Saintek News (15/06/2022) Himpunan Mahasiswa Fisika (HIMAFI) Fakultas Sains dan Teknologi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta melaksanakan Rapat Kerja (Raker) yang merupakan musyawarah anggota HIMAFI diadakan satu periode sekali pada awal kepengurusan yang di dalamnya terdapat agenda serah terima jabatan dari kepengurusan periode 2020/2021 kepada kepengurusan periode 2022, serta menetapkan dan mengesahkan program kerja HIMAFI selama satu periode kepengurusan, bertempat di Teater lnt.6 FST dengan tema Mengoptimalkan HIMAFI sebagai Organisasi yang Aktif , Kreatif dan Progresif, Rabu 15 Juni 2022 .

Tujuan diadakannya kegiatan raker adalah untuk memberikan informasi terkait program kerja yang akan dijalankan selama satu periode kepengurusan HIMAFI kepada seluruh anggota HIMAFI. Kegiatan ini dimulai dari pukul 07.30 – 16.00 WIB dan dihadiri oleh ibu Tati Zera, M.Si selaku Ketua Program Studi Fisika, perwakilan alumni Fisika, SEMA dan DEMA Fakultas Sains dan Teknologi, serta Mahasiswa Aktif Fisika.

Acara dimulai dengan pembukaan oleh Mardiana Zailani Putri selaku Master of Ceremony, dilanjutkan dengan pembacaan Tilawatil Qur’an oleh Fathurrahman, sambutan dari Ketua HIMAFI Periode 2022 yaitu Sofyan Azmi, serta dilanjutkan dengan sambutan dari Ketua Program Studi Fisika. Tati Zera menyampaikan “harapan-harapan besar kepada himpunan, adanya sinergi antara himpunan dan prodi, dimana dari sinergi itu akan membentuk silaturahmi dan saling mendukung membentuk simbiosis yang saling menguntungkan”.

“Pengurus HIMAFI periode ini harapannya bisa lebih baik dari yang sebelumnya, untuk itu semua anggota HIMAFI harus meningkatkan kerja interen dan eksteren antara HIMAFI, Prodi, Dosen, Fakultas, dan juga dengan kampus secara keseluruhan dapat bekerja secara baik dan dapat mendapatkan prestasi-prestasi yang baik” pesan ketua prodi Fisika tersebut. Ibu Tati juga mengucapkan terima kasih kepada Pengurus HIMAFI periode sebelumnya dan selamat datang kepada Pengurus HIMAFI yang baru.

Serah Terima Jabatan Kepengurusan HIMAFI Periode 2022. Pembacaan Ikrar HIMAFI dibacakan oleh Arjuna Satria Mandala selaku Ketua HIMAFI periode sebelumnya dan diikuti oleh seluruh Pengurus HIMAFI Periode 202, dilanjutkan dengan penyerahan kepengurusan secara simbolis dengan penyerahan medali dari Ketua HIMAFI periode sebelumnya kepada Ketua HIMAFI periode 2022.

Acara selanjutnya adalah Sidang Pendahuluan yang dipimpin oleh Presidium Sementara, yaitu Raihan Fawwaz Naufal (Mahasiswa Fisika angkatan 2019) sebagai Presidium I, Yasin Yudha (Mahasiswa Fisika angkatan 2020) sebagai Presidium II, dan Zanata Putra Pamungkas (Mahasiswa Fisika angkatan 2021) sebagai Presidium III. Pada Sidang Pendahuluan ini membahas rangkaian acara, tata tertib rapat, dan pemilihan presidium tetap. Hasil dari Sidang Pendahuluan ini adalah terpilihnya Presidium Tetap, yaitu Muhammad Iqbal Rahmadinata (Mahasiswa Fisika angkatan 2019) sebagai Presidium I, Zidan Wahyu (Mahasiswa Fisika angkatan 2020) sebagai Presidium II, dan Gema Akbar (Mahasiswa Fisika angkatan 2021) sebagai Presidium III melalui voting dari seluruh peserta Rapat Kerja HIMAFI Periode 2022.

Raker dilanjutkan dengan Sidang Pleno, dipimpin oleh Presidium Tetap yang sudah terpilih saat Sidang Pendahuluan. Sidang Pleno ini berisi pemaparan program kerja yang akan dilaksanakan selama satu periode kepengurusan oleh Kepala Departemen yang ada di HIMAFI dan musyawarah dengan seluruh Mahasiswa aktif Fisika mengenai program kerja tersebut. Diawali dengan BPH (Badan Pengurus Harian) kemudian dilanjutkan dengan para Kepala Departemen yang memaparkan program kerja departemen-nya masing-masing.

Selain pemaparan program kerja oleh Kepala Departemen masing-masing, pada Sidang Pleno ini juga terdapat musyawarah untuk menyampaikan pendapat atau saran kepada Pengurus HIMAFI dari Mahasiswa aktif Fisika maupun alumni-alumni Fisika. Setelah itu ditampilkan timeline dari keseluruhan program kerja. Sidang Pleno ditutup dengan konsideran yang dipimpin oleh Presidium Tetap. penutupan dengan pembacaan doa oleh Fathurrahman (Mahasiswa Fisika angkatan 2021). Acara Rapat Kerja HIMAFI Periode 2022 selesai tepat pada pukul 16.00 WIB. (BAP/AW)