Saintek News (23/07/2022) Departemen Keilmuan dan Keprofesian, Himpunan Mahasiswa Fisika (HIMAFI) Fakultas Sains dan Teknologi (FST) UIN Syarif Hidayatullah Jakarta mengadakan kegiatan Seminar Peminatan 2022 pada Sabtu-Minggu, 16-17 Juli 2022 dengan tema “Get to Know More About Challenges and Prospects in Various Fields of Physics” yang bertujuan untuk membantu mahasiswa/i Fisika semester 4 dalam menentukan peminatannya, serta dapat mengenal lebih jauh tantangan dan prospek kerja di berbagai bidang Fisika.

Seminar peminatan menghadirkan narasumber Dosen dan Alumni Fisika dari peminatan Instrumentasi, Material, dan Geofisika. Kegiatan ini dibuka dengan pembacaan ayat suci Al-Quran lalu menyanyikan lagu Indonesia Raya dan mars FST dilanjutkan dengan sambutan dari Ketua Pelaksana dan pemaparan materi dari masing-masing peminatan. Pemaparan materi pertama dimulai dari peminatan Material, yang diisi oleh Ryan Rizaldy, M.Si. selaku Dosen Fisika Material dan Syaiful Izzuddin Salam, S.Si. selaku Alumni Fisika angkatan 2015. Pada kegiatan ini disampaikan beberapa persoalan mengenai pengenalan ilmu material, mata kuliah pilihan, lembaga penelitian, dan prospek kerja lulusan Fisika Material.

Kemudian dilanjutkan dengan pemaparan materi kedua dari peminatan Instrumentasi, yang diisi oleh Ambran Hartanto, M.Si. selaku Dosen Fisika Instrumentasi dan Agung Sedayu, S.Si. selaku Alumni Fisika angkatan 2013. Pada pemaparan materi peminatan Instrumentasi para narasumber menyampaikan regulasi terkait bidang kajian Fisika Instrumentasi, software yang dibutuhkan, pengalaman dan prospek kerja, serta tips dan trik berkuliah di Fisika Instrumentasi. Beliau juga menyampaikan perbedaan antara instrumentasi dengan teknik elektro dan bidang instrumentasi yang dipelajari di Fisika contohnya, yaitu pengukuran menggunakan sensor, pengolahan dengan filter, dan sebagainya secara elektronis atau menggunakan komputer.

Pemaparan materi terakhir dilaksanakan pada Minggu, 17 Juli 2022 dengan peminatan Geofisika yang diisi oleh Suwondo, M.Si. selaku Dosen Geofisika dan Nanda Ridki Permana, S.Si. selaku Alumni Fisika angkatan 2016. Para narasumber menjelaskan berbagai hal terkait ilmu geofisika mulai dari metode, mata kuliah, software yang dibutuhkan, serta pengalaman dan prospek kerja. Setelah pemaparan materi berlangsung, terdapat sesi tanya jawab antara peserta dengan pemateri kemudian ditutup dengan penyerahan sertifikat kepada pemateri dan foto bersama.

Tidak hanya itu, dilaksanakan juga kegiatan sharing session pada Sabtu, 23 Juli 2022 dengan pemaparan materi PKL dan Tugas Akhir untuk semua peminatan yang disampaikan oleh Alumni Fisika angkatan 2017. Pemaparan materi yang disampaikan oleh beberapa narasumber dari awal sampai akhir kegiatan cukup menarik sehingga mendapatkan respon yang baik dari para peserta yang tertarik dengan masing-masing peminatannya. Departemen Keilmuan dan Keprofesian mengucapkan terima kasih kepada seluruh peserta dan tim pendukung yang berkenan meluangkan waktu dan berpartisipasi sehingga kegiatan ini dapat berjalan dengan baik. Semoga dengan diselenggarakannya kegiatan ini dapat memberikan banyak manfaat terutama dapat memperluas wawasan untuk mengenal lebih jauh tentang tantangan dan prospek kerja di bidang Fisika. (Bintang/AW)