Saintek News(31/12/2021) Fakultas Sains dan Teknologi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta melaksanakan Peresmian Kebun Pendidikan Penelitian dan Pengembangan Pertanian di Desa Cikuya Kecamatan Solear, Kabupaten Tangerang. Seluruh pimpinan FST baik Dekan, Wadek, Kabag, Kaprodi/Sekprodi, Subkoordinator, dan Tendik sebagai panitia penyelenggara sudah mempersiapkan pelaksanaan dari bulan sebelumnya, dengan intensif bekerjasama dengan masyarakat sekitar akhirnya peresmian dapat dilaksanakan pada Kamis(30/12/2021).

Peresmian kebun pendidikan seluas 1 hektar tersebut di hadiri langsung oleh Rektor UIN Jakarta Prof.Dr.Hj. Amany Lubis, MA, Wakil Rektor II Bidang Adminstrasi Umum Prof.Dr.Ahmad Rodoni, MM, Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan Dr. Arief Subhan, M.Ag, dan Wakil Rektor IV Bidang Kerjasama dan Kelembagaan Prof.Dr.Lily Surraya Eka Putri, M.Env.,Stud. Seluruh tokoh masyarakat disekitar juga turut hadir untuk menyaksikan peresmian tanah milik UIN yang dikelola oleh FST tersebut yaitu Lurah, Sekdes, RT, dan RW setempat.

Dekan FST Nashrul Hakiem menyampaikan “sangat senang akhirnya bisa merealisasikan kebun yang insyallah dapat dimanfaatkan bagi seluruh civitas akademika UIN Jakarta untuk sarana pendidikan maupun pengembangan penelitian, dengan secara simbolis Dekan FST meminta Ibu Rektor beserta jajarannya untuk meresmikan kebun dengan membuka tirai papan nama, menanam pohon kurma, serta melaksanakan Panen Raya (jagung, kacang, lengkuas, singkong)”.

Rektor Prof Amany “mengaku senang pengelolaan lahan Cikuya UIN Jakarta yang sudah ada sejak Rektor Prof.Quraish Shihab sudah bisa menghasilkan, dengan aktif memanfaatkan dan mengembangkan lahan insyallah bisa dipertanggung jawaban ke BPK, jika sudah berkembang lebih jauh harapannya bisa mengundang Irjen atau pejabat tinggi lainnya”

Desa Cikuya terdapat 16 ribu jiwa warga menurut sensus tahun 2020, Lurah setempat sangat berharap bisa terus silaturahmi, dengan adanya lahan uin harapan lebihnya bs jd sumber lapangan pekerjaan bagi masyarakat sekitar, dan pihak desa juga siap untuk memfasilitasi apapun kebutuhan yang diperlukan terutama untuk kepentingan masyarakat. (admin)