Guest lecturers di Prodi Agribisnis

FST UIN Jakarta – 13 April 2020, Perkuliahan Jarak Jauh (PJJ) yang merupakan dampak dari adanya musibah wabah Covid 19 tidak menghambat proses pembelajaran yang ada di Prodi Agribisnis. Terbukti selain perkuliahan reguler yang tetap berjalan dengan system daring, pada hari Kamis, 9 April 2020 tepatnya pada pukul 13.20 – 15.00 Wib lalu, Prodi Agribisnis mengadakan Kuliah dengan dosen tamu (Guest Lecturer).  Kegiatan ini menggunakan aplikasi Zoom sebagai media video conference yang dihadiri oleh sedikitnya 42 orang dimana diantaranya adalah mahasiswa semester 4 yang mengambil konsentrasi manajemen agribisnis sejumlah 35 orang.

Kegiatan merupakan inisiasi oleh Wadek I Fakultas Sains dan Teknologi (Bapak Nashrul Hakim), Kaprodi Agribisnis (Ibu Siti Rochaeni) dan Dosen Manajemen Produksi Agribisnis (Ibu Rizki Adi Puspita Sari).  Kegiatan yang dimulai dengan penyampaian materi dari narasumber dengan waktu kurang lebih 30 menit dan sisa waktunya digunakan untuk forum diskusi/tanya jawab. Alhamdulilllah, Kagiatan ini dapat berjalan dengan baik dan lancar serta menarik karna terbukti dengan  forum diskusi/tanya jawab berlangsung hidup, seakan waktu yang tersedia kurang lebih satu setengah jam terasa sangat kurang. Hal ini tentu saja didukung oleh narasumber yang mumpuni dan mampu menghidupkan  sesi diskusi. 

Kegiatan ini menyajikan dua narasumber yang merupakan praktisi  pada bidangnya, yaitu:  Rifqi Putra Fadhila, ST., MT (Senior Planner,  GMF AeroAsia Garuda Indonesia Group) yang menyampaikan materi mengenai Risk Management dan Atma Yudha Prawira, ST., MT. IPP (Senior Maintenance and Facility Supervisor, Mitra Adiperkasa) dengan materi Quality Control Circle. Kedua materi yang dissmpaikan sangat menarik  karena seperti yang kita ketahui bahwa risiko pasti akan dimiliki oleh setiap perusahaan yang sedang beroperasi.

Untuk meminimalisir risiko yang akan timbul, maka perusahaan harus mampu mengatur sehingga tidak akan menganggu proses kinerja perusahaan. Pengaturan itu, dikenal dengan sebutan manajemen risiko. Manajemen risiko (risk management) dapat dikatakan suatu proses identifikasi, analisis, penilaian, pengendalian, dan upaya menghindari, meminimalisir, atau bahkan menghapus risiko yang tidak dapat diterima. Sedangkan di dalam perusahaan, dapat didefinisikan sebagai suatu proses perencanaan, pengaturan, pemimpinan, dan pengontrolan aktivitas sebuah organisasi untuk meminimalisir risiko pendapatan perusahaan. manajemen risiko dapat digunakan untuk meminimalisir dampak buruk yang timbul dari proses kerja di perusahaan. Pada kegiatan ini secara tuntas tentang pengenalan manajemen risiko disampaikan oleh bapak Rifqi.

Selanjutnya, materi Quality Control Circle yang dibawakan pleh bapak Atma , dibuka dengan slide awal berupa sejarah teknologi, dimana banyak produk yang sudah hilang dipasaran. Dalam era modern seperti sekarang ini, perkembangan dunia perekonomian semakin pesat. Hal ini ditandai dengan banyaknya perusahaan-perusahaan baru yang mulai berkembang didalam negaranya bahkan diluar negaranya. Berkembangnya perusahaan-perusahaan tidak dapat terlepas dari konsumen-konsumen yang juga semakin kritis dalam mencari kebutuhannya. Dari hal tersebut semakin banyak perusahaan pula yang berlomba atau bersaing untuk meningkatkan kualitas dari perusahaannya agar dapat menjadi yang terbaik bahkan nomor satu di dunia dalam memenuhi kebutuhan konsumen. Untuk dapat mencapai tujuannya perusahaan berinovasi. Perusahaan dapat menerapkan Total Quality Management (TQM) dengan perbaikan terus menerus.

Participants Guest lecturers di Prodi Agribisnis

Banyak sekali ilmu yang diperoleh dari kegiatan ini, terutama untuk para mahasiswa yang mendapat ilmu langsug pada penerapannya di sebuah organisasi atau perusahaan. Kedepan, mungkin setelah wabah ini berakhir, kegiatan seperti ini bisa dilanjut dengan studi lapang atau kunjungan industry. Hal ini tentu saja akan memberikan pengetahuan dan wawasan yang komprehensif kepada mahasiswa. (Red. Rizki APS)

Djunaedi Edday

Staf Admin Fakultas Sains dan Teknologi

You may also like...