Rakerpim FST UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
Rakerpim FST UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Saintek News (07/04/2021) Rapat Kerja Pimpinan (Rakerpim) Fakultas Sains dan Teknologi (FST) UIN Syarif Hidayatullah Jakarta tahun 2021 ini adalah momen penting dalam mendukung perubahan UIN Jakarta dari Badan Layanan Umum (BLU) menjadi Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTN-BH). Beberapa capaian prestasi telah diraih, namu perlu ada beberapa yang perlu ditingkatkan lagi.

Sambuatan Ketua |Panitia Raker FST (H. Encep Dimyati, MA)

Beranjak dari visi FST UIN Jakarta yaitu menjadi fakultas yang unggul dan terkemuka dalam bidang sains dan teknologi yang terintegrasi dengan nilai-nilai keislaman dan keindonesiaan, maka kerja keras dan disiplin menjadi kunci utama dalam pencapaian program-program sesuai dengan Rencana Strategis (Renstra) FST UIN Jakarta 2020-2024. Dalam tahapan-tahapan Renstra ke depan kita perlu melihat kekuatan dan kelemahan masa lalu dan memperkuat pencapaian pada masa yang akan datang.

Sambutan Dekan FST ( Ir. Nashrul Hakiem, Ph.D )

Dalam Rakerpim FST UIN Jakarta ini, kita akan membahas bersama 4 (empat) bidang program yang bisa dianggap sebagai bagian besar yang perlu menjadi fokus kerja kita selama 2021. Pertama, yaitu Komisi I: Optimalisasi Tata kelola dan tata pamong; Komisi II: Peningkatan mutu pendidikan dan penelitian; Komisi III: Optimalisasi sumberdaya manusia dan sarana prasarana; dan Komisi IV: Peningkatan mutu mahasiswa , alumni dan optimalisasi kerjasama. Dalam Rakerpim ini, saya juga berharap adanya revieu sistem anggaran berbasis kinerja. Artinya, anggaran yang disediakan mengikuti program yang akan dicapai sesuai Renstra.

Sambutan Warek IV Sekaligus Pembukaan Acara (Prof. Dr. Lily Surayya, M.Env.Stud.)

Saya berharap semua peserta Rakerpim ikut berpartisipasi, memberikan sumbang pemikiran dan menjadikan hasil Rakerpim ini sebagai rujukan dalam membuat kebijakan dan program kegiatan di setiap bidangnya. Selamat mengikuti Rakerpim, semoga Allah SWT selalu memberikan kemudahan untuk kita semua, Amien.

Raker Hari Ke 2 Di Hadiri Rektor UIN Jakarta ( Prof. Dr. Amani Lubis, M.A )

Dekan,

Ir. Nashrul Hakiem, MT., Ph.D

TEMA: FST UIN JAKARTA MENUJU TERAKREDITASI PROGRAM STUDI UNGGUL DAN INTERNASIONAL  

TARGET DAN SASARAN RAKER FST 2021

TARGET

  1. Evaluasi capaian indeks kinerja utama fakultas tahun 2020
  2. Mereview rencana strategis dan program kerja 2021  FST dalam upaya pencapaian akreditasi internasional program studi
  3. Merumuskan program kerja 2022

Sasaran

  1. Diperolehnya gambaran yang jelas tentang  kekuatan dan kelemahan dan peluang  fst dari hasil review IKU 2020
  2. Tersusunnya kebijakan program kerja dan rancangan anggaran tahun 2021 yang mendukung tercapainya akreditasi internasional semua program studi di FST
  3. Tersusunnya rencana strategis 2022 dalam upaya pencapaian akreditasi internasional semua program studi di FST

NARASUMBER Rapat KERja

 Fakultas Sains dan Teknologi 2021

SUGIONO, Ph.D (Dewan Eksekutif ban- pt)

JADWAL ACARA

RAPAT KERJA (RAKER)

FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI UIN JAKARTA

TAHUN 2021

 Rabu, 7 April 2021

NOWAKTUKEGIATAN
108.00 – 09.30Swab Antigen di hotel (Wajib)
 209.30 – 10.00Registrasi Peserta Raker
 310.00 – 10.45Pembukaan Raker
410.45 ─ 11.00Coffee Break
511.00 ─ 12.00Program kerja tahun 2021 dan Pemaparan Program Kerja tahun 2022 oleh Dekan
612.00 – 13.00ISOMA
713.00 ─16.00Paparan Narasumber oleh Sugiyono Ph.D (Dewan Eksekutif BAN PT)
816.00 ─ 16.30Coffee Break
916.30 – 18.00Pembagian Komisi I,II,III dan IV dipimpin oleh Dekan dan para Wadek
1018.00 – SelesaiISOMA dan istirahat Malam

