Saintek News (18/03/2022) Ciputat- Setelah 2 tahun kegiatan magang ke Jepang mahasiswa Prodi Agribisnis FST, UIN Jakarta dihentikan akibat pandemi, pada hari Kamis, 17 maret 2022 pukul 16.00 wib dilakukan kegiatan Pelepasan Mahasiswa Program Magang  ke Jepang. Kegiatan pelepasan dilakukan dengan media online, Zoom Meeting.

Kegiatan pelapasan ini sebagai penanda bahwa Program Magang ke Jepang untuk Mahasiwa Prodi Agribisnis dimulai kembali. Kaprodi Agribisnis dalam laporannya menyatakan akan berangkat ke Jepang 3 orang mahasiswa pada Jumat, 18 Maret 2022 dan 5 orang Mahasiswa pada Rabu, 23 Maret 2022. Mahasiswa yang berangkat merupakan mahasiswa yang sudah terdaftar pada program magang batch 1 ditahun 2020 dan tidak bisa berangkat akibat pandemi. Tahun 2020 jumlah mahasiswa yang akan berangkat lebih banyak tetapi karena ada beberapa yang sudah lulus maka saat ini tinggal 8 orang saja. Mahasiswa yang terdaftar program magang batch 2 yang terdaftar sejumlah 14 orang.

Ibu Evy selaku Direktur dari PT KIBO memberikan gambaran mengenai pelaksanaan magang di Jepang, mulai dari keberangkatan mahasiswa pada Jumat, 18 Maret 2022, berkumpul di bandara Soekarno Hatta hingga sampai bandara Haneda, Jepang. Mahasiwa akan melakukan isolasi mandiri dahulu dan setelahnya akan dijemput oleh perwakilan perusahaan di Jepang untuk diantar ke tempat magang, perusahaan Agribisnis. Keperangkatan pertama ini, tidak hanya dari UIN Jakarta tetapi ada 2 institusi lain.

 

Sambutan pada kegiatan pelepasan disampaikan oleh Dekan FST, Wakil Rektor Bidang Kerja Sama dan Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan. Secara garis besar dari sambutan tersebut diingatkan kepada mahasiswa untuk selalu melakukan yang terbaik dan saling menjaga. Kerja sama untuk Kegiatan Magang ke Jepang ini, menurut Prof. Dr. Lily Surraya Eka Putri, M.Env.Stud (Wakil Rektor Bidang Kerjasama) sebaiknya ditingkatkan levelnya, tidak hanya dengan prodi Agribisnis tetapi bisa hingga Universitas sehingga bisa diikuti oleh prodi lainnya. Dr. Arief Subhan, M.Ag.(Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan) selain memberikan sambutan juga memimpin pembacaan doa agar program ini bisa berjalan dengan lancar mulai dari pelaksanaan hingga mahasiswa kembali ke Indonesia.

Sebelum kegiatan ditu  tup, ada penyampaian harapan – harapan. Ketua Puskarir UIN Jakarta, Salamah Agung, M.A., Ph.D menyatakan program magang ini sangat baik sekali dan meminta kepada mahasiswa bisa sharing pengalamannya kepada seluruh mahasiswa UIN Jakarta nanti. Perwakilan orang tua dari mahasiswa juga memberikan harapannya serta rasa bahagianya karena pada akhirnya para mahasiswa bisa berangkat ke Jepang untuk Magang.

Sebagai rangkaian acara terakhir, 3 mahasiswa melakukan pengenalan diri dengan bahasa Jepang.  Kegiatan diakhiri pada pukul 17.10 WIB. (RAPS)