Musyawarah Perwakilan Mahasiswa Fakultas Sains dan Teknologi (MPMF) 1

FST UIN JAKARTA – 21 MEI 2019. Telah diselenggarakan acara Musyawarah Perwakilan Mahasiswa Fakultas Sains dan Teknologi (MPMF) 1 merupakan program kerja yang diselenggarakan oleh Senat Mahasiswa Fakultas Sains dan Teknologi satu kali dalam setiap satu periode jabatan yang dihadiri oleh masing – masing perwakilan Organisasi Kemahasiswaan (OK) FST.

MPMF 1 2019 kali ini dengan tagline“Satu Langkah Menuju Fakultas Sains dan Teknologi yang Produktif, Demokratis, dan Kreatif” telah diselenggarakan selama 2 hari yakni pada Hari Senin dan Selasa/ 13 & 14 Mei 2019 di Teater Lantai 2 FST UIN Syarif Hidayatullah Jakarta untuk membahas serta menetapkan pedoman – pedoman yang mengatur Organisasi Kemahasiswaan (OK) yang ada di FST UIN Syarif  Hidayatullah Jakarta, baik Senat Mahasiswa (SEMA), Dewan Eksekutif Mahasiswa (DEMA), Himpunan Mahasiswa Jurusan/ Program Studi (HMJ/ HMPS) maupun Organisasi Peminatan dan Keilmuan (OPK).

Terdapat enam pedoman yang dibahas dan ditetapkan dalam MPMF 1 tahun 2019 ini, di antaranya Pedoman Organisasi Kemahasiswaan, Pedoman Administrasi dan Kesekretariatan, Pedoman Atribut, Pedoman Pelaksanaan Kegiatan,  Pedoman Kaderisasi, dan Pedoman Pengawasan.

Kegiatan ini diawali dengan sambutan oleh Ketua Pelaksana MPMF 1 2019, Novia Suryani lalu Ketua SEMA FST 2019, Nurdiah Safitri kemudian dilanjutkan dengan sambutan Wakil Dekan III Bidang Kemahasiswaan Dr. Fahma Wijayanti, M.Si.

Pada hari pertama yaitu Senin, 13 Mei 2019 membahas perihal tiga pedoman yaitu Pedoman Organisasi Kemahasiswaan dimana pedoman ini bertujuan untuk menjelaskan fungsi, tugas, dan wewenang Organisasi Kemahasiswaan Fakultas Sains dan Teknologi. Kemudian Pedoman Administrasi dan Kesekretariatan yang memberikan acuan bagi OK FST agar terwujudnya keseragaman dan tata tertib dalam melaksanakan administrasi dan kesekretariatan. Lalu yang ketiga adalah mambahas Pedoman Atribut yang bertujuan untuk mendeskripsikan mekanisme pengesahan atribut OK FST.

Selanjutnya di hari kedua, Selasa 14 Mei 2019 dilanjutkan membahas tiga pedoman lainnya, yaitu Pedoman Pelaksanaan Kegiatan yang bertujuan untuk menerangkan mekanisme pelaksanaan kegiatan OK FST. Lalu Pedoman Pelaksanaan Pengawasan Senat Mahasiswa kepada OK FST yang menerangkan fungsi, tujuan, dan mekanismenya. Terakhir yakni Pedoman Kaderisasi sebagai acuan dasar yang mengatur mekanisme pelaksanaan alur kaderisasi Organisasi Eksekutif di lingkungan Fakultas Sains dan Teknologi.

Diharapkan setelah diselenggarakan MPMF 1 2019 ini dapat menghasilkan aturan/ pedoman/ produk hukum yang adil serta demokratis dalam mengatur hal – hal yang berkaitan dengan Organisasi Kemahasiswaan dalam lingkup Fakultas Sains dan Teknologi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Viva Legislativa!

Djunaedi Edday

Staf Admin Fakultas Sains dan Teknologi

You may also like...