Guest Lecture Seri 2

Marketing Strategy During Covid-19 Pandemic and Green Suplly Chain Management

FST UIN Jakarta – Senin, 27 April 20202: Prodi Agribisnis, Fakultas Sains dan Teknologi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta untuk kedua kalinya menyelenggarakan Kegiatan Guest Lecture pada Senin, 27 April 2020 melalui aplikasi Zoom. Narasumber yang dihadirkan merupakan praktisi pada bidangnya, yaitu: Leonardo, ST. MSc (Palm Origination Trader, PT. Sinar Mas Agrobusiness & Technology Tbk. / PT. Smart Tbk.) yang membawakan materi mengenai Green Supply Chain Management: An Agribusiness Perspective dan Fairnando Bagus Pangestu S.Pd (PT. Faito Indonesia) yang membawakan materi mengenai Marketing Strategy during COVID-19 Pandemic.

Kegiatan yang dihadiri oleh kurang lebih 66 partisipan, dosen dan mahasiswa, juga dihadiri oleh Wadek 1 FST serta Kaprodi Agribisnis. Selama kegiatan berlangsung, Ibu Rizki Adi Puspita Sari, MM. yang bertindak sebagai moderator dan sesi diskusi dilanjutkan dengan panduan dari ibu Drh. Zulmaneri MM, selaku pengampu mata kuliah manajemen rantai pasok dan pemasaran agribsinis. Diawali dengan pemaparan kondisi Pandemik saat ini, Bapak Fairnando sebagai narasumber pertama mengungkapkan bahwa seluruh sektor bisnis terkena dampak dari adanya pandemi Covid 19. Berdasarkan hasil survey, sektor yang paling besar beresiko gagal adalah sektor pariwisata, dan yang paling unggul adalah sektor bisnis farmasi, produksi tekstil, dan makanan bergizi. Nah, bagaimana strategi marketing perusahaan dalam situasi sekarang ini ? Tentunya seorang manajemer perusahaan harus memiliki yang namanya marketing strategy agar perusahaan dapat terus bertahan. Ubah pola pikir dengan merencanakan strategi baru seperti maksimalkan penggunaan sosial media dan media online lain serta untuk perusahaan yang terdampak kurang baik maka dapat megubah target profit menjadi survive.

Tak kalah menarik, Ketika Bapak Leonardo, sebagai narasumber kedua menjelaskan pentingnya mensosialisasikan konsep green supply chain management dan mengilustrasikan prakteknya ke dalam industri kepada khalayak umum. Penjelasan kongkrit belaiu paparkan berdasarkan praktek green supply chain pada industri kelapa sawit PT. Smart Tbk melalui flow process yang dimulai dari pembukaan lahan untuk perkebunan (upstream) sampai dengan proses refinery dan transportasi guna menghasilkan produk bagi konsumen (downstream). Ia menambahkan pentingnya pengamalan konsep green supply chain guna menjawab berbagai tantangan yang ada. “Kemamputelusuran (traceability) minyak sawit sampai ke perkebunan juga menjadi hal yang sangat penting sebagai wujud komitmen perusahaan terhadap tanggung jawab untuk menjaga keberlangsungan lingkungan (sustainability environment).

Participants: Guest Lecture Seri 2

Waktu dua jam dalam pertemuan dengan dua narasumber tidak terasa, proses diskusi dan sesi tanya jawab dilalui dengan antusias oleh para mahasiswa. Kegiatan yang berlangsung ini tentu saja diharapkan mampu memberikan pemahaman yang lebih dalam karena menampilkan contoh konkrit dari teori yang dipelajari mahasiswa pada prakteknya di dunia bisnis. Walau ada sedikit kendala teknis, namun secara keselurahan kegiatan ini berjalan dengan baik dan lancar. (red. rizki Adi Puspita)

Djunaedi Edday

Staf Admin Fakultas Sains dan Teknologi

You may also like...