Himka Melakukan Kunjungan Industri ke PT. Indorama Polychem Indonesia

Foto Bersama di depan PT. Indorama Polychem Indonesia

FST UIN JAKARTA – Rabu tanggal 25 September 2019. Program studi Kimia UIN Syarif Hidayatullah Jakarta melaksanakan kegiatan edukasi yaitu berupa Kunjungan Industri II ke PT. Indorama Polychem Indonesia Purwakarta.

Kunjungan industri merupakan kegiatan rutin bagi mahasiswa sebagai tuntutan kurikulum untuk membekali mahasiswa/i dengan berbagai  pengetahuan mengenai dunia bisnis dan manajemen sehingga nantinya diharapkan dapat menjadi lulusan yang professional. Untuk menjadi lulusan yang professional tentu dibutuhkan banyak keterampilan terutama yang  berkaitan dengan dunia bisnis dan manajemen. Kunjungan industri juga menjadi salah satu kegiatan yang diadakan setiap tahunnya. Maka dari itu mahasiswa/i wajib mengikuti kegiatan ini. Kunjungan industri hanya sebatas melakukan observasi pada suatu industri saja. Melakukan pengamatan dan tanya jawab kepada narasumber secara langsung.

Target utama dalam kegiatan ini adalah mahasiswa aktif angkatan 2016 yang belum mengikuti kegiatan Kunjungan Industri sebanyak dua kali. Tujuan dari kunjungan industri ini adalah agar mahasiswa mampu memahami kondisi di dunia kerja, dan sebagai rekomendasi tempat kerja mahasiswa setelah mereka lulus.

Sesampainya di PT. Indorama Polychem Indonesia, mahasiwa dan dosen langsung diarahkan menuju suatu ruangan untuk menjelaskan sedikit mengenai profil PT dan produk-produk apa saja yang dihasilkan dari industri tersebut dan disampaikan oleh perwakilan dari industri tersebut. PT. Indorama ini merupakan produsen dan eksporter poliester terbesar di Indonesia dengan total produksi poliester kurang lebih 875 ton/hari. Setelah diberikan informasi mengenai profil perusahaan dan lain-lain, kami pun langsung di ajak mengelilingi pabrik untuk mengetahui proses produksi dari PT. Indorama Polychem Indonesia ini.

PT. Indorama yang di kepalai oleh bapak S.P Lohia ini memproduksi Monoetilen Glycol sebagai bahan baku utama di pabrik tersebut dan Pure Terephtalate Acid (PTA) sebagai bahan baku plastik. PTA ini dilarutkan di dalam tangka besar perrhari sampai 900 ton. Salah satu komoditas yang masih mengimpor dari luar negeri adalah ethylene glycol. Produk ini hanya diproduksi oleh satu produsen saja di Indonesia, yaitu PT. Polychem Indonesia Tbk. dengan kapasitas produksi 210.000 ton per tahun.

Para mahasiswa sangat senang dan antusias dalam kedatangan kunjungan industri kali ini. Hal ini terlihat dari banyaknya mahasiswa yang bertanya kepada pihak Indorama saat dilakukannya keliling di dalam pabrik dan antusias dalam mendengarkan penjelasan-penjelasan dari pihak Indorama.

ʺKegiatan kunjungan industri adalah hal yang sangat ditunggu – tunggu oleh mahasiswa kimia!

Dema-Sema-Himka FST UIN Jakarta

Djunaedi Edday

Staf Admin Fakultas Sains dan Teknologi

You may also like...