Olimipiad of Chemistry for Infinity

FST UIN JAKARTA – Sabtu, 19 Oktober 2019, Program studi kimia dari Himpunan Mahasiswa Kimia UIN Syarif Hidayatullah Jakarta melaksanakan Program kerja Olefin dari Divisi Litbang. Acara Olefin ini bertempat di teater lantai 4 fakultas sains dan teknologi. Target utama dalam kegiatan ini adalah siswa/i SMA/SMK sederajat, dan telah diikiuti oleh 39 siswa dari 14 sekolah. Adapun tujuan dari Olefin ini adalah memperkenalkan Program Studi Kimia kepada siswa SMA sederajat se-JABODETABEK dan Banten serta masyarakat, mendorong minat siswa SMA sederajat se-JABODETABEK dan Banten untuk menuntut ilmu lanjutan diprogram studi kimia FST UIN Jakarta dan mengembangkan pendidikan dibidang sains terutama Kimia.

OLEFIN FST UIN JAKARTA 2019

Persiapan acara dilakukan sejak pukul 05.45 WIB kemudian dilakukan registrasi peserta pada pukul 06.00 (06.15) WIB. Acara dimulai pukul 07.45 dengan pembukaan kemudian dilanjutkan dengan pembacaan ayat suci al-qur’an. Kemudian dilanjutkan dengan menyanyikan lagu indonesia raya, sambutan dari Ketua Pelaksana Faishal Rifqi Firdaus, sambutan dari Ketua HIMKA Dimas Adi Nugroho dan sambutan Ketua Prodi Kimia Dr. La Ode Sumarlin. Selanjutnya pembacaan peraturan yang dibacakan oleh koordinator acara, Alhady Nareswara Candraditya.

Setelah itu pembagian soal dan pengerjaan babak 1 atau babak penyisihan dengan waktu 1 jam 30 menit. Selesai babak penyisihan dilanjutkan dengan pengenalan prodi yang disampaikan oleh Ketua HIMKA dan Menteri Departemen Litbang HIMKA Didik Sodikin. Kemudian pemberian makan siang untuk para peserta dan pembimbingnya serta penayangan video dari sponsor, Nurul Hayat dan Eco Racing. Selanjutnya hiburan dengan penampilan musik dari Departemen Minbak HIMKA. Babak penyisihan ini diambil 15 orang peserta dengan nilai terbaik, diantaranya :

  1. Sylvia Dwi Indriani
  2. Akbar Febry W. A.
  3. Nicholas J. A.
  4. Hanif Muhammad Zhafran
  5. Zidan Insafauzi
  6. Ipak Ismi Ridha
  7. Salsabila Azzahra W.
  8. Helmi Abdullah Faza
  9. Fika Khoiriyah Nurfajar T.
  10. Harika Lucia Agnes Matondang
  11. Fikri Ilham Arifin
  12. FikaAditya Syabani
  13. Alya Rahmah Widodo
  14. Arifaturrohmah

Peserta yang lulus dalam babak penyisihan merasa senang dan melanjutkan ke babak semi final, Peserta yang tidak lulus ada beberapa yang  pulang dan beberapa lagi menunggu temannya melanjutkan babak semifinal. Soal Olefin pada Babak Semifinal dikerjakan dalam waktu 1 jam. Babak semifinal dimenangkan oleh 5 orang yang kemudian akan maju ke babak final, peserta semakin antusias untuk mengikuti LCC atau cerdas cermat. Dalam LCC diambil 5 orang teratas, yaitu:

  1. Antama Andoni Alkautsar
  2. Akbar Febry W. A.
  3. Hanif Muhammad Zhafran
  4. Zidan Insafauzi
  5. Nicholas J. A.

Terdapat 2 babak dalam LCC , yang pertama babak nilai konstan, yang kedua babak nilai poin variasi kemudian dimenangkan oleh 3 pemenang, yaitu:

  1. Nicholas J. A. dari SMA Kharisma Bangsa
  2. Akbar Febry W. A.dari SMA Kharisma Bangsa
  3. Antama Andoni Alkautsardari SMA Cahaya Rancamaya

Setelah pengumuman, peserta yang menang mendapatkan hadiah dan acara ditutup dengan sesi foto. Acara selesai pukul 14.58 lebih cepat dari yang telah diperkirakan dalam rundown, acara terlaksana dengan baik dan lancar. Selamat kepada Para