Kunjungan Ilmiah Mahasiswa Baru Fisika FST UIN Jakarta

Ke Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), Rumpin.

FST UIN Jakarta – Himpunan Mahasiswa Fisika ( HIMAFI ) UIN Syarif Hidayatullah Jakarta , Departemen Penelitian dan Pengembangan Profesi kembali mengadakan kegiatan Kunjungan Ilmiah yang diikuti wajib oleh 85 mahasiswa baru Fisika UIN  Jakarta 2019 bersama satu dosen pendamping dan juga beberapa panitia. Kunjungan Ilmiah 2019 diselenggarakan di Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), Rumpin, Bogor. Rabu (16/10/19)

Kunjungan ilmiah ini merupakan agenda rutin yang diadakan oleh Himpunan Mahasiswa Fisika (HIMAFI) UIN Syarif Hidayatullah Jakarta melalu Departemen Penelitian dan Pengembangan Profesi (LITBANG). Kunjungan Ilmiah (KI) 2019 mengangkat tema “Expand Your Experience to Prepare an Actual Work”. Yang mana kegiatan ini sebagai wujud dari pengimplementasiaantara ilmu yang mereka dapatkan selama di kelas perkuliahan dengan realita yang terjadi di lapangan.

Kunjungan pertama dilakukan pada Kawasan LAPAN yaitu, Pusat Teknologi Penerbangan (Pustekbang). Diskusi dibuka seperti biasa dengan studium generale/seminar  pada umumnya civitas dari Pustekbang menyambut rombongan dari Fisika UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Diskusi dibuka dengan antara lain penyampaian profil Pustekbang dan juga implementasi ilmu fisika dalam beberapa kegiatan penelitian di Pustekbang, seperti pengujian wing static test UAV dan uji drop test landing gear Pesawat N219 oleh Engineer Pustekbang, Aryandi Martha, S.T. Selain mendengarkan paparan profil Pustekbang, Mahasiswa juga melakukan kunjungan di beberapa Laboratorium di lingkungan Pustekbang. Salah satu yang menarik para mahasiswa diajak untuk melihat lab uji coba pesawat di pustekbang.

Selanjutnya rombongan HIMAFI UIN Syarif Hidayatullah Jakarta mendarat di Pusat Teknologi Roket (Pustekroket). Sebelumnya telah diajak untuk mengeksplorasi pengetahuan dan informasi di dunia penerbangan, maka dilanjutkan lagi dengan pengetahuan mengenai dunia roket. Sama halnya dengan sebelumnya rombongan tiba lalu mengikuti seminar mengenai penyampaian profil Pustekroket, mengupas lebih dalam tentang roket, sejarah, bahan bakar, tipe-tipe roket dan juga implementasi ilmu fisika dalam beberapa kegiatan penelitian di Pustekroket. Di pustekroket juga diajak untuk masuk kedalam Laboratorium Pembuatan Roket.

Kegiatan Kunjungan Ilmiah ini ditutup dengan sesi foto Bersama di lapan setelah berdiskusi tentang pengetahuan dan ilmu fisika yang ada didalam LAPAN serta telah berkunjung ke beberapa lab. Besar harapannya dari kegiatan kunjungan ilmiah ini “Semoga dapat memberikan gambaran dan contoh aplikasi penerapan ilmu fisika kepada mahasiswa baru dan sebagai sarana pemahaman mengenai ilmu fisika secara nyata kepada mahasiswa baru 2019”ujar Ai Rahmi Fauziah (Fisika 2017), selaku ketua pelaksana Kunjungan Ilmiah Fisika (KI) UIN Syarifhidayatullah Jakarta 2019.

Djunaedi Edday

Staf Admin Fakultas Sains dan Teknologi

You may also like...