Akreditasi Internasional (ASIIN)

Podi Biologi FST UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Akreditasi Internasional (ASIIN)

Prodi Biologi FST UIN

FST UIN JAKARTA – Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta sebagai salah satu perguruan tinggi Islam terbesar di Indonesia mengemban amanat umat untuk menjadi salah satu perguruan tinggi unggulan. UIN Syarif Hidayatullah diharapkan menjadi pusat kajian integrasi ilmu dan agama yang ditransformasikan dalam kurikulum-kurikulum pendidikan dan pengajarannya.

Perpaduan itu muncul baik dalam bentuk mata kuliah maupun prodi-prodi yang telah dirancang khusus dan sudah berjalan. Kekhasan UIN Jakarta yang selama ini menjadi pusat atau jendela kajian keislaman Indonesia akan menjadikannya sebagai rujukan bagi pengembangan ilmu pengetahuan yang bukan saja dalam dalam wilayah studi Islam namun juga ilmu-ilmu baru yang menjadi kajiannya.

Corak ini nantinya juga akan menjadi distingsi yang membedakannya dengan kampus lain sekaligus menempatkan UIN Jakarta sebagai destinasi baru diskursus integrasi ilmu yang dihasilkan dari pemikiran sivitas akademikanya yang pada akhirnya akan melahirkan gagasan-gagasan baru yang unik dan orisinil.

Upaya pencapaian visi jangka panjang UIN Syarif Hidayatullah Jakarta menjadi World Class University pada tahun 2036, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta mendorong beberapa prodi yang ada di lingkungan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta yang ada untuk melangkah dalam memperoleh akreditasi internasional. Salah satu akreditasi internasional yang kini tengah dipersiapkan oleh UIN Syarif Hidayatullah Jakarta adalah akreditasi internasional ASIIN (Accreditation Agency for Degree Programs in Engineering, Informatics/Computer Science, The Natural Sciences and Mathematics).

Akreditasi ASIIN merupakan lembaga akreditasi internasional berasal dari Jerman untuk displin ilmu teknik, matematika fisika, kimia, biologi dan  pertanian.   Akreditasi internasional ASIIN merupakan akreditasi berbasis luaran (Outcome Based Accreditation/OBE). Hal penting yang harus ditunjukkan dalam akreditasi tersebut adalah pengimplementasian pendidikan berbasis luaran dengan menunjukkan evaluasi ketercapaian luaran program (program outcome) dan komitmennya dalam memfasilitasi implementasi OBE. Dukungan Rektor, Lembaga Penjaminan Mutu, seluruh dosen, dan mahasiswa UIN Syarif Hidayatullah Jakarta sangatlah diperlukan untuk proses dan implementasinya.

Prodi Biologi FST UIN Syarif Hidayatullah Jakarta mendapat kepercayaan dari Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) untuk melakukan akreditasi ASIIN. Tahap-tahap persiapan yang dilakukan Prodi Biologi sama seperti halnya menghadapi Reakreditasi BANPT adalah menyiapkan kurikulum yang disesuaikan dengan kebutuhan dan kesiapan mahasiswa untuk menghadapi era globalisasi, meningkatkan keahlian dosen-dosen di Prodi Biologi sesuai dengan kepakarannya dengan mengikuti workshop-workshop, meningkatkan jumlah penelitian dosen, dan publikasi artikel di jurnal-jurnal nasional dan internasional.

Djunaedi Edday

Staf Admin Fakultas Sains dan Teknologi

You may also like...