MELTING CLASS 2

FST UIN Jakarta: Melting Class 2  dilaksanakan pada tanggal 13 September 2018. Melting Class sendiri merupakan wadah untuk mahasiswa mempresentasikan project atau karyanya dan sebagai tempat untuk berbagi ilmu pengetahuan antar lintas keprofesian yang ada di Fakultas Sains dan Teknologi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, sehingga antar jurusan pun  bisa mengetahui apa saja ilmu yang diajarkan di jurusan lain. Hal itu  pun akan menambah wawasan dan pengetahuan yang baru, tidak hanya menguasai jurusan sendiri. Sebelum melakukan Melting Class 2, terlebih dahulu telah dilaksanakan Melting Class yang pertama yaitu pada tanggal 03 Mei 2018 dengan topik teknologi dan diisi oleh pemateri mahasiswa yang berasal dari 4 jurusan yaitu Sistem Informasi, Matematika, Fisika, dan Teknik Informatika. Selain mahasiswa yang mempresentasikan projectnya, ada juga seorang ahli yang memberikan materi mengenai teknologi, lebih spesifiknya ahli di bidang data science, yaitu Pak Taufik yang juga seorang dosen tetap jurusan matematika.

Topik yang diambil di Melting Class 2 adalah Lingkungan dengan pemateri yang berasal dari jurusan terkait, yaitu jurusan Biologi, Agribisnis, Teknik Pertambangan, dan Kimia dengan 2 mahasiswa yang mempresentasikan dari tiap jurusan. Melting Class 2 dimulai pada pukul 10.40 WIB dengan diawali oleh sambutan-sambutan yang terdiri dari ketua pelaksana, ketua DEMA Fakultas Sains dan Teknologi, dan Dekan Fakultas Sains dan Teknologi. Setelah itu langsung dilanjutkan dengan presentasi project mahasiswa yang terbagi menjadi 2 sesi karena Melting Class mengusung konsep talkshow. Dimana yang mempresentasikan project pada sesi 1 berasal dari mahasiswa Agribisnis & Biologi dan sesi 2 dari mahasiswa Kimia dan Teknik Pertambangan.

Selain dari pemateri yang berasal dari mahasiswa, Melting Class 2 juga menghadirkan lagi pembicara yang merupakan seorang ahli, yaitu Bu Hendrawati yang merupakan ahli di bidang kimia lingkungan sekaligus seorang dosen tetap di jurusan kimia. Beliau menyampaikan materi tentang sampah. Materi yang diberikan sangat rinci membahas tentang apa itu sampah, jenis-jenis sampah, dan memberikan data-data terkait tentang sampah yang ada saat ini. Selain itu juga memberi tahu bagaimana cara mengelola sampah agar jumlah sampah yang jumlahnya sangat banyak menjadi berkurang dan malah bisa menghasilkan manfaat. Tidak hanya pemberian materi saja, tetapi terdapat sesi tanya jawab bagi peserta yang ingin mengetahui lebih banyak dari materi yang diberikan.

Djunaedi Edday

Staf Admin Fakultas Sains dan Teknologi

You may also like...