Kamis, 8 April 202

NOWAKTUKEGIATAN
107.00 – 08.30Breakfast
2.08.30 – 12.00Sidang komisi I,II,III dan IV dipimpin oleh Dekan dan para Wadek
3.12.00– 13.00ISOMA
4.13.00 – 16.00Sidang komisi I,II,III dan IV dipimpin oleh Dekan dan para Wadek
5.16.00 – 16.30Coffee Break dan Sholat Ashar
616.30 – 18.00Pemaparan hasil diskusi komisi I, II,III, dan IV
718.00 – 19.00ISOMA
819.00 – 20.00Pemaparan hasil diskusi komisi I, II,III, dan IV
920.00 - SelesaiIstirahat Malam

Jumat, 9 April 2021

NOWAKTUKEGIATAN
1.07.00 – 08.30Breakfast
2.08.30 – 11.00Penutupan
311.00 – 11.30 Cek out

KOMISI

Komisi 1  : 

Optimalisasi Tata kelola dan tata pamong

Ketua Komisi :   Ir. Nashrul Hakiem, MT, PhD

Komisi  2 : 

Peningkatan mutu pendidikan  dan penelitian

Ketua Komisi :   Dr. Ir. Siti Rochaeni, Msi

Komisi  3 : 

Optimalisasi sumberdaya manusia dan sarana prasarana

Ketua Komisi :   Dr. Nani Radiastuti, MSi

Komisi  4 : 

Peningkatan mutu mahasiswa , alumni dan optimalisasi kerjasama 

Ketua Komisi :   Dr. Fahma Wijaynti, M.Si

                     TEMA BAHASAN KOMISI 1:

OPTIMALISASI TATA KELOLA DAN TATA PAMONG
BIDANG BAHASAN IBIDANG BAHASAN II
EFEKTIFITAS  ORGANISASIPENGUATAN IMPLEMENTASI KEBIJAKAN FAKULTAS
TUJUAN 1TUJUAN 2TUJUAN 3TUJUAN 4
Optimalisasi struktur organisasiMenyusun strategi peningkatan sinergi antar unit  Menyusun strategi  pencapaian visi, misi dan tujuan FSTPeningkatan mutu manajemen  
Sasaran 1Sasaran 2Sasaran 3Sasaran 4
evaluasi TUPOKSIPenegakan prinsip-prinsip tata kelola fakultas yang baik pada semua area manajerialPeningkatan peran Gugus Jaminan Mutu dalam evaluasi organisasi            Optimalisasi implementasi Rencana strategis FST        Meningkatkan Implementasi Standar Operasional Prosedur (SOP)
Indikator 1Indikator 2Indikator 3Indikator 4
Menguatnya kultur dan struktur organisasi fakultas   Penataan struktur organisasi, tupoksi, tanggungjawab dan kewenangan berdasarkan prinsip efektivitas dan efisiensi yang mendukung kegiatan secara berkesinambungan  Peningkatan Penegakan Prinsip-prinsip Tata Kelola yang BaikPencapaian leadership yang Sidiq, Amanah, dan Fathonah pada tiap unitPencapaian rensraPencapaian visi, misi, tujuan, dan sasaran melalui strategi pencapaian yang lebih komperhensif dan aplikatif.IKU Fakultas 100 %Score E-MS > 80  

               TEMA BAHASAN KOMISI 2:

PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN  DAN PENELITIAN
BIDANG BAHASAN IBIDANG BAHASAN II
       Peningkatan kinerja           pendidikan dan pengajaranPeningkatan Kinerja Penelitian, Publikasi Ilmiah, dan Pengabdian kepada Masyarakat;
TUJUAN 1TUJUAN 2TUJUAN 3TUJUAN 4
Meningkatkan keunggulan  program studi berbasis integrasi keilmuan sains dan teknologi, keislaman, dan keindonesiaan, yang kompetitif dan komparatif yang berbasis pada MBKM  Meningkatkan kualitas Pembelajaran melalui pengembangan kurikulum, penggunaan IT dalam pembelajaran, dan peningkatan kompetensi dosen dan mahasiswa.Meningkatkan Budaya Riset di Kalangan Civitas AcademicaPeningkatan Mutu, Relevansi, dan Manfaat Penelitian  Meningkatkan  kualitas dan kuantitas publikasi  
Sasaran 1Sasaran 2Sasaran 3Sasaran 4
Ketersediaan kurikulum yang berbasis kompetensi  yang mengintegrasikan keilmuan keislaman dan keIndonesiaan dan secara periodik dilakukan evaluasiTersedianya  rencana pengajaran handout, modul yang terstandarisasi internasionalTersusunnya rencana strategis peningkatan kualitas pembelajaranRencana strategis peningkatan budaya risetRencana strategis peningkatan kualitas dan kuantitas publikasi Internasional bereputasi
Sasaran 5Sasaran 6Sasaran 7Sasaran 8
Meningkatkan jurnal untuk terakreditasi SINTA atau ScopusBertambah jumlah program studi telah diakreditasi lembaga Nasional bernilai unggul dan internasionalPenguatan aspek akademik dosen terutama yang terkait paten dan HKI 
Indikator 1Indikator 2Indikator 3Indikator 4
Kurikulum program studi yang kompetitif dan berstandar InternasionalSuasana belajar mengajar yang kondusif dan  up to dateMonitoring dan evalusi pembelajaran yang objektif dan transparan    Adaanya arah jalan (road map) penelitian  di FSTMeningkatnya jumlah penelitian di FST yang berbasis kemanfaatan dan kekinianMeningkatkan penelitian kolaboratif antara dosen_mahasiswa dan antara FST dengan Instansi atau Universitas dalam dan luar negeriMeningkatnya jumlah publikasi di Jurnal Internasional bereputasi
Indikator 5Indikator 6Indikator 7Indikator 8
Bertambahnya jumlah jurnal terakrditasi SINTA dan  bereputasi InternasionalMeningkatnya jumlah program studi yang terakreditasi Nasional bernilai unggul dan akreditasi InternasionalBertambahnya jumlah PATEN dan HKI 

                         TEMA BAHASAN KOMISI 3:

Optimalisasi Sumberdaya Manusia Dan Sarana Prasarana
BIDANG BAHASAN IBIDANG BAHASAN II
Peningkatan Mutu Sumber Daya manusiaPeningkatan Mutu Sarana dan Prasarana
TUJUAN 1TUJUAN 2TUJUAN 3TUJUAN 4 
Meningkatkan  profesionalisme   dan Kompetensi Dosen  Meningkatkan profesionalitas dan kompetensi Tenaga Kependidikan  Pengelolaan Keuangan yang efektif dan  akuntableMeningkatkan sarana prasarana yang menunjang pembelajaran dan penelitian yang berkuliatas 
Sasaran 1Sasaran 2Sasaran 3Sasaran 4 
Tersusunya rencana program peningkatan profesionalitas dan kompetensi dosen   Tersusunnya rencana strategis peningkatan profesionalisme dan kompetensi tenaga kependidikaTersedianya pedoman prosedur penggunaan dana rutin dan non rutin serta implementasinya dilapangan dengan transparan dan efektif  Tersusunnya program pengembangan sarana prasarana yang memenuhi standar Internasional 
Sasaran 5Sasaran 6Sasaran 7Sasaran 8 
Peningkatan kemampuan bahasa Asing bagi dosen dan stafPeningkatan kerjasama yang mendatangkan peningkatan PNBP fakultasMeningkatkan infrastuktur teknologi informasi dan SDM yang mendukung TIPeningkatan tata kelola layanan berbasis teknologi informasi 
Indikator 1Indikator 2Indikator 3Indikator 4 
Jumlah dosen naik pangkat lulus studi S3 bertambah sebanyak 20 %Jumlah sertifikasi bagi dosen bertambahJumlah dosen dengan recognisi Nasional dan Internasional bertambahJumlah tenaga kependidikan dengan sertifikat keahlian bertambahTerselenggaranya penyelenggaraan organisasi sesuai standar Mutu ISO 9001  th 2015.Pengelolaan keuangan/anggaran pendidikan secara transparan melalui perencanaan dan penganggaran yang bersifat bottom-up yang melibatkan seluruh pimpinan program studi menunjang kelancaran kegiatan di FST.Tersedianya anggaran pendidikan, penelitian sangat memadaiKetersediaan anggaran yang memadai untuk perawatan   instrumen/sparepart laboratorium dan infrastruktur lainnyaTersedianya sarana pembelajaran berstandar internasionalTersedianya fasilitas perpustakaan yang memadai Tersedianya laboratorium pendidikan dan penelitian yang memadai 
Indikator 5Indikator 6Indikator 7Indikator 8 
Kemampuan bebahasa asing dosen meningkatAdanya peningkatan pendapatan PNBP fakultasKetersediaan sarana IT yang memadai pada setiap lokasi yang diperlukanBertambahnya layanan administrasi berbasis IT 

            TEMA BAHASAN KOMISI 4:

