Saintek News (30/08/2022) Program Studi Kimia bersama Himpunan Mahasiswa Kimia Departemen Penelitian dan Pengembangan Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta mengadakan Seminar PKL (Praktik Kerja Lapangan) dengan tema “Bersinergi Untuk Meningkatkan Kualitas PKL Yang Lebih Baik” Pada Selasa 30/08/2022 bertempat di theater lt.4 FST. Seminar ini bertujuan sebagai wadah berbagi pengalaman terkait PKL seperti informasi mengenai bagaimana cara mengajukan surat untuk melaksanakan PKL di instasi yang bersangkutan, persyaratan administrasi PKL serta apa saja yang dilakukan ketika PKL,dikhususkan untuk Mahasiswa/i semester 5 angkatan 2020 yang akan melaksanan PKL. Ketua Himpunan Mahasiswa Kimia dan Ketua Prodi Kimia turut hadir dalam acara seminar ini.

Pada kegiatan pertama diisi oleh La Ode Sumarlin selaku Ketua Program Studi Kimia yang juga sebagai salah satu narasumber dalam seminar PKL. Beliau menjelaskan syarat-syarat yang harus dipenuhi oleh mahasiswa sebelum melaksanakan PKL, capaian pembelajaran setelah PKL, dan dokumen apa saja yang harus diisi.

Penyampaian Materi Oleh Bapak La Ode Sumarlin

Pada kegiatan ini terdapat beberapa narasumber, diantaranya mahasiswa kimia angkatan 2019 yang sudah melaksanakan PKL diantaranya Jasmine Syifa Dilia, Reggi Ahmad Fauzi, dan Muhammad Farrel Rahadian. Ketiga narasumber tersebut melaksanakan PKL di instansi yang berbeda yaitu Pusat Laboratorium Forensik BARESKIM POLRI (Badan Reserse Kriminal Kepolisian Republik Indonesia) Bogor, Pertamina dan Pusat Teknologi Riset Tenaga Nuklir, Badan Riset dan Inovasi Nasional. Narasumber tersebut membagikan pengalaman-pengalaman ketika narasumber PKL di tempat instansi masing-masing. Dari mulai persiapan dokumen apa saja yang diperlukan seperti surat pengajuan PKL atau permohonan magang, sampai setelah melaksanakan PKL.

Penyampaian Materi Jasmine Syifa Dilia

Dilanjut dengan sesi tanya jawab setelah penyampaian materi selesai dari narasumber. Peserta seminar sangat antusias mengajukan pertanyaan seputar pekerjaan di instansi tersebut maupun saran dari narasumber untuk memilih tempat untuk PKL. Sebelum ditutup sesi diskusi, moderator menyerahkan sertifikat kepada narasumber secara simbolis sebagai ucapan terimakasih dan penghargaan bagi narasumber. Dan seminar PKL ditutup dengan pembacaan doa dan mengabadikan foto bersama dan permohonan maaf kepada narasumber dan partisipan seminar lalu penutupan. Dan seminar PKL ditutup dengan pembacaan doa dan mengabadikan foto bersama dan permohonan maaf kepada narasumber dan partisipan seminar lalu penutupan.