Saintek News (26/08/2022) Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK)  UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dibagi menjadi tiga bagian. Pertama, PBAK Universitas yang dilaksanakan pada tanggal 23-24 Agustus 2022. Kedua, PBAK Fakultas yang dilaksanakan pada tanggal 25 – 26 Agustus 2022 dan yang terakhir PBAK Jurusan yang dilaksanakan bersama dengan PBAK Fakultas pada tanggal 26 Agustus 2022.

Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK) FST UIN Jakarta 2022, dilaksanakan selama dua hari, yaitu pada hari Kamis-Jumat 25- 26 Agustus 2022, dengan tema  “Revitalisasi Generasi dengan Mengembangkan Budaya Inovatif untuk Menuju FST yang Unggul Terkemuka” dan keseluruhan acara diselenggarakan secara tatap muka di Gedung Fakultas Sains dan Teknologi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Tujuan utama dilaksanakannya kegiatan PBAK FST tahun 2022 adalah untuk memperkenalkan lingkungan Fakultas Sains dan Teknologi yang merupakan tempat para mahasiswa baru menuntut ilmu nantinya, selain itu kegiatan PBAK ini akan memberi penjelasan mengenai Profil FST, penjelasan mengenai Pusat Laboratorium Terpadu dan Perpustakaan Fakultas, serta hal-hal lain yang ada di dalam FST.

 

PBAK Fakultas Sains dan Teknologi tahun 2022, diawali dengan pembukaan dipandu oleh pembawa acara (Mardiana dan Ilham) dan dilanjutkan sambutan-sambutan dari ketua pelaksana (Raka Pratama), ketua DEMA Fakultas Sains dan Teknologi (Farhan Hawari), dan Sambutan Dekan FST (Nashrul Hakiem) sekaligus membuka acara dan dilanjutkan dengan materi profil FST disampaikan oleh dekan dan para wadek yaitu Wadek 1 (Siti Rochaeni), Wadek 2 (Nani Radiastuti) dan Wadek 3 (Fahma Wijayanti). Acara dilanjut dengan pembacaan tata tertib PBAK FST yang dibacakan oleh Ketua SEMA FST (Teuku Rizky), lalu penyematan tanda peserta kepada Mahasiswa Baru FST oleh Dekan FST Nashrul Hakiem. Setelah itu pembacaan do’a oleh Mahasiswa Fakultas Sains dan Teknologi (Irfan Bachtiar).

Dalam sambutannya Dekan FST mengucapkan selamat datang kepada mahasiswa/i baru yang telah berhasil lulus ujian seleksi memasuki gerbang kampus UIN Jakarta khususnya FST dan selamat menjadi civitas akademika FST, perkuliahan yang natinya diadakan secara offline kembali setelah adanya pandemi covid-19 semoga bisa menambah semangat dalam melaksanakan proses pembelajaran di FST dan sesuai tema PBAK sekarang semoga kedepannya FST bisa melahirkan generasi yang yang memiliki budaya Inovatif dan menjadikan FST fakultas unggul terkemuka.

Setelah pembukaan, PBAK FST 2022 dilanjutkan dengan penyampaian materi kedua dari Kepala Pusat Laboratorium Terpadu oleh Sutrisno yang membahas seputar PLT. Kemudian dilanjutkan dengan materi ketiga dengan pemateri Kepala Perpustakaan yang diwakili oleh Syipa Fauziah yang membahas tentang Orientasi Perpustakaan, selanjutnya materi keempat dengan tema “Moderasi Beragama di Kampus FST” yang diberikan oleh Dosen Fakultas Sains dan Teknologi yaitu  Syaifudin dan yang terakhir materi kelima disampaikan oleh Bapak Yogie Armanda dengan tema “Menjadi Mahasiswa Inovatif dan Prestatif” yang sangat memotivasi Mahasiswa Baru FST.

Hari kedua PBAK FST Jumat, 26 Agustus 2022, PBAK FST dimobilisasi ke jurusan untuk melaksanakan PBAK jurusan yang memberikan seputar informasi di jurusan, mulai dari profil, mata kuliah hingga keorganisasian. Setelah PBAK jurusan selesai, mahasiswa baru dimobilisasi kembali ke PBAK FST dilanjut dengan pengenalan DEMA FST dan UKM Dapur Seni beserta penampilan musik yang sangat meriah. Acara dilanjutkan dengan pengumuman kelompok batosai serta peserta terbaik PBAK FST, lalu dilanjutkan dengan penurunan umbul-umbul yang telah dibuat oleh tiap jurusan dan pengumuman umbul-umbul terbaik yang dimenangkan oleh prodi Fisika. Setelah semua materi disampaikan dan susunan acara telah dilaksanakan, acara ditutup langsung oleh Ketua DEMA FST. (dema/admin)