OLIMPIADE SAINTEK 2018

OLIMPIADE SAINTEK 2018

Telah terlaksananya rangkaian acara Olimpiade Saintek pada tanggal 16 – 27 April 2018. Olimpiade Saintek merupakan acara rutin yang dilakukan setiap tahunnya dan diselenggarakan oleh Dewan Eksekutif Mahasiswa (DEMA) untuk meningkatkan kegemaran minat dan bakat akan olahraga dan kesenian mahasiswa Fakultas Sains dan Teknologi.

Acara Olimpiade Saintek merupakan salah satu program kerja Departemen Pengembangan Sumber Daya Mahasiswa, Divisi Minat dan Bakat DEMA Fakultas Sains dan Teknologi. 8 Himpunan (Matematika, Fisika, Biologi, Kimia, Agribisnis, Sistem Informasi, Teknik Informatika, dan Teknik Pertambangan) di ruang lingkup FST ikut berpartisipasi dalam rangkaian acara ini. Terdapat beberapa rangkaian acara yang dilaksanakan di Olimpiade Saintek 2018, diantaranya;

1.      Opening Ceremony

Rangkaian acara pertama pada Olimpiade Saintek 2018 yang diadakan pada tanggal 16 April 2018. Acara ini dimeriahkan oleh 8 himpunan di Fakultas Sains dan Teknologi dan sambutan Bapak Agus Salim selaku Dekan FST. Penyalaan api obor di pimpin oleh Bapak Agus Salim dan masing-masing kahim turut memegang obor yang nantinya akan dinyalakan bersama-sama.

2.      Tarik Tambang

Konten lomba pertama yang dilaksanakan pada tanggal 16 April 2018 bertepatan dengan Opening Olimpiade Saintek. Dilaksanakan halaman Lobby Barat Fakultas Sains dan Teknologi pukul 13.00 Siang. Perlombaan Tarik Tambang dimenangkan oleh Sistem Informasi, juara kedua Teknik Pertambangan, dan juara ketiga Kimia.

 

3.      Saintek Idol

Saintek Idol bertujuan untuk meningkatkan minat dan kegemaran mahasiswa Fakultas Sains dan Teknologi dalam hal kesenian khususnya bermusik. Acara ini dilaksanakan pada tanggal 17 April untuk babak Penyisihan dan 27 April untuk babak Final. Before Century (Sistem Informasi) berhasil menduduki peringkat pertama, Damai Senja Hari (Kimia), menduduki peringkat kedua, serta Soraya (Matematika), berhasil menduduki juara terfavorit yang ditentukan berdasarkan voting.

 

4.      Catur

Konten lomba selanjutnya yaitu Catur, dilaksanakan pada tanggal 18 April untuk babak Penyisihan dan 23 April untuk babak Final di Lobby Lantai 7 Fakultas Sains dan Teknologi. Sistem Informasi kembali menduduki peringkat pertama, dilanjutkan oleh Fisika di peringkat kedua, dan Teknik Informatika di peringkat ketiga.

5.      Tenis Meja

Tenis meja dilaksanakan tanggal 18 April untuk babak penyisihan setelah perlombaan Catur dan 19 April untuk babak Final di Lobby Lantai 7 Fakultas Sains dan Teknologi. Peringkat pertama dimenangkan oleh Sistem Informasi, kemudian Teknik Informatika diurutan kedua, dan Agribisnis diurutan ketiga.

 

 

 

 

 

6.      Basket Putra

Konten loma Basket diadakan pada tanggal 19 April untuk babak penyisihan di Hall Student Center UIN Jakarta dan babak final diilaksanakan pada tanggal 25 April. Peringkat pertama diduduki oleh Teknik Informatika, dilanjutkan oleh Fisika, dan Matematika di peringkat ketiga.

 

 

7.      Futsal

Futsal yang diadakan mencakup futsal putra dan futsal putri. Diadakan pada tanggal 20, 24, dan 26 April dan dilaksanakan di Hall Student Center UIN Jakarta. Untuk kategori Futsal Putra dimenangkan oleh Agribisnis, Sistem Informasi di peringkat kedua, dan dilanjutkan Teknik Pertambangan di peringkat ketiga. Kategori Futsla Putri dimenangkan oleh Agribisnis, Fisika di peringkat kedua, dan dilanjutkan Sitem Informasi di peringkat ketiga.

 

8.      Badminton

Badminton merupakan cabang olahraga terakhir yang dilaksanakan pada tanggal 25 April untuk babak penyisihan dan 26 April untuk babak final yang diadakan di GOR Mustika. Peringkat pertama ditempati oleh Matematika, dilanjut oleh Fisika di peringkat kedua, dan Agrbisnis di peringkat ketiga.

 

9.      Fotografi

Fotografi merupakan cabang baru yang diadakan pada Olimpiade Saintek 2018. Fotografi bertujuan untuk melatih minat mahasiswa FST akan seni memotret. Ketentuan lomba fotografi ialah foto yang mencakup kegiatan lomba Olimpiade Saintek. Nantinya hasil foto dari masing-masing jurusan akan dipajang pada akhir acara Olimpiade Saintek dan juara favorit ditentukan dari hasil voting; Instagram dan offline. Juara pertama diduduki oleh Agribisnis, dilanjut Biologi di peringkat ketiga. Dan juara favorit diduduki oleh Agribisnis.

10.  Closing Ceremony

Rangkaian acara akhir Olimpiade Saintek 2018 yang diadakan pada tanggal 27 April 2018. Selain mengumumkan juara umum dan penyerahan medali pada masing-masing konten lomba, acara ini juga di meriahkan oleh para finalis Saintek Idol. Pak Trisno selaku Wakil Dekan Bagian Kemahasiswaan turut memberikan sambutan dan pemberian Piala kepada Juara Umum Olimpiade Saintek 2018. Acara ini diakhiri dengan pematian api obor yang dilakukan oleh Ketua Pelaksana, Ribi Alif.