Saintek News (07/10/2022) Program Studi Kimia bersama Himpunan Mahasiswa Kimia Departemen Penelitian dan Pengembangan Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta mengadakan Seminar Pelatihan Proposal dengan tema “Mempersiapkan Kompetensi Mahasiswa/I Dalam Menyusun Proposal Penelitian”  yang dikhususkan untuk Mahasiswa/I semester 7 angkatan 2019. Dilakukan bertujuan agar mahasiswa dapat mengetahui sistematika penulisan proposal. Ketua Himpunan Mahasiswa Kimia dan Ketua Prodi Kimia turut hadir dalam acara seminar ini. Narasumber acara seminar pelatihan proposal kali ini ialah Dr. Yusraini Dian Inayati, M Si. Bertempat di Ruang Teater FST Lantai 4 Jum’at (7/10/2022).

Acara kegiatan dimulai pukul 13.35 WIB. Diawali pembukaan acara dipimpin oleh Selah dari mahasiswa angkatan 2021, lalu dilanjutkan dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an oleh Nabilah Amanda Kusuma dari angkatan 2021. Kemudian dilanjutkan oleh sambutan ketua pelaksana oleh Dita Aini, sambutan Ketua Himka oleh Rafi Naufaldi Haykal. Kemudian dilanjutkan sambutan Bapak La Ode Sumarlin selaku Ketua Program Studi Kimia dimana beliau menyampaikan kepada para mahasiswa agar saat menulis proposal penelitian tetap melihat panduan dalam menulis, jangan mengacu dan melihat laporan sebelumnya, dan pengajuan proposal penelitian di awal waktu.

Pemaparan materi disampaikan oleh narasumber yaitu Ibu Yusraini Dian Inayati. Dalam pemaparannya disampaikan “dalam seminar proposal harus diperhatikan panduan penulisan proposal. Penulisan karya ilmiah pada umumnya pendahuluan, tinjauan pustaka, metode penelitian, hasil dan pembahasan, daftar pustaka. Dalam pembuatan karya ilmiah tidak boleh bertele-tele, dan diharapkan mahasiswa dapat mempublikasikan karya ilmiah seluas-luasnya. Dalam penulisan karya ilmiah juga terdapat etika penulisan, salah satunya yaitu dihindari plagiarisme dimana mahasiswa diwajibkan untuk parafrase dengan pengecekan plagiarisme max 30 persen. Penulisan bab pendahuluan berisi mengenai latar belakang, rumusan masalah, hipotesis, tujuan penelitian, manfaat penelitian. Bab tinjauan pustaka dimana penjabaran disesuaikan dengan keyword penelitian yang dituju. Metode penelitian yang biasanya berisi mengenai jenis penelitian, sampel, variabel, instrumen penelitian. Lalu data pembahasan mengenai penjabaran dari hasil penelitian yang sudah diperoleh. Serta bab daftar pustaka yaitu acuan referensi dari penelitian yang dilakukan”.

Dilanjutkan dengan sesi tanya jawab setelah penyampaian materi selesai dari narasumber. peserta seminar sangat antusias mengajukan pertanyaan seputar isi proposal mengenai banyaknya isi pada tinjauan pustaka dan pembahasan, bagaimana bimbingan yang efektif melalui softfile atau hardfile, mengenai apakah ada biaya penelitian, dan bagiamana cara sitasi yang baik.

Sebelum ditutup sesi diskusi, moderator menyerahkan sertifikat kepada narasumber secara simbolis sebagai ucapan terimakasih dan penghargaan bagi narasumber. Dan seminar pelatihan proposal ditutup dengan pembacaan doa dan mengabadikan foto bersama. (himka/admin)