Stadium General Dengan Prof Teddy dengan Topik ” IoT: Emerging Trends Of Sensing, Computing and Communication ”

Internet of Things, atau dikenal juga dengan singkatan’ IoT, merupakan sebuah konsep yang bertujuan untuk memperluas manfaat dari konektivitas internet yang tersambung secara terus-menerus. Pada dasarnya, Internet of Things mengacu pada benda yang dapat diidentifikasikan secara unik sebagai representasi virtual dalam struktur berbasis Internet. Gartner mengatakan bahwa instalasi IoT akan tumbuh sampai 26 Milyar unit di tahun 2020, dan akan menghasilkan pendapatan tambahan melebihi USD 300 Milyar, sebagian besar di layanan. Hal ini akan berdampak terhadap value add ekonomi global sebesar. Internet of Things (IoT) merupakan tren teknologi masa depan penginderaan, komputasi, dan komunikasi. IoT mengacu pada tren yang muncul mulai dari menambah obyek fisik dan perangkat dengan penginderaan, komputasi dan kemampuan komunikasi, menghubungkan untuk kemudian membentuk jaringan dan memanfaatkan efek kolektif dari objek jaringan.

IoT merupakan generasi berikutnya dari internet yang akan meningkatkan interaksi yang harmonis antara manusia, komputer, dll. Sayangnya tingkat pengetahuan tinggi tidak dapat diperoleh secara langsung dari perangkat IoT, melainkan berasal langsung dari data penginderaan mentah menggunakan data mining dan machine learning teknik-teknik canggih. Jaringan wireless termasuk MANET dan VANET mengambil peran sebagai jembatan antara lingkungan komputasi dan pengguna (manusia).

Tujuan dibuatnya IoT adalah untuk membuat para pengguna berinteraksi dengan “hal-hal” yang lebih mudah dalam hal lingkungan cerdas dimana hal-hal tersebut tersebar luas, pada saat yang sama terdapat dimana-mana, dan tertanam di lingkungan sekitar kita. Prosedur yang dibuat tidak perlu dibuat sulit, membosankan atau sulit untuk dipelajari atau dipahami, tetapi harus berpotensi menjadi aman, mudah, sederhana, dan mengaktifkan fungsi-fungsi baru tanpa perlu belajar teknologi baru, artinya dengan IoT para pengguna akan mendapatkan informasi yang relevan dengan cara yang sederhana. Beberapa aplikasi yang telah berhasil dibuat berdasarkan IoT adalah NFC School System, NFC Payment System, Elderly Monitoring, dan Smart Parking.

Dalam menyambut perkembangan tersebut dan untuk mengetahui lebih dalam mengenai IoT untuk mahasiswa dan para dosen di program studi TI melaksanakan kegiatan stadium general, pada hari Jumat, 18 Maret 2016, Pukul         : 08.00 – 12.00, Tempat : Teater Lt. 2 Fakultas Sains dan Teknologi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dengan narasumber Prof. Dr. Teddy Mantoro.

Alhamdulillah pelaksanaan kegiatan ini telah dapat terwujud dan terlaksana sesuai dengan agenda yang telah prodi TI susun, diucapkan banyak terimakasih pada semua unit dan tim serta partisipasi semua atas terlaksananya kegiatan ini. Semoga tujuan yang prodi TI inginkan dapat terwujud. Amin.

stadium ti fstuinjkt 1 stadium ti fstuinjkt 2 stadium ti fstuinjkt 3 stadium ti fstuinjkt 4 stadium ti fstuinjkt 5