MELTING CLASS

FST UIN JKT – 23 MEI 2019; Telah dilaksanakan kegiatan Melting Class pada tanggal 23 Mei 2019. Melting Class adalah salah satu program kerja dari Departemen Penelitian dan Pengembangan Keprofesian (Litbangprof) Dewan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Sains dan Teknologi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Melting Class sendiri adalah singkatan dari Meeting dan Learning Class, dimana selain untuk Meeting atau menjalin silaturahmi antara Litbangprof DEMA FST dengan Litbangprof 8 himpunan yang ada di Fakultas Sains dan Teknologi, juga sebagai wadah untuk Learning atau belajar, yaitu saling bertukar ilmu dan ide antar lintas keprofesian.

Melting Class rutin diadakan setiap tahunnya dan pada tahun ini mengambil tema lingkungan dengan terfokus pada sampah. Melting Class merupakan wadah untuk menuangkan ide dan gagasan yang dimiliki oleh masing-masing himpunan dalam menangani masalah sampah di Fakultas Sains dan Teknologi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta sesuai dengan bidang keprofesiannya, maka dari ide-ide tersebut nantinya akan diimplementasikan setidaknya untuk mengurangi jumlah sampah yang menumpuk. Tujuan diadakannya kegiatan Melting Class adalah untuk meningkatkan budaya diskusi dan melatih mahasiswa dalam berbicara serta mengeluarkan ide dan pendapat, serta menciptakan inovasi baru dan bisa dikembangkan ke dalam suatu penelitian, dan yang terpenting adalah untuk mempererat tali persaudaraan antar mahasiswa di Fakultas Sains dan Teknologi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Penyampaian materi dilakukan tidak hanya oleh mahasiswa, melainkan oleh Dekan Fakultas Sains dan Teknologi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dan perwakilan dari BATAN (Badan Tenaga Nuklir Nasional).

Pertama, pemberian materi oleh Dekan Fakultas Sains dan Teknologi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta terkait sampah. Beliau menjelaskan jenis-jenis sampah, realita yang terjadi saat ini yaitu sampah yang jumlahnya sangat banyak, serta apa saja cara untuk menangani sampah.

Dekan FST UIN Jakarta ( Prof. Dr. Lily Surayya Eka Putri M,Env.Stud) Memberikan Sambutan dan Materi pada Acara Melting Class

Kedua, pemaparan ide oleh 8 Himpunan Fakultas Sains dan Teknologi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta yaitu Matematika, Fisika, Biologi, Kimia, Sistem Informasi, Teknologi Informasi, Teknik Pertambangan, dan Agribisnis. Kedelapan himpunan ini memaparkan ide serta gagasannya dalam menangani sampah sesuai dengan keprofesian mereka masing-masing. Ide yang mereka berikan sangat beragam dan nantinya akan diimplementasikan untuk mengurangi jumlah sampah di Fakultas Sains dan Teknologi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Perwakilan Himupunan Fisika

Terakhir, pemberian materi oleh BATAN (Badan Tenaga Nuklir Nasional). Materi disampaikan oleh salah satu ahli dari BATAN yang membahas tentang kegunaan teknologi nuklir dalam pembuatan plastik ramah lingkungan. Pihak BATAN juga mendemokan dan memberikan contoh nyata dari produk buatannya terkait plastik ramah lingkungan. BATAN juga akan berkolaborasi dan membantu Fakultas Sains dan Teknologi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dalam upaya mengurangi jumlah sampah serta menjadikan sampah memiliki nilai dan manfaat.

Penyampaian materi oleh Perwakilan BATAN

Djunaedi Edday

Staf Admin Fakultas Sains dan Teknologi

You may also like...