Kunjungan ke PT. Anabatic

Foto Bersama di depan Gedung PT. Anabatic

Mahasiswa Teknik Informatika UIN Jakarta melakukan kunjungan ke berbagai perusahaan guna untuk memperluas pengetahuan mahasiswa yang tak hanya sebatas teori di kampus, namun juga pengalaman untuk merasakan secara langsung ketika teori tersebut diimplementasikan pada kehidupan nyata. Salah satu nya dengan mengadakan beberapa kegiatan kunjungan perusahaan ke beberapa perusahaan besar nasional maupun internasional. Dengan harapan mahasiswa mampu memahami kondisi di kampus dan di lapangan kerja.

Kunjungan ini dilakukan ke salah satu perusahaan IT yaitu PT. Anabatic yang mana perusahaan tersebut masuk 5 besar perusahaan TI Indonesia yang alamatnya di Graha Anabatic Jl. Scientia Boulevard Kav U2 Summarecon Serpong Tangerang, Banten – Indonesia.  Kegiatan ini diilaksanakan pada 18 April 2019 yang diikuti oleh Mahasiswa semester 6 serta dihadiri oleh Kaprodi dan Dosen Teknik Informatika.

Sesampai di lokasi kunjungan, mahasiswa langsung diarahkan ke ruangan seminar untuk penjelasan materi. Selama seminar, dipaparkan sedikit penjelasan mengenai  profil dari PT. Anabatic yang dijelaskan oleh perwakilan dari perusahaan.

Tak hanya itu, Mahasiswa juga dijelaskan mengenai Cost and Impact Analysis in Sofware Development yang diisi oleh Bpk. Agung Coriandri sebagai Director – Cheif Technology officer PT. Aristi yaitu anak perusahaan dari Anabatic yang berfokus pada Software as a Service (SaaS).

Salah satu penjeasan dari Bpk Agung yang penting yaitu “pendiri bangsa bilang bahwasannya Koperasi adalah soko guru perekonomian akan tetapi kenapa koperasi kok tidak berdaya?, banyak faktor, salah satunya adalah mereka yang tidak kita bantu secara teknologi, bahwasannya membuat aplikasi itu tak murah harganya.

Solusi dari PT. Aristi adalah kami membuat teknologi yang memang digunakan oleh bank-bank besar tapi kita sewakan sehingga koperasi di Indonesia ini lebih maju”.

Tak kalah penting, pembicara kedua yaitu Bpk. Eric Agustina dari PT. XSIS Mitra Utama dan juga anak perusahaan dari Anabatic. Dalam penjelasannya yaitu menjelaskan langkah-langkah menjadi developer, baik web, android dll. Bukan hanya itu saja, Bpk Eric ini juga memotivasi kepada mahasiswa agar tidak berkecil hati kalau belum bisa ngoding, terus belajar, jangan sampai menyerah.

Selain itu, beliau juga menawarkan Program Bootcamp for Fresh Graduate untuk siswa atau mahasiswa yang belum punya skill sehingga dengan adanya program ini membantu untuk siap kerja.

Tentunya dengan kunjungan tersebut mengharapkan kepada mahasiswa agar lebih semangat untuk karir masa depannya, dimulai dari PKL, Skripsi serta Projek mahasiswa di PT. Anabatic

Djunaedi Edday

Staf Admin Fakultas Sains dan Teknologi

You may also like...