Lab Indonesia “Lebarannya Orang Lab”

Lab Indonesia dg jargon “Lebarannya Orang Lab” merupakan ajang conference dan exhibition yang digelar 2 tahun sekali. Bagi orang-orang laboratorium menjadi sebuah kesempatan untuk melihat perkembangan teknologi dari sisi peralatan laboratorium. Selain itu juga mengikuti seminar-seminar dari vendor alat terkait aplikasinya dalam kehidupan sehari-hari.

Rekan-rekan PLT tidak ingin ketinggalan kesempatan emas ini. Hadir meramaikan dan juga menimba ilmu dalam workshop 2 (dua) hari tentang perkembangan terbaru Sistem Manajemen Laboratorium yaitu ISO/IEC 17025 versi 2017 yang gratis diadakan oleh BSN bekerjasama dengan Lab Indonesia dan Lab mania.

Workshop dengan tema “Penerapan ISO/IEC 17025:2017 dalam Pertumbuhan Ekonomi Indonesia” menghadirkan pembicara dari BSN yaitu Kepala Pusat Akreditasi Laboratorium dan Lembaga Inspeksi BSN, Donny Purnomo dengan materi yang dipaparkan Perkembanhan Akreditasi Lab sesuai ISO/IEC 17025:2017. Pembicara dari Direktorat Standarisasi Pengendalian Mutu Kementerian Perdagangan RI, Enny Tulak dengan paparan “Pemanfaatan Penerapan ISO/IEC 17015:2017 dalam Perdagangan Indonesia. Pemateri Edy Yusuf, Asisten Deputi Penguatan Pasar dalam Negeri dan Tertib Usaha, Deputi Bidang Koordinasi Perniagaan dan Industri, Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian RI yang menjelaskan tentang Peranan ISO/IEC 17015:2017 dalam Perekonomian Indonesia. Serta sharing dari CQA Laboratory Corporate Quality Assurance PT. INDOFOOD CBP Sukses Makmur, Tbk, Cahyo Konstituanto tentang Peranan ISO/IEC 17025:2017 dalam meningkatkan Produktivitas Perusahaan.

Workshop hari kedua diisi dengan kupas tuntas semua klausul ISO/IEC 17025:2017.

Sukses acara ini dihadiri oleh kurang lebih 300 peserta dari seluruh Indonesia, baik dari unsur laboratorium dan umum. Khusus bagi Pranata Lab Pendidikan (PLP) kegaitan ini dapat bermanfaat untuk meningkatkan kompetensi agar lebih kompeten, profesional, dan berstandar internasional.

Sumber: (Nunung/mydoc, yusuf & Djunaedi/2018)