Saintek News (1/12/2021) Kementerian Agama melalui Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam (Diktis) Ditjen Pendidikan Islam menyelenggarakan kompetisi mahasiswa bidang akademik, yang diberi nama Olimpiade Agama, Sains dan Riset Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (OASE PTKI). Kegiatan ini bertujuan untuk mengembangkan mahasiswa yang berkarakter, bermoral, berakhlakul karimah, cerdas, inovatif dan  memiliki komiten kebangsaan . OASE pertama PTKI se-Indonesia Tahun 2021 dilaksanakan di UIN Ar-Raniry Banda Aceh pada tanggal 12 sd 28 November 2021.

Finalis Olimpiade Sains bersama Dekan dan Wakil Dekan 3 FST.

Fakultas Sains dan Teknologi sangat mendukung dan berantusias menjadi perwakilan UIN Jakarta dalam kegiatan OASE. Pada tanggal 12 – 25 Oktober 2021 FST melakukan seleksi internal OASE, hasilnya 36 mahasiswa terseleksi mewakili FST dan UIN Jakarta dalam 10 cabang lomba, 4 lomba olimpiade sains dan 6 lomba karya inovasi. Pada tanggal 30 Oktober dilakukan babak penyisihan dan pada tanggal 1 November diumumkan peserta yang lolos babak penyisihan. Alhamdulillah 3 tim inovasi FST dinyatakan lolos babak penyisihan dan berhak maju ke babak final  yaitu : 1). Karya inovasi    Karya Inovasi Astronomi/Ilmu Falak  dengan ketua tim :  Rangga Prasetya Alamsyah (prodi Fisika) . 2) Karya Inovasi Iklim, Limbah, Lingkungan dan Sumberdaya Terbarukan dengan (Ketua Tim Muhammad Ihsan (prodi biologi) dan 3). Karya Inovasi Robotic dan Perograman (Ketua tim Dhoni Ikhsan Widodo (prodi Fisika).  Selain itu lolos dalam babak final kontingan FST mewakili UIN Jakarta dalam lomba olimpide sains bidang biologi  Mohammad Syamsul Rija,  finalis olimpiade sains bidang kimia , Leni Andriyani  dan Galuh Prayoga sebagai finalis olimpiade sains  bidang  Matematika.Para finalis lomba karya inovasi diharuskan mengikuti babak final di UIN Ar-Raniry Aceh sementara babak final Olimpiade sains dilakukan secara daring di Pusat Laratorium Terpadu FST.

Acara puncak OASE PTKI 2021 dilaksanakan di UIN Ar-raniry Aceh dengan mengkolaborasikan kegiatan Final Lomba Karya Inovasi dengan Pertemuan Forum Rektor PTKI dan Forum Dekan FST PTKI. Pada kegitan ini Finalis Lomba Karya  Inovasi  dari FST UIN Jakarta berkesempatan hadir dengan dukungan fasilitas dari UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.  Dikoordinir oleh Kasubag  Bina Bakat dan Minat Mahasiswa :  Arief Arianto Aryadi, S. Psi bersama  6 tim  finalis lomba karya inovasi dari UIN Jakarta lainnya finalis lomba karya Inovasi dari FST tiba di UIN Ar-Raniry pada tanggal  24 November 2021  bersama dengan ketua kontingen UIN Jakarta yaitu Wakil Rektor Bidang Kemahasiswan Dr. Arief Subhan, MAg.

Pimpinan FST UIN Jakarta juga hadir dalam acara tersebut, selain untuk menghadiri Forum Dekan dan Wakil Dekan FST PTKI juga sebagai bentuk dukungan penuh pimpinan FST terhadap para finalis.  Pimpinan FST yang hadir dalam kegiatan ini adalah Dekan FST (Ir.Nashrul Hakiem, MT, PhD), Wakil Dekan Bidang Administrasi Umum (Dr.Nani Radiastuti,MSi) dan Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan Alumni dan Kerjasama (Dr.Fahma Wijayanti,MSi). Selain itu satu orang dosen pembimbing tim inovasi  juga ditugaskan mendampingi  para  finalis lomba inovasi yaitu  Dr.Megga Ratnasari Pikoli, MSi.  Dalam acara puncak ini,  para finalis  lomba karya inovasi memperkenalkan dan memperagakan  hasil karya inovasinya di Stand Display yang disediakan oleh panitia. Setelah itu para finalis mempresentasikan hasil karyanya didepan para juri.

Kerja keras dan usaha yang dilakukan oleh kontingen FST UIN Jakarta mendapatkan hasil yang cukup membanggakan. FST berhasil menyumbang 5 medali kejuaraan untuk kontingan UIN Jakarta yaitu;

  1. Juara Harapan 2 Karya Inovasi Iklim, Limbah, Lingkungan dan Sumberdaya Terbarukan  dengan anggota tim : Istyo Murdoyo Andono, Muhammad Ikhsan, dan Talitha Hasna Fauzi(prodi biologi, prodi pertambangan, prodi pertambangan).
  2. Juara Harapan 3 Karya Inovasi robotik dan programming  dengan anggota tim Dhoni Ikhsan Widodo, Mila Saprila Suherman, dan Putri Adelia. (prodi fisika)
  3. Juara 3 Olimpiade Sains Bidang Kimia : Leni Andriyani (prodi kimia)
  4. Juara harapan 1 Olimpiade Sains Bidang Matematia : Galuh Prayoga (prodi matematika)
  5. Juara Harapan 2 Olimpiade Sains Bidang Biologi : Muhammad Syamsul Rijal (prodi biologi)

Menurut WD3 FST (Dr. Fahma Wijayanti)  perolehan ini menunjukkan kompetensi mahasiswa   FST dalam bidang sains dan teknologi cukup cemerlang dan dapat ditingkatkan lagi dengan pembinaan prestasi  yang lebih intensif . Bu fahma optimis dimasa yang akan datang prestasi mahasiswa FST diajang nasional maupun internasional  dapat dipacu menjadi  lebih baik lagi.