Tangerang Selatan Global Innovation Forum (TGIF) 2016

pameran2tgif

Dekan FST, Wadek dan Prodi mengikuti salah satu program Pameran TGIF2016 

Kemenristekdikti Bekerjasama dengan bekerja sama dengan United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO), World Technopolis Association (WTA) dan Pemerintah Kota Tangerang Selatan menyelenggarakan Tangerang Selatan Global Innovation Forum (TGIF) 2016 yang akan berlangsung dari 20 hingga 23 September 2016.

Acara ini diselenggarakan di Kawasan Puspiptek, Kecamatan Setu. TGIF 2016 mengambil tema Innovation For Sustainable Development. Tujuan utama dari penyelenggaraan TGIF 2016 adalah memberikan konstribusi terhadap pembangunan ekonomi global melalui promosi budaya inovasi, tecnopreneurship, serta alih tecnologi dan ilmu pengetahuan. Selain itu Forum ini juga merupakan wadah bertukar pendapat dan memperluas jejaring para profesional penelitian dan perekayasa, pembuat kebijakan dalam bidang ilmu pengetahuan dan inovasi, para pelaku di dunia industri teknologi tinggi, serta komunitas masyarakat dari seluruh dunia.

Kota Tangsel sebagai salah satu anggota WTA telah ditunjuk sebagai tuan rumah penyelenggara Global Innovation Forum (GIF) tahun 2016 pada sidang dua tahunan WTA tahun 2104 yang lalu. WTA adalah organisasi multilateral non profit yang dibentuk pada tahun 1998 dengan tujuan untuk mendorong pengembangan ilmu pengetahuan fan teknologi untuk pengembangan daerah.

Acara TGIF 2016 ini juga merupakan tindak lanjut kerjasama antara UNESCO, WTA dan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi sejak tahun 2007. Pada awalnya kerjasama ini berfokus pada bantuan teknis pengembangan Science Tecno Park (STP) yaitu PUSPITEK Serpong sebagai salah satu pilot project. Sejak saat itu, kemitraan diperluas dengan melibatkan kerjasama antara kota dan dunia usaha seperti kemitraan antara Kota Tangsel dan Kota Daejon di Korea Selatan. Selanjutnya, kerjasama dan kemitraan ini melibatkan perguruan tinggi, lembaga penelitian dan pengembangan, dunia usaha teknologi tinggi serta masyarakat.

Adapun rangkaian acara TIGF 2016 antara lain keynote speech, plenary session, thematic special session, Unesco-WTA Regional Training Workshop, WTA General Assembly 2016, Forum Walikota (Mayor’s Forum), Forum Rektor (University President’s Forum), pameran teknologi dan lomba inovasi. Forum dan seminar TGIF akan dihadiri kurang lebih 1.000 peserta dari 47 Negara anggota WTA, industri/ rektor dan praktisi bisnis teknologi tinggi dari berbagai negara lainnya. Acara ini juga akan dihadiri oleh para walikota yang tergabung dalam Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APKASI), industri nasional, komunitas litbang dan perguruan tinggi nasional

FST UIN Syarif Hidayatullah Jakarta salah satu fakultas yang mengikuti sekaligus peserta pameran pendidikan Sains dan Teknologi pada TGIF 2016 tersebut bersama universitas Sains dan Teknologi lainnya. Pada Pameran Tersebut FST UIN Jakarta mempromosikan aplikasi teknologi tepat guna dan penelitian serta jurnal yang pendidikan yang sudah dihasilkan oleh para Mahasiswa dan Dosen FST UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. (Dokumen Foto: Mahbub)