Guest Lecturers Process Safety Management (PSM)

Program Studi Kimia FST mengadakan Kuliah Umum Process Safety Management (PSM)

FST UIN Jakarta – Senin, 13 April 2020: Process Safety Management (PSM) saat ini menjadi salah satu trend-in di industri minyak dan gas, industri petrokimia/kimia dan industri lain nya yang sejenis. Pelaksanaan PSM ini tidak hanya saat kilang atau pabrik dalam tahap operasi tetapi juga mulai diterapkan pada saat kilang atau pabrik tersebut dirancang dan digabung. PSM tidak hanya berbicara dari sisi process engineering, plant atau industri namun bebicara secara keseluruhan aturan keselamatan.

Participants Guest Lecturers Engineering Project Management

Pengenalan PSM kepada mahasiswa dianggap perlu untuk memberikan gambaran kepada mahasiswa bagaimana industri menerapkan PSM sehingga mahasiswa punya pengetahuan yang lebih luas dibidang keselamatan dimana mahasiswa tidak hanya tahu tentang personal/occupational safety tetapi juga tahu dan familiar dengan process safety.

Pengenalan PSM dalam kuliah umum kali ini diberikan oleh Fidelis Gultom ST, IPM, AER. Beliau adalah seorang praktisi di perusahaan minyak dan gas yang berpengalaman lebih dari 20 tahun di bidang engineering, operasi dan proyek .  Adapun materi pengenalan PSM ini meliputi :

  1. Perbedaan Occupational Safety dan Process Safety
  2. Definisi Process Safety, Regulasi dan Standard Industri
  3. Sharing Process Safety Incident
  4. Hazard Identification menggunakan Metode Bow-Tie dan Swiss Cheese Model
  5. Safety in Design & Inherently Safer Principle
  6. PSM Roles di Industri

Pengenalan PSM ini dihadiri oleh lebih dari 150 mahasiswa Prodi Kimia FST serta Prodi Kesehatan Masyarakat FIKES secara online selama 2 jam dan berlangsung dengan sangat baik dan interaktif. (Red. Hermanto)

Djunaedi Edday

Staf Admin Fakultas Sains dan Teknologi

You may also like...