Modifikasi Permukaan Nanopartikel

Studium General Prodi Kimia

Prof. Dr. Lily Surayya Eka Putri, M. Env. Stud: Dekan Fakultas Sains dan Teknologi 2019-2023
Foto bersama setelah kegiatan Studium General dengan tema “Modifikasi Permukaan Nanopartikel, Kestabilan dan Aplikasinya”

Rabu, 10 April 2019 Program Studi Kimia, Fakultas Sains dan Teknologi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta mengadakan Studium General dengan tema “Modifikasi Permukaan Nanopartikel, Kestabilan dan Aplikasinya” yang diisi oleh Prof. Dr. Yoki Yulizar, M.Sc dari Universitas Indonesia. Beliau merupakan peneliti yang berfokus pada nanopartikel. Studium General tersebut dihadiri oleh Prof. Dr. Lily Surayya Eka Putri, M. Env. Stud selaku Dekan Fakultas Sains dan Teknologi, dosen-dosen serta  mahasiswa program studi kimia.

Prof. Dr. Lily Surayya Eka Putri, M. Env. Stud: Dekan Fakultas Sains dan Teknologi 2019-2023
Dekan Fakultas Sains dan Teknologi (Prof. Dr. Lily Surayya Eka Putri, M. Env. Stud)  Menyerahkan Cinderamata kepada Prof. Dr. Yoki Yulizar, M. Sc

Dari Studium General ini didapatkan kesimpulan;    

  1. Pengamatan langsung dan tidak langsung spesies antar muka cair – cair berhasil diamati. Kompleksasi, agregasi kompleks, konsentrasi spesies antar muka, orientasi molekul, ion asosiasi, reduksi antar muka, kinetika dan mekanisme reaksi antar mukaPembentukan, pertumbuhan, kestabilan, rekayasa non partikel logam, oksida, polimer, komposit telah dilakukan baik dengan menggunakan chemicals maupun bahan kimia alam dan diaplikasikan sebagai absorben, sistem penditeksi, katalis dalam sistem koloid. Modifier yang digunakan non partikel logam, oksida logam, polimer (alam dan sintesis), ligan, surfaktan.
  2. Modifikasi permukaan padat (zeolit, bentonit, oksida logam, arang aktif, polimer, komposit) menggunakan modifiernano partikel logam, oksida logam, polimer (alam dan sintesis), ligan, surfaktan berhasil dilakukan, dan diaplikasikan sebagai absorben separation, sistem deteksi, katalis (fotoktalis, termal katalis).         
Prof. Dr. Yoki Yulizar, M.Sc (Dosen Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam UI) sedang memberikan penjelasan Modifikasi Permukaan Nanopartikel, Kestabilan dan Aplikasinya

Acara Stadium General  yang diselenggarakan di teater lantai 2 Fakultas Sains dan Teknologi berlangsung lancar tanpa kendala serta mendapat antusiasme tinggi dari peserta Studium General tersebut. Tentunya, dengan diadakannya Studium General ini diharapkan dapat menambah ilmu dan wawasan serta bermanfaat bagi peserta untuk kedepannya.

Organized By DepKominfo Kabinet Sinergis

#HimkaUINJakarta

#HimkaKabinetHarmoni

#StudiumGeneralKimia

#WeAreChemistryWeAreFamily

Djunaedi Edday

Staf Admin Fakultas Sains dan Teknologi

You may also like...