LATIHAN KEPEMIMPINAN MAHASISWA (LKM)

HIMPUNAN MAHASISWA KIMIA (HIMKA) KABINET HARMONI MASA BAKTI 2019

FST UIN Jakarta – Sabtu-Minggu, Tanggal 9-10 November 2019 diadakan kegiatan Latihan Kepemimpinan Mahasiswa (LKM) oleh Himpunan Mahasiswa Kimia. Kegiatan ini merupakan salah satu alur kaderisasi bagi mahasiswa baru. Pada kegiatan ini mahasiswa baru angkatan 2019 akan diberikan materi seputar kepemimpinan dan organisasi. LKM secara keseluruhan dilaksanakan selama 2 hari di Villa Daarul Ikhlas, Ciputat, Tangerang Selatan.

Kegiatan LKM program studi kimia ini bertemakan “PROTON (Prepare The Leaders To Be Quality Organization )” dengan diketuai oleh Kenta Ragies Syukhairi. Panitia pelaksana kegiatan ini adalah mahasiswa dari Himpunan Mahasiswa Kimia angkatan 2017 dan 2018 yang telah dibentuk sebelumnya. Kegiatan ini bertujuan untuk memperkenalkan mahasiswa baru program studi kimia seputar kepemimpinan serta organisasi. Sehingga mahasiswa baru dapat memiliki pengetahuan lebih seputar organisasi untuk bekal mereka ketika akan terjun kedalamnya.

Sabtu, 9 November 2019 di pagi hari para peserta dan panitia LKM berkumpul terlebih dahulu di Lobby FST baru setelah itu berangkat bersama menuju lokasi. Sesampainya disana, peserta diarahkan oleh panitia untuk pembagian kamar dan merapihkan barang bawaanya. Setelah itu masuk ke acara inti yang sebelumnya dibuka oleh MC disertai dengan pembacaan tilawah, menyanyikan lagu wajib Indonesia Raya dan Hymne Himka, pembacaan tata tertib, pengenalan panitia dan sambutan-sambutan. Sambutan pertama oleh Ketua Pelaksana yaitu Kenta Ragies Syukhairi dan sambutan kedua oleh Ketua Himka yaitu Dimas Adi Nugroho.

Pengenalan Panitia Kepada Peserta LKM

Kemudian, kegiatan dilanjutkan dengan materi pertama yaitu kepemimpinan yang dibawakan oleh Pratiwi Nur Kinasih. Beliau merupakan Ketua Himka Kabinet Sinergis 2018. Pada materi ini, peserta diajarkan untuk memiliki public speaking yang baik serta bagaimana kita dapat memanajemen waktu yang terutama ketika nantinya kita akan mengikuti suatu organisasi.

Materi 1 oleh Pratiwi Nur Kinasih

 Materi kedua disampaikan oleh Roy Zulfikar. Beliau merupakan salah satu mahasiswa aktif Kimia angkatan 2015 yang sangat aktif di salah satu organisasi intra kampus yaitu Paduan Suara Mahasiswa (PSM) UIN Jakarta. Materi yang disampaikan berupa teknik persidangan yang seperti kita ketahui bahwa dalam organisasi ketika melakukan laporan pertanggung jawaban, umumnya dilakukan dengan persidangan. Untuk menambah soft skill dari para peserta, teknik persidangan ini tidak hanya disampaikan oleh Kak Roy dalam bentuk materi melainkan juga dengan simulasi persidangan. Hal ini dapat memudahkan peserta untuk semakin mengerti bagaimana teknik-teknik dari persidangan.

Materi 2 oleh Roy Zulfikar

Agar tidak bosan karena harus dijejali beberapa materi, sebelum berlanjut ke materi terakhir di hari pertama peserta melakukan games di lapangan yang sudah terlebih dahulu disiapkan oleh panitia. Games ini melatih daya ingat dan konsentrasi, kerjasama tim serta siap dengan konsekuensi permainan yang ada kalah dan juga menang. Walaupun hanya beberapa kelompok yang dapat memenangkannya, namun semua peserta sangat antusias mengikuti games ini.

