk melakukan hal tersebut, sebagaimana ayat al-Qur’an yang pertama kali turun adalah anjuran untuk membaca dan terus belajar,” jelas Ali.

Ditambahkannya, saat ini masih ada pekerjaan rumah bagi para peneliti, yaitu masih miskinnya metodologi dan inovasi dalam penelitian. Oleh karenanya, kita harus terus belajar dan mengembangkan keilmuan dengan lebih menggiatkan penelitian serta publikasi karya ilmiah yang bermanfaat bagi umat. “Tidak lupa saya mengucapkan selamat kepada UIN Jakarta yang telah melakukan publikasi 500 jurnal ilmiah dan telah terindeks SCOPUS.