Mahasiswa Mengikuti Pelatihan dan Sertifikasi SKKNI

Balai Pelatihan dan Riset TIK (BPRTIK) Ciputat menyelenggarakan Pelatihan dan Sertifikasi SKKNI Junior Programmer, Junior Technical Support&Practical Office pada tanggal 10 – 13Mei 2015 yang diikuti oleh kurang lebih 200 orang peserta.

Adapun salah satu sasaran kegiatan ini adalah terwujudnya SDM angkatan kerja muda bidang TIK yang lulus uji kompetensi dan berhasil memiliki Sertifikat sebagai bukti kepemilikan kompetensi standar yang dapat dimanfaatkan dalam mencari lapangan kerja, selain itu agar para angkatan kerja muda di Indonesia nantinya mampu bersaing dengan tenaga kerja asing karena akhir tahun 2015 akan berlaku liberalisasi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA).

Dalam pelatihan dan sertifikasi ini, para peserta dibagi kedalam beberapa  kelas yang setiap kelasnya dapat menampung hingga 30 orang peserta. Narasumber dan asesor dalam pelatihan dan sertifikasi SKKNI Junior Programmer, Junior Technical Support & Practical Office ini adalah para staf dari BPRTIK Ciputat.

Pelatihan dan sertifikasi SKKNI inidilaksanakandalambentukpemberianmateri dan praktektentangprogrammer, technical support dan practical officeolehnarasumberdari BPRTIK, tesengine dan ujiantulisoleh asesor darilembaga terkait.

Sejak hari pertama pelatihan, para peserta selain diberikan materi sesuai dengan bidang masing-masing yang dipilih,juga diberikan materi tentang urgensi SKKNI bagi angkatan kerja muda. Selain itu diadakan diskusi dan tanya jawab.

Adapun untuk fasilitas, setiap peserta diberikan fasilitas yang lengkap seperti penginapan jika memang peserta tersebut berasal dari daerah yang cukup jauh dari lokasi, selain itu peserta juga mendapatkan sarapan dan makan siang, juga coffe break dalam setiap sela-sela pelatihannya.

Kegiatan ini akan ditutup pada tanggal 13 Mei 2015, dengan beberapa acara seremonial dan pemberian materi terakhir serta harapan dari hasil mengikuti pelatihan dan sertifikasi ini. Pada kegiatan ini ada 4 orang mahasiswa prodi TI yang ikut bergabung dari awal sampai akhir acara.

1 Skkni 2 sknni 3 skkni 4 skkni