Games Outdoor

Setelah games selesai, peserta melanjutkan materi ketiga. Pada materi ketiga ini peserta diperkenalkan seputar kesekretariatan dan kebendaharaan yang disampaikan oleh Sekretaris II Himka Kabinet Harmoni 2019 yaitu Siti Nurhaliza dan Bendahara II Himka Kabinet Harmoni 2019 yaitu Lailatul Badriah. Untuk memudahkan dan memperkuat pemahaman peserta soal kesekretariatan dan kebendaharaan, pemateri memberikan simulasi juga kepada peserta dengan memberikan contoh surat dan peserta akan mencari bagian mana dari surat tersebut yang salah. Untuk memberikan apresiasi kepada parapemateri, panitia telah menyiapkan sertifikat untuk pemateri dan diberikan setelah penyampaian materi selesai.

Sambil menunggu adzan magrib, peserta membersihkan diri dan menyiapkan untuk bertadarus selesai shalat magrib berjaamah. Dilanjutkan dengan shalat isya dan makan malam. Lalu acara selanjutnya adalah Himka Around The World. Acara ini dilakukan dengan masing-masing kelompok yang akan mendatangi post-post yang sudah disiapkan panitia. Diantaranya yaitu post kepemimpinan, PSDM, aspirasi dan pengetahuan akademik meliputi sistem pembelajaran, PKL, KKN sampai kelulusan mahasiswa kimia di UIN Jakarta. Setiap postnya akan ditemui mahasiswa-mahasiswa aktif kimia dari angkatan 2015 sampai 2018 yang akan memberikan informasi sesuai dengan postnya. Setelah semua post telah didatangi, peserta diperbolehkan untuk beristirahat tidur.

Keesokan harinya, Minggu 10 November 2019, peserta dibangunkan lalu diarahkan untuk shalat dan tadarus berjamaah dan dilanjutkan dengan senam dan games yang telah disiapkan panitia. Baru setelah itu peserta mandi dan disiapkan untuk materi keempat. Materi keempat yaitu keterampilan komunikasi yang disampaikan oleh Ismi Nurahmawati. Beliau merupakan salah satu alumni Kimia UIN Jakarta. Pada materi keterampilan komunikasi ini, Kak Ismi menyampaikan seputar teknik lobbying dan negosiasi serta berpikir kritis kepada para peserta. Sama seperti pemateri-pemateri sebelumnya, untuk memperkuat materi yang diberikan peserta akan diarahkan untuk menyelesaikan salah satu studi kasus. Hal ini dapat membuat peserta semakin memahami aplikasi-aplikasi dari semua materi yang telah disampaikan oleh pemateri. Materi keempat ini sekaigus adalah materi terakhir pada LKM 2019.

Materi 4 oleh Kak Ismi

Semua materi telah selesai diberikan, acara dilanjut dengan games terakhir. Pada games ini peserta diberikan sebuah kertas yang berisikan clue untuk menyelesaikan permainan. Clue tersebut telah disebar oleh panitia sebelumnya di berbagai tempat di sekitar villa. Diperlukan kerja sama tim yang baik serta pemahaman untuk memecahkan teka-teki yang diberikan. Walaupun sedikit sulit, namun peserta terlihat sangat menikmati games tersebut sampai akhirnya teka-tekinya bisa terpecahkan.

Sampai di penghujung acara, sebelum pulang dilakukan sesi foto bersama oleh peserta dan panitia, bersih-bersih, makan siang dan shalat dzuhur. Setelah itu peserta dan panitia kembali ke UIN Jakarta dan pulang ke rumah masing-masing. Dari serangkaian acara yang disiapkan oleh panitia, diharapkan semua peserta dapat memahami dan mengaplikasikannya dikemudian hari.

Djunaedi Edday

Staf Admin Fakultas Sains dan Teknologi

You may also like...