STARTUP UIN YANG KE-2

startup uin 2

Jumat 26 April 2013, StartUp UIN kembali diadakan. Acara gabungan dari HIMTI, HIMSI dan Pandora ini bertujuan untuk memotivasi para mahasiswa mahasiswi UIN untuk memulai mengembangkan sebuah startup. Diacara ini mahasiswa dapat memperkenalkan karya mereka tanpa harus ragu akan kekurangan dari karya mereka, karena acara ini tidak menuntut kesempurnaan. Sebab yang diharapkan dari acara ini adalah memacu semangat mahasiswa dalam berkarya untuk menjadi pemenang kelak.

 

Acara ini merupakan acara skala mingguan yang pelaksanaannya diadakan oleh organisasi HIMSI, HIMTI dan Pandora Squad secara bergantian, sehingga masing-masing organisasi hanya mengadakan acara ini setiap 2 minggu sekali dan pada acara StartUp kali ini diadakan oleh panitia dari HIMTI. StartUp yg baru berjalan untuk kedua kalinya ini menampilkan 2 teamwork dengan 3 orang peserta mahasiswa TI UIN angkatan 2011 dan pembicara dari startupbisnis.com. Acara dimulai dengan pembukaan oleh MC dan dilanjut sambutan dari ketua HIMTI yakni Alief Qadarussalam (TI/6B).

 

Acara selanjutnya presentasi kedua teamwork. Presentasi pertama dari Tim Fatahillah yang di founder-i oleh saudara Muhammad (TI/4B), Reza Ayatuna Lazuardy (TI/4A), Abdil Izzat Malanovic (TI/4A), dan Abdul Hafiz (TI/4B). Secara umum aplikasi buatan mereka merupakan aplikasi yang berkaitan tentang bencana, aplikasi tersebut dinamakan direq (disaster direct rescue). Sesuai dengan nama aplikasinya, tujuan pembuatan aplikasi ini adalah untuk memberikan pertolongan pertama pada daerah yang terkena bencana. Cara penggunaan aplikasi ini adalah, orang yang berada di tempat bencana dapat memberitahukan keadaan bencana di tempat mereka dengan membuat post di aplikasi ini, sehingga orang yang juga mengakses aplikasi ini dapat memberikan pertolongan pertama pada korban bencana tersebut, lalu korban bencana juga dapat menghubungi nomor-nomor penting secara langsung, seperti rumah sakit, dan kepolisian.

 

Presentasi yang kedua yakni dari Tim Tanus yang di founder-i oleh Bisri Nursa Fadhilah (TI/4B) dan Dian Eka Pratama (TI/4B). Aplikasi yang dinamakan Tanus ini merupakan kepanjangan Tanah Nusantara. Sesuai dengan namanya, Tanus dibuat untuk memperkenalkan kebudayaan yang ada di Nusantara. Kurangnya pengetahuan masyarakat akan kebudayaan Indonesia menjadi alasan utama pembuatan aplikasi ini. “Dengan adanya aplikasi ini, masyarakat dapat lebih mudah dalam mengakses informasi tentang keanekaragaman nusantara, diharapkan aplikasi ini dapat menjaga dan melestarikan budaya Indonesia” ungkap Bisri saat diwawancarai setelah acara StartUp selesai. Bagi pengguna android dapat menikmatinya jika apikasi sudah jadi nanti.

 

 

Acara selanjutnya materi tentang StartUp oleh Rhein Mahatma, beliau adalah co-founder startupbisnis.com.  Beliau juga mengenalkan hal-hal dasar seputar StartUp, seperti definisi, cara memulai, dan apa saja yang dibutuhkan dalam membangun sebuah StartUp. Materi tersebut sangat memberi inspirasi dan memotivasi kita untuk berbisnis khususnya e-commerce dalam teknologi sekarang ini. Beliau memberikan cara dan contoh yg baik dalam bidang usaha dan teknologi. Acara yg dihadiri sekitar 70 orang ini berjalan dengan antusias penuh dari peserta, bahkan sampai pada akhir acara. Pada akhir acara diisi dengan sesi tanya jawab dimana banyak yang ingin bertanya dan meminta saran kepada beliau.

 

Salah satu dari peserta bertanya “Bagaimana mengembangkan jiwa e-commerce para mahasiswa yg umumnya masih awam dan bagaimana untuk menjadikan diri kita menjadi start dalam berbisnis?”. Saudara Rhein menjawab “You can ignore everyone’s advice, Just learn from pattern” yang maksudnya mencontek kesuksesan para pelaku e-commerce yg sudah lebih dahulu sukses, dan percaya diri harus juga dikembangkan dalam diri kita.

Dengan berakhirnya sesi tanya jawab berakhir juga acara StartUp UIN yang diadakan di teater lt.2 FST UIN ini. Diakhir acara, para pembicara dan seluruh peserta ikut berfoto ria sebagai dokumentasi. Acara pun berakhir dengan lancar. Sampai bertemu di StartUp selanjutnya 😀

 

 

 

Leave a Reply