FreeCo (Free Corona)

Gerbang Automatic Sterilizer

FST UIN JAKARTA – Jum’at, 17 April 2020, Fakultas Sains dan Teknologi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta membuat Gerbang Automatic Sterilizer yang diberi nama ‘FreeCo’ atau Free Corona merupakan sebuah gerbang dengan tinggi empat meter dan lebar tiga meter, yang akan ditempatkan di gerbang masuk Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.

FreeCo Automatic Stelizer

Satuan tugas Covid-19 FST yang dibentuk atas saran Dekan FST Prof. Dr. Lily Surayya Eka Putri berhasil menuntaskan rencana pembuatan gerbang ini dan didukung penuh oleh para wadek dan tim TU.

Gerbang ini dibuat oleh Team Robotics dari Program Studi Teknik Informatika Fakultas Sains dan Teknologi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta yaitu Bambang, Umam, Rizal, Ikram, Viky, Dhoni, Rahman dkk yang merupakan gabungan Team Robotik dari angkatan 2014-2017 yang dibimbing oleh Nenny Anggraini, S.Kom, MT serta dibina oleh Ketua Prodi Informatika Dr. Imam Marzuki Shofi serta Wakil Dekan Bidang Akademik FST Nashrul Hakiem, Ph.D.

Gerbang ini merupakan suatu upaya FST untuk meminimalisir penularan atau penyebaran virus corona di lingkungan kampus UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Terdapat beberapa sprinkle yang akan menyemprotkan cairan disinfektan saat dilewati.

Prof. Dr. Lily Surayya Eka Putri (Dekan FST UIN Jakarta)

Pejalan kaki (menggunakan pelindung bagian wajah), sepeda motor, mobil, hingga bus diwajibkan melintas dengan kecepatan 5 km/jam, serta membuka semua jendela dan tidak diperkenankan untuk merokok/ menyalakan api selama proses berlangsung.

Biaya yang dihabiskan untuk membangun gerbang strerilisasi ini hanya sekitar Rp2.500.000 untuk alat dan bahan. Rencana cairan yang digunakan yaitu campuran air dan cairan antiseptic Dettol dengan perbandingan maksimum 25 ml cairan Dettol untuk 1 liter air sesuai rekomendasi LIPI.

Semoga dengan langkah ini dapat menjadi salah satu cara agar terhindar dari penularan atau penyebaran virus corona dan dapat menjalankan aktifitas seperti biasa di lingkungan UIN Syarif Hidayatullah dengan nyaman, aman, dan sehat.

Uji coba alat FreeCo Automatic Sterilizer FST

Djunaedi Edday

Staf Admin Fakultas Sains dan Teknologi

You may also like...