Stadium General Dengan Dr Media A. Ayu dengan Topik

Near-field Communication (NFC) for touch-base mobile System Interaction

Near-field communication (NFC) merupakan bentuk komunikasi nirkabel jarak-pendek di mana antena yang digunakan lebih pendek daripada gelombang sinyal operator (yang mencegah interferensi gelombang dari antena yang sama). Komunikasi NFC merupakan medan eletrik yang termodulasi, atau medan magnetik termodulasi, namun tidak berasal dari gelombang elektromagnetik radio. Near-Field Communication yang merupakan salah satu teknologi komunikasi antar gadget terbaru yang menggunakan sistem RFID (Radio Frequency Identification) untuk saling bertukar data dalam jarak dekat, sekitar 4 inci. Teknologi NFC ini memungkinkan pertukaran data antar gadget dan alat hanya dengan sentuhan jarak dekat, dan hanya membutuhkan waktu kurang dari sepersepuluh detik.

NFC terletak pada perannya sebagai teknologi yang dapat membuka berbagai bentuk komunikasi dan transaksi dengan cara yang sangat nyaman ketika digunakan oleh pengguna. NFC memungkinkan orang untuk melakukan hal yang mereka inginkan dengan menyentuh atau menempatkan perangkat mereka dekat dengan layanan yang dikehendaki. Hal ini membuat bentuk layanan elektronik dan interaksi lainnya lebih mudah diakses oleh banyak orang. NFC bekerja di antara dua perangkat yang berdekatan (biasanya dengan jarak beberapa sentimeter). Setelah sambungan dibuat dalam hitungan detik, informasi dapat dipertukarkan antara kedua perangkat, baik menggunakan NFC secara langsung atau melalui teknologi nirkabel lain seperti WiFiBluetoothUWB atau ZigBee.

Saat ini, teknologi NFC bisa dibilang baru dan belum banyak yang menggunakannya. Tapi Nokia, android, dan BB sudah mulai meluncurkan device yang mensupport NFC. Untuk mengetahui tema NFC secara lebih mendalam maka program studi TI melaksanakan kegiatan stadium general untuk mahasiswa dan dosen di program studi TI, tanggal 18 Maret 2016, Pukul: 13.00 – 17.00, Tempat : Teater Lt. 2 Fakultas Sains dan Teknologi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dengan narasumber Assoc. Prof. Media Anugerah Ayu, PhD, MIEEE

stadium General 1 fstuinjkt stadium General 2 fstuinjkt stadium General 3 fstuinjkt stadium General 4 fstuinjkt