AGRICAMP 2019

FST UIN JAKARTA

FST UIN JAKARTA, Pada Minggu, 12 Oktober 2019 telah usai rangkaian kegiatan Agricamp 2019. Kegiatan ini merupakan bagian dari kegiatan Ta’aruf (pendekatan) yang rutin dilaksanakan tiap tahunnya oleh seluruh jurusan yang ada di Fakultas Sains dan Teknologi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Kegiatan ini memiliki konsep gathering dan sharing alumni dengan target peserta merupakan keluarga besar Agribisnis UIN Jakarta mulai dari angkatan 2000 hingga 2019. Agricamp tahun ini dilaksanakan selama 3 hari, mulai dari hari Jumat, 10 Oktober hingga 12 Oktober 2019 yang berlokasi di Kampus 1 UIN Jakarta dan Villa Batu Kembar Pancawati, Caringin, Bogor. Dengan mengusung tema “Tanam kepedulian, rawat kebersamaan, dan hasilkan persaudaraan”, kegiatan agricamp 2019 diharapkan dapat menjadi wadah untuk mempererat tali silaturahmi semua elemen di Program Studi Agribisnis yaitu sesama senior, alumni, serta dosen. Peserta juga diharapkan dapat mengenal lebih dalam Program Studi yang diikutinya mulai dari budaya, organisasi, akademik, hingga profesi.

Hari pertama Agricamp 2019 dibuka dengan kegiatan Agri’s Insight pada pukul 09.00 di Teater lantai 2 Fakultas Sains dan Teknologi. Agri’s Insight sendiri merupakan bagian dari kegiatan mentoring dibawah naungan Departemen Kemahasiswaan HMJ Agribisnis UIN Jakarta dan kali ini berkolaborasi dengan Departemen Kewirausahaan sebagai salah pemateri. Pemateri lainnya yang hadir pada kegiatan ini adalah Edy Fajar Prasetyo, beliau adalah alumni Agribisnis UIN Jakarta angkatan 2011 yang berprofesi sebagai sociopreneur, public speaker, dan youth influencer. Kegiatan ini diharapkan dapat memotivasi peserta Agricamp untuk menjalani perkuliahan dengan baik dan mengajak para peserta untuk berwirausaha. Agri’s insight berakhir pada pukul 10.30, setelah itu para peserta diarahkan untuk makan siang dan beristirahat. Mendekati adzan zuhur, laki-laki diarahkan untuk melaksanakan sholat jumat dan perempuan melaksanakan sholat zuhur.

Kegiatan selanjutnya yaitu pembukaan Taaruf oleh Dekan Fakultas Sains dan Teknologi dan diikuti dengan kegiatan kajian keislaman di aula student center, seluruh jurusan mengikuti kegiatan ini. Setelah itu, peserta diarahkan untuk melaksanakan sholat ashar berjamaah. Pukul 16.00 peserta Agricamp berangkat menuju lokasi kedua yaitu Villa Batu Kembar Pancawati dengan menggunakan bus yang masing-masing bus didampingi oleh pantia. Peserta tiba di lokasi pukul 17.30 dan disambut dengan arak- arakan oleh kakak tingkat. Kemudian, panitia melakukan pengecekan barang-barang yang dilarang untuk dibawa dan setelahnya peserta mengikuti apel kegiatan. Hari pertama Agricamp ditutup dengan sholat magrib dan isya berjamaah serta pengajian bersama hingga pukul 21.00. Lalu, peserta diarahkan untuk tidur dan beristirahat.

Hari kedua dibuka dengan kegiatan qiyamul lail, sholat subuh berjamaah dan kultum hingga pukul 05.00. Setelah itu peserta mengikuti senam pagi dan dilanjut dengan sarapan. Kegiatan selanjutnya yaitu pembukaan Agricamp 2019 dan pemberian materi oleh dosen Agribisnis UIN Jakarta yaitu Ibu Puspi, Ibu Eny, dan Ibu Dewi. Selanjutnya ada kegiatan mentoring dan sharing IOMS serta organisasi internal di UIN Jakarta. Setelah itu, peserta diarahkan untuk sholat zuhur berjamaah dan makan siang. Lalu, peserta mengikuti kegiatan agri bergerak, agri mencari, sholat ashar, persiapan malam keakraban, dan sholat magrib. Setelah sholat, kegiatan selanjutnya adalah makan malam bersama dan diikuti dengan sharing alumni oleh angkatan 2001 dan 2011. Hari kedua ini ditutup dengan malam keakraban yang diisi dengan penampilan-penampilan dari tiap angkatan yang hadir pada saat itu. Malam keakraban menjadi moment berharga yang menyatukan keluarga Agribisnis UIN Jakarta. Lalu, peserta diarahkan untuk tidur dan beristirahat.

Hari terakhir Agricamp diawali dengan kegiatan qiyamul lail, sholat subuh berjamaah, dan kultum. Setelah itu peserta diberikan free time untuk beristirahat dan bersiap untuk mengikuti kegiatan team building. Sebelum kegiatan team buliding berlangsung, para peserta dibriefing dalam sesi mentoring. Kegiatan team building ini mengikutsertakan senior dengan tujuan untuk lebih mengakrabkan diri dengan adik-adiknya. Setelah itu, peserta diarahkan untuk membersihkan diri, packing, dan sholat zuhur. Kegiatan selanjutnya yaitu penyematan dan penutupan Agricamp 2019, hari terakhir di lokasi kedua ini ditutup dengan sesi dokumentasi. Peserta melakukan perjalanan pulang menuju kampu 1 UIN Jakarta pada pukul 15.50, usai melaksanakan sholat ashar. Pada pukul 18.20 peserta tiba di lokasi dan langsung diarahkan untuk melaksanakan sholat magrib di masjid student center. Setelah sholat, peserta langsung diarahkan untuk pulang dan beristirahat demi mengikuti kegiatan perkuliahan esok harinya dan Agricamp 2019 pun berakhir dengan lancar serta sukses. Total peserta dari angkatan 2019 yang hadir selama kegiatan tersebut sebanyak 98 orang, adapun senior dan alumni yang hadir adalah sekitar 70 orang, serta dosen sebanyak 5 orang.

Ditulis oleh: Inayah Wulandari (27/10/2019)

Djunaedi Edday

Staf Admin Fakultas Sains dan Teknologi

You may also like...