Chemistry In Village (CIV)

FST UIN JKT – Senin, tanggal 12-18 Agustus 2019, Program studi Kimia UIN Syarif Hidayatullah Jakarta menyelenggarakan kegiatan sosial yaitu Chemistry In Village (CIV) di Kampung Limus Badak, Desa Cibunian, Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor.

Kegiatan ini diselenggrarakan oleh Mahasiswa aktif prodi kimia angkatan 2017-2018 yang diketuai oleh Alfi Alfathana dan dihadiri oleh beberapa dosen kimia UIN Jakarta, alumni, mahasiswa aktif kimia 2015, 2016 serta SEMA dan DEMA FST. Tujuan diadakannya kegiatan ini yaitu untuk melaksanakan salah satu Tri Dharma Perguruan Tinggi  pengabdian kepada masyarakat.

Pemotongan hewan kurban bersama warga Desa Cibunian, Bogor.

Kegiatan yang bertemakan “Satukan Langkah  Kecil dengan Saling Membantu Satu Sama Lain” ini diawali dengan bersilaturrahim kepada warga-warga desa, lalu dilanjutkan dengan acara pembukaan.

Kegiatan mengajar di SDN Cibunian 01

Rangkaian acara selama satu minggu kegiatan sosial disana diantaranya yaitu pemotongan hewan qurban serta pembagian daging qurban. Sedangkan kegiatan rutin setiap harinya adalah belajar mengajar di beberapa tempat yaitu SDN Cibunian 01, madrasah dan TPA yang ada di desa tersebut.

Kegiatan mengajar TPA di Desa Cibunian, Bogor

Dalam kegiatan pengabdian masyarakat ini, terdapat pula penyuluhan-penyuluhan untuk warga yakni penyuluhan budidaya jamur tiram oleh Bapak Dr. Iwan Aminudin, S.Hut., M.Si disertakan pembagian media tanam jamur tiram (Baglog) kepada warga, pengaplikasian jamur tiram oleh Ibu Dr. Sri Yadial Chalid, M.Si, pengolahan jamur tiram oleh mahasiswa, serta penyuluhan motivasi pendidikan oleh Kak Karvin. Tak hanya wirausaha dan pendidikan, adapula penyuluhan dan pengecekan kesehatan gratis bagi warga desa Cibunian.

Penyuluhan Jamur Tiram oleh Bapak Iwan Aminudin

Penyuluhan motivasi pendidikan oleh Kak Karvin
Pengecekan kesehatan gratis bagi warga desa Cibunian

Antusiasme warga terhadap semua kegiatan yang dilaksanakan terlihat dengan kehadiran mereka pada saat berlangsungnya acara. Respon positif dari para warga juga seringkali disampaikan setelah acara selesai. Mereka sangat berterimakasih kepada panitia karena telah melaksanakan acara tersebut di desa mereka, karena dapat menambah wawasan serta pengalaman yang banyak untuk mereka.

Sabtu, 17 Agustus yang bertepatan dengan peringatan HUT RI yang ke 74 diadakan lomba untuk siswa-siswi di sekolah SDN Cibunian 01 dan juga penampilan dari anggota LMC yaitu Chems For Kids sebagai ajang pengenalan kimia kepada siswa-siswi disana. Selanjutnya yaitu penyerahan waqaf Al-Qur’an serta donasi untuk mushalla SDN Cibunian 01. Sedangkan untuk penutupan di desa dilakukan pemberian plakat kepada bapak ketua RW di desa tersebut dan bersalaman dengan para warga untuk berterimakasih dan meminta maaf sebelum meninggalkan desa tersebut.

Kegiatan Chems For Kids oleh anggota Laboratory of Chemistry (LMC)

Djunaedi Edday

Staf Admin Fakultas Sains dan Teknologi

You may also like...