Saintek News (29/10/2022) Mahasiswa Program Studi Biologi Fakultas Sains dan Teknologi UIN Syarif Hidayatullah untuk pertama kalinya melaksanakan kuliah lapang luring untuk mata kuliah Ekologi Dasar dan Sistematika Tumbuhan pada Sabtu, 29 Oktober 2022 setelah mengalami pandemi selama 2 tahun. Mata kuliah ini diikuti oleh 56 orang mahasiswa semester 3 dan dibimbing oleh para dosen pengampu, yaitu Ardian Khairiah, M.Si., Fahri Fahrudin, M.Si., Khohirul Hidayah, M.Si., dan Achmad Junaidi, M.Si.

Lokasi kuliah lapang terletak di kawasan yang asri sekitar Jalan Kopo, Cisarua, Bogor. Kawasan ini banyak ditumbuhi aneka vegetasi alami dan budi daya. Selain itu aneka satwa juga hidup di lokasi kuliah lapang ini. Para mahasiswa mendapat tugas untuk mengamati aktivitas harian burung, identifikasi vegetasi, analisis vegetasi, dan pembuatan diagram profil.

Antusiasme mahasiswa melakukan pengamatan tergambar dengan keseriusannya melaksanakan tugas-tugas yang diberikan. Sekalipun terasa berat medan yang harus ditempuh oleh mahasiswa dari base camp karena jalan yang dilalui ada yang mendaki dan menurun sebagaimana umumnya daerah pegunungan namun para peserta kuliah lapang tetap bersemangat, bahagia, dan ceria saat menuju lokasi pengamatan yang hijau, sejuk, dan indah. (biologi/admin)