HIMKA FST UIN JAKARTA Melakukan Kunjungan Industri Ke PT. TIRTA FRESINDO JAYA

HIMPUNAN MAHSISWA KIMIA (HIMKA) KABINET HARMONI MASA BAKTI 2019

Sebagai mahasiswa, khususnya dalam bidang Ilmu Pendidikan Kimia, mahasiswa/i sudah sangat banyak mendapat materi kuliah yang berkenaan dengan industri. Sudah selayaknya bagi mahasiswa Pendidikan Kimia tidak hanya memahami teori yang ada tapi juga ikutan di dalam meninjau lapangan yang sebenarnya. Oleh karena itu UIN Jakarta mengadakan kegiatan kunjungan industri. Diharapkan mahasiswa/i mampu menerapkan ilmu yang diperoleh dengan melakukan pengamatan atau percobaan.

Kunjungan industry merupakan kegiatan rutin bagi mahasiswa sebagai tuntutan kurikulum untuk membekali mahasiswa/i dengan berbagai  pengetahuan mengenai dunia bisnis dan manajemen sehingga nantinya diharapkan dapat menjadi lulusan yang professional. Untuk menjadi lulusan yang professional tentu dibutuhkan banyak keterampilan terutama yang  berkaitan dengan dunia bisnis dan manajemen. Kunjungan industri juga menjadi salah satu kegiatan yang diadakan setiap tahunnya. Maka dari itu mahasiswa/i wajib mengikuti kegiatan ini. Kunjungan industri hanya sebatas melakukan observasi pada suatu industry saja. Melakukan pengamatan dan Tanya jawab kepada nara sumber secara langsung.

Kesempatan kali ini, pihak Perguruan Tinggi mengadakan kegiatan kunjungan industri di daerah Ciherang Bogor Jawa Barat. Selain itu dengan diadakannya kegiatan kunjungan industri ini, diharapkan mahasiswa/i mengetahui lebih jauh bagaimana sebenarnya dunia usaha atau dunia industry itu dijalankan. Selain itu kegiatan kunjungan industry juga sebagai simulasi dunia bisnis dan manajemen yang nyata agar nantinya mahasiswa terbiasa ketika benar-benar terjun di dunia industry dan manajemen. Disisi lain, pihak Perguruan Tinggi juga menginginkan adanya dampak jangka panjang dari diselenggarakannya kegiatan kunjungan industry ini salah satunya dalam rangka penyaluran lulusan yang professional dan memiliki kemampuan yang  produktif dan siap bersaing di dunia manajemen perindustrian.

PT. TIRTA FRESINDO JAYA (Mayor group) merupakan anak perusahaan PT. MAYORA INDAH Tbk yang berdiri pada tahun 1977 dengan pabrik pertama berlokasi di Tangerang menjadi perusahaan pablik pada tahun 1990. Kegiatan usaha serta jenis produk yang dihasilkan sesuai dengan anggaran dasarnya, kegiatan usaha perseroan diantaranya adalah dalam bidang industri. Saat ini PT. Mayora Indah Tbk memproduksi dan memiliki 6 devisi yang masing masing menghasilkan berbeda namun terintegrasi. Di Indonesia, perseroan tidak hanya dikenal sebagai perusahaan yang memproduksi makanan dan minuman olahan, tetapi juga dikenal sebgai market leader yang sukses menghasilkan produk produk yang menjadi pelopor pada kategorinya masing masing.

Acara Kunjungan Industri I yang dilaksanakan oleh departemen Penelitian dan Pengembangan (Litbang), dengan jumlah peserta yang hadir sebanyak 60 orang Mahasiswa dan 5 orang dosen. Kunjungan Industri I ini ditujukan untuk memberikan Wawasan mengenai Proses-proses yang berjalan dalam suatu Industri. Kunjungan Industri ini dilakukan pada Senin, 15 April 2019 dan diawali dengan mengumpulkan seluruh peserta dari pukul 05.00 WIB dan berangkat menuju tempat acara pada pukul 07.00 WIB. Sesampai disana pada pukul 09.30 WIB diberi sambutan oleh pihak PT. Tirta Fresindo Jaya dan oleh pihak Perwakilan Dosen. Setelah itu dipaparkan materi mengenai profil PT Mayora, pemaparan tentag safety atau K3 pada insustri, serta pengolahan salah satu produk mereka yaitu Teh Pucuk Harum. Setelah itu peserta diizinkan untuk berkeliling ke ruang produksi dengan diberikan penjelasan-penjelasan di setiap bagian produksi serta bermain games yang dipandu oleh pembawa acara.

Adapun produk yang terdapat pada ruang produksi adalah Teh Pucuk Harum, dan Kopikap. roses produksi teh Pucuk Harum Proses Pengolahan tehnya yang diperoleh dari vendor kebun teh pilihan. Teh Pucuk Harum ini dibuat dari tiga varian teh yaitu black tea, green tea dan jasmine tea. Melalui tiga tahapan yang  pertama ekstraksi teh, mixing, dan sterilisasi. Pada tahap ekstraksi dan mixing  terdapat proses agitasi, sirkulasi, dan pendiaman pada suhu 84-86 °C.

Proses Produksi Kopiko 78 ̊C Pada dasarnya tahapan pembuatan Kopiko 78 ̊C ini sama dengan tahapan dalam pembuatan Teh Pucuk Harum yaitu mixing  dan sterilisasi. Bahan yang digunakan SKM dan LCC. Kopi ini diperoleh dari vendor yang bersal dari Amerika dan Australia. Mesin yang digunakan yaitu mesin UHT.

Kegiatan kunjungan industri ke PT. Tirta Fresindo Jaya sangatlah menyenangkan serta menambah pengetahuan baru!

#Himka 2019

Djunaedi Edday

Staf Admin Fakultas Sains dan Teknologi

You may also like...