Peningkatan Mutu Mahasiswa, Optimalisasi Alumni Dan Kapasitas  Kerjasama
BIDANG BAHASAN IBIDANG BAHASAN II
Peningkatan Mutu mahasiswa dan optimalisasi alumiPeningkatan Mutu Sarana dan Prasarana
TUJUAN 1TUJUAN 2TUJUAN 3TUJUAN 4
Meningkatkan kualitas input mahasiswa baru   Meningkatkan daya saing mahasiswa   Peningkatan Efektifitas Beasiswa Peningkatan kesejahteraan mahasiswa   Meningkatkan peran organisasi kemahasiswaanOptimalisasi Peran alumni   Penguatan tracer studi alumni    Peningkatan kapasitas kerjasama nasional dan internasionalOptimalisasi Kerjasama pendukung MBKM
Sasaran 1Sasaran 2Sasaran 3Sasaran 4
Tersusunya rencana program penjaringan mahasiswa yang kompetitif   Tersusunnya program peningkatan mutu mahasiswa   Evaluasi dan tersusunnya program beasiswa   Tersusunnya program peningkatan mutu organisasi kemahasiswaanTersusun program untuk meningkatkan peran alumniRencana strategis pencapaian tracer stud1 70 % dari seluruh alumniTersedianya road map kerjasama FSTRencana strategis pembangunan kerjasama dengan institusi luar negeriPenjaringan mahasiswa asing melalui kerjasama  Tersedianya program kerjasama pendukung MBKMSinergitas administrasi akademik dengan kebutuhan MBKM
Indikator 1Indikator 2Indikator 3Indikator 4
Meningkatnyakualitas Mahasiswa baru FST Meningkatnya prestasi mahasiswa dalam bidang akademik maupun non akademikIndeks kepuasan pengguna lulusan meningkat menjadi 4.5 (Skala 1 s/d 5)Jumlah mahasiswa penerima beasiswa bertambahOrganisasi mahasiswa menjadi wadah pengembangan minat bakat dan akademik yang kompeten  Tracer studi alumni mencapai 70 % lulusanKontribusi lulusan terhadap fakultas bertamnbahTerbentuknya Ikatan Alumni FSTArah kerjasama FST yang jelas den visionerlMeningkatnya kerjasama nasinal dan internasional yang bermanfaatMembangun interpreneurship bagi mahasiswaPembentukan jejaring alumni yang berwirausaha dan kerjasama dengan perusahaanTerselenggaranya sertifikasi mahasiswa sebagai sertifikat pendamping ijasah Terdapat program  Pertukaran Mahasiswa (Student Exchange)Terselenggaranya program MBKM yang berkualitas

SUSUNAN KOMISI

KOMISI I: Optimalisasi Tata Kelola dan Tata Pamong

Ketua Komisi :  Dekan FST (Ir. Nashrul Hakiem, MT, Ph.D)

  Sekertaris        : Ketua GJM (Rizal Broer, M.Kom.)

Anggota            :                                                   

  1. Prof. Dr. U. Maman, M.Si
  2. Prof. Dr. Lily Surayya Eka Putri, M.Env. Stud
  3. Dr. Syopiansyah Jaya Putra, Msi
  4. H. Encep Dimyati, M.A
  5. Ardian Khoiriyah, M.Si
  6. Dewi Rohmawati, M.Si
  7. Mudatsir Najamuddin, M.Si
  8. Nur Aini Hidayah, M.Kom
  9. Edi Sanjaya, M.Si
  10. Dr. Nur Inayah, M. Si
  11. Dinda Rama, S.Si
  12. Nurmaya Arofah, S.ST, M.Eng

KOMISI 2: Peningkatan Mutu Pendidikan dan Penelitian

Ketua Komisi:  Wakil Dekan 1 (Dr. Ir. Siti Rochaeni, M.Si)

Sekertaris        :  Dr. Priyanti, MSi

 Anggota         :

  1. Dr. Imam Marzuki S, MT
  2. Dr. Aang Subiyakto, MKom
  3. Dr. Laode Sumarlin, MSi
  4. Dr. Summa’inna, MSi
  5. Tati zera, MSi
  6. Akhmad Mahbubi, S.P., M.M. Ph.D
  7. Drs. Henda Syukri, M.Si
  8. Nunung Isnaini Dwi Ningsih, M.Kom
  9. Dr. Ir. Lilis Imamah Ichdayati, M.Si
  10. Dr. Husni Teja Sukmana, ST, M.Sc.
  11. Ayu Kurnia
  12. Dr. Dasumiati, MSi
  13. Dr. Sandra Hermanto, M.Si
  14. Dr. Sri Yadial Khalid, M.Si
  15. Siti Solihah, SE.I, M.H
  16. Ani Astuti, A.Md
  17. Ibnu Aries Kurniawan, SE

KOMISI 3 :  Optimalisasi Sumberdaya Manusia Dan Sarana Prasarana

Ketua Komisi: Wakil Dekan 2 ( Dr. Nani Radiastuti, M.Si)

Sekertaris :  Ambar Wahyuni, S.Pd

Anggota :

  1. Dr. Sutrisno, MSi
  2. M. Qomarul Huda, M.Kom.,Ph.D.
  3. Ahmad Fauzan, MT
  4. Ir. Zirma Okravida, M.Pd
  5. Ahmad Sulhi, S.Ag., M.Kom
  6. Aida Ainul Wardah, S.Pd
  7. Faizi El Abbasy, SE,I
  8.  Indrayani, SE
  9. Umi Tasri'ah, S.Ag
  10.  Kriswanto, S.T
  11. Yarma, S.IP
  12. Sumardi, S.IP
  13. Kamal Rumi, M.Kom
  14. Dr. Gustina Elfiyanti
  15. Ade Candra, ST
  16. Syipa Fauziah, S.Pd

SUB KOMISI 3 : Peningkatan Mutu Kebersihan FST

Ketua Komisi: Agus Andria  

 Sekertaris : Damril Sutoyo

Anggota :

  1. Ridwan Heriyanto
  2. Yuda Wijaya
  3. Andika
  4. Reli Anzoni
  5. Satiman
  6. Jakaria, SEI
  7. Thaufik Bahruddin
  8. Yafari
  9. Astri Tri Bowo
  10. Sobrih
  11. Karmila
  12. Supriyono

KOMISI 4 : Peningkatan Mutu Mahasiswa , Peran  Alumni Dan Optimalisasi Kerjasama 

Ketua Komisi: Wakil Dekan 3 (Dr. Fahma Wijayantri, M.Si)

 Sekertaris : Narti Fitriana, Msi

Anggota :

  1. Dr. Ambran Hartono, M.Si
  2. Dr. Iwan Aminudin, M.Si
  3. Rizki Adi Puspita, MSi
  4. Elvan Yuniarti, MSi
  5. Irma  Fauziah  , MSi
  6. Nur Hasni, MSi
  7. Andrew Fiade, M.Kom
  8. Hendra Bayu Suseno, M.Kom
  9. Nur Yasin, M.Kom
  10. Ir. Armaeni Dwi Humaerah, M.Si
  11. Abdul Wahab, SS
  12. Ibnu Aries Kurniawan, SE
  13. Syipa Fauziah, S.Pd
  14. Akmal Hafizh
  15. Ravi Aditya Nurahma

        SUSUNAN PANITIA RAKER FST 2021

Penanggungjawab:      Ir. Nashrul Hakiem, MT., Ph.D

Pengarah                     :1. Dr. Ir. Siti Rochaeni, M.Si

 2. Dr. Nani Radiastuti, M.Si

  3. Dr. Fahma Wijayanti, M.Si

Ketua Panitia              : Drs. H. Encep Dimyati, M.A

Sekretaris                    : Ahmad Sulhi, S.Ag., M.Kom                      

Bendahara                   : Ir. Zirma Okravida, M.Pd

Kesektretariatan          : Abdul Wahab, S.S, M.Sos.

Koordinator Acara      : Drs. Henda Syukri, M.Si     

Anggota                      1. Yarma, S.IP     

2. Ambar Wahyuni, S.Pd

Koordinator Perlengkapan: Agus Andria

Anggota                      1. Sumardi, S.IP           4. Jakaria, SEI     7. Sobrih

                                      2. Satiman                   5. Thaufik

                                    3. Andika                      6. Yafari

Koordinator Transportasi : Kriswanto, S.T

Anggota                      1. Supriyono                 3. Yuda Wijaya   5. Sobrih

2. Ridwan Heriyanto        4. Reli Anzoni       6. Astri Bowo

Koordinator Konsumsi :Umi Tasri'ah, S.Ag

Anggota                      1. Ani Astuti, A.Md

                                    2. Karmila

Koordinator Absensi : Siti Solihah, SE.I, M.H

Anggota                      1. Ayu Kurnia, S.Pd

Koordinator Keuangan : Aida Ainul Wardah, S.pd

Anggota                      1. Faizi El Abbasy, SE.I

                                    2. Indrayani, SE

Koordinator dokumentasi dan Sistem Informasi : Damril Sutoyo  

  1. Rumi Kamal, S.Kom, MMSI
  2. Ibnu Aries Kurniawan, SE  
Foto Bersama