Kuliah Tamu tentang Energi dan Alat Berat Penambangan

Saintek Taks Energi dan Konstruksi Penambangan

Saintek News (2/7/2020) – Fakultas Sains dan Teknologi UIN Jakarta mengadakan Kuliah Umum daring dengan tema Saintek Talks: Energy Industry and Mining Construction pada Kamis, 2 Juli 2020 pagi menggunakan aplikasi Zoom. Acara yang dipandu oleh Host Nurmaya Arofah ini dibuka oleh Wakil Dekan Bidang Akademik Nashrul Hakiem dengan menghadirkan tiga narasumber yaitu M. Nur Agus Cahyana, Meidiono Triandoko, dan Bambang Niryono.

M. Nur Agus Cahyana yang merupakan Senior Production Engineeer pada Energy Equity EPIC (Sengkang) Pty. Ltd menyampaikan paparan berjudul Meningkatkan Peran Gas sebagai Pengganti Minyak. Situasi sumber daya energi migas di Indonesia dipapaparkan dengan gamblang didukung statistik yang menunjukkan bahwa Indonesia adalah negara net importer minyak. Sementara itu potensi gas alam Indonesia sangat menjanjikan sebagai subtitusi kebutuhan energi primer yang semakin besar. 

Saintek-Talks-Energi-Penambangan
Meningkatkan Peran Gas sebagai Pengganti Minyak

Sedangkan Meidiono Triandoko menguraikan hal yg sama pentingnya di dalam mengelola energy balance, yaitu pengenalan energi di sisi konsumen. Building Manager Menara BTPN Jakarta ini memresentasikan Potensi Efisiensi Energy untuk High Risk Building. Peserta ditunjukkan bagaimana sistem pendingin (HV AC) di gedung tinggi ternyata mengkonsumsi hingga 68% dari kebutuhan listrik gedung, diikuti dengan sistem penerangan yg mengkonsumsi 23%. Perencanaan dan operasi yang baik akan sangat membantu pemhematan energi.

Sementara Bambang Niryono menyampaikan tema yang cukup menarik yaitu Pemilihan Produk Attachment Dalam Industri Pertambangan. General Manager Intraco Penta Tbk yang berpengalaman dalam industri peralatan berat seperti excavator dan bulldozer berbagi pengalaman dalam memilih berbagai peralatan tambahan (attachment) yang biasa dipakai pakai operasi pertambangan. “Bahan galian target, jenis batuan, serta kawasan operasi turut menentukan jenis attachment apa yg dipilih”, ungkapnya.

Acara yang dimoderatori oleh Agus S. Djamil ini berjalan sangat menarik dan antusias dari para peserta. Turut hadir antara lain Ketua Program Studi Teknik Pertambangan Ambran Hartono, para Dosen dan mahasiswa Teknik Pertambangan Fakultas Sains dan Teknologi bahkan beberapa parsitipan dari luar UIN Jakarta menyaksikan dari awal sampai akhir acara. (Maya).

You may also like...