Audiensi ke Menteri Wakaf dan Agama Kesultanan Oman

Saintek News (07/04/2022) –Pimpinan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta selalu berusaha menjalankan visi dan misi Universitas, salah satunya yaitu dengan menjalin kerjasama internasional. Demikian juga halnya yang dilakukan Rektor UIN Jakarta Prof. Dr. Hj. Amany Lubis, MA. yang menjajaki kerjasama dengan beberapa Universitas di Kesultanan Oman. Rektor didampingi Wakil Rektor Bidang Administrasi Umum Prof. Dr. Ahmad Rodoni, MM, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Dr. Arief Subhan, M.Ag, Dekan Fakultas Sains dan Teknologi (FST) Ir. Nashrul Hakiem, M.Kom., Ph.D, dan Dekan Fakultas Psikologi Dr. Zahrotun Nihayah, M.Si. Rektor dan delegasi UIN Jakarta tiba di Bandara Internasional Muscat pada hari Selasa pagi 5 April 2022 yang disambut oleh Konselor Politik dan Pensosbud KBRI Muscat Reza Abdulrojak serta beberapa diplomat KBRI Muscat lainnya.

Penjajakan Kerjasama dengan Universitas Nizwa

 

Penjajakan Kerjasama dengan Universitas Sultan Qabuus

Hari pertama di negeri Jazirah Arab ini yaitu penjajakan kerjasama dengan Universitas Sultan Qabuus yang diterima langsung oleh Rektor HH Sayyid Dr Fahad Bin Al Julanda Al Said. Universitas ranking pertama versi Webometrics di negeri Simbad ini mempunyai beberapa fakultas dan program yang bisa dikerjasamakan antara lain Fakultas Pertanian dan Ilmu Maritim, Seni dan Ilmu Sosial, Ekonomi dan Ilmu Politik, Pendidikan, Teknik, Hukum, Keperawatan, Kedokteran dan Ilmu Kesehatan, serta MIPA.

Rektor dan delegasi UIN Jakarta juga menjajaki kerjasama dengan Universitas Al Sharqiyah dan diterima oleh Vice Chancellor (Rektor) yaitu Fouad B. Chedid. Beberapa Fakultas di Universitas ini yang potensi dikerjasamakan dengan UIN Jakarta yaitu Administrasi Bisnis, Ilmu Kesehatan dan Terapan, Teknik, Seni dan Humaniora, dan Hukum.

Penjajakan Kerjasama dengan GUTECH (German University of Technology in Oman)

Delegasi juga mengunjungi Universitas Nizwa yang diterima oleh Rektor sekaligus pendiri Universitas yaitu Ahmed bin Khalfan Al-Rawahi. Walau masih berusia 20 tahun, Universitas swasta ini merupakan ranking ketiga versi Webometrics di Oman. Universitas ini mempunyai beberapa Fakultas yaitu Seni dan Ilmu Pengetahuan, Ekonomi Bisnis dan Sistem Informasi, Teknik dan Arsitektur, serta Farmasi dan Keperawatan.

Di bulan yang penuh berkah ini, Rektor dan Delegasi UIN Jakarta mengadakan ramah tamah dengan masyarakat Indonesia di Oman dan Yaman yang diselenggarakan secara bauran di KBRI Muscat. Rektor Amany Lubis menyampaikan pesan agar WNI bisa menjaga nama baik bangsa dan agama serta tetap harus berkontribusi untuk Indonesia juga.

ramah tamah dengan masyarakat Indonesia di Oman

Penjajakan Kerjasama dengan Universitas Al Sharqiyah

Pada hari terakhir di negeri makmur berpopulasi sekitar 5 juta penduduk dengan luas area 309,500 km2 ini mengunjungi Menteri Waqaf Shaikh Abdullah bin Mohammed Al Salimi. Sebelum bertolak ke Mesir, Delegasi mengunjungi German University of Technology in Oman (GUTECH). Semoga memberikan manfaat dan berkah. (NlH)