Saintek News (06/01/2022) – Fakultas Sains dan Teknologi (FST) UIN Syarif Hidayatullah Jakarta terus berkomitmen untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia baik tenaga pendidik maupun tenaga kependidikan seiring dengan telah berhasilnya Sidang Doktor Pranata Laboratorium Pendidikan (PLP) Kimia FST Adi Riyadhi pada Kamis (06/01/2021) hal membuktikan bahwa FST turut mendukung siapapun yang ingin belajar melanjutkan studi. Adi Riyadhi adalah PLP Doktor Pertama di FST UIN Jakarta.

PLP kelahiran Serang, Banten ini berhasil mempertahankan disertasinya di Bidang Ilmu Kimia dengan judul “Sintesis Bio Hidrokarbon melalui Dekarboksilasi dan Dehidrogenasi Tallow Lemak Sapi menggunakan Katalis Nanopartikel MgO” di Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia (UI) dengan beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) Kementerian Keuangan Republik Indonesia.

Dipimpin oleh Ketua Sidang: Dr.rer.nat. Budiawan. Promotor: Prof. Yoki Yulizar, M.Sc. Ko-Prom: Dr. Bambang Heru Susanto, M.T. Penguji: Dr. Endang Saepudin, Rika Tri Yunarti, S.Si., M.Eng., Ph.D, Dr.Munawar Khalil, M.Eng., Tuti Wukirsari, Ph.D. Adid Adep Dwiatmoko, Ph.D. (LIPI) dan Dr. Ir. Dijan Supramono, M.Sc. (Teknik Kimia UI)

Dr. Adi Riyadhi, M.Si sampaikan “tantangan terberat yang dihadapi yaitu saat proses pengerjaan disertasi ditengah pandemi Covid-19, yang menyebabkan kampus ditutup dan kendala kesehatan saya dan keluarga menjadi terganggu, sempat bergantian positif covid, sehingga harus bergantian merawat yang sakit. Dibandingkan dengan angota keluarga yang lain, saya yang paling berat terkena covid-19, sehingga membutuhkan perawatan intensif dirumah sakit lebih lama. Alhamdulillah berkat dukungan, motivasi dan bimbingan dari Promotor dan Ko-Promotor dengan penuh kesabaran saya mencoba mempelajari kembali dan melanjutkan kembali penelitian yang tertunda karena pandemi, banyak rencana yang tidak dapat dilanjutkan, dengan kesempatan yang ada saya mencoba mengumpulkan data-data semaksimal mungkin. Setiap ada kesempatan ke laboratorium, saya selalu mencoba untuk menambah data. Alhamdulillah dengan izin Allah akhirnya jadi juga disertasi saya”

Dr. Adi Riyadhi merupakan suami dari Yusraini Dian Inayati Siregar yang juga meraih gelar Doktor dalam bidang dan kampus yang sama pada Rabu 29 September 2021 lalu. memiliki harapan semoga ilmu dan pengalaman yang diperoleh selama studi S3 bisa bermanfaat untuk orang lain, dan kedepannya dapat menjalin kerjasama dengan industri di dalam dan luar negeri untuk melakukan penelitian yang mudah di aplikasikan. (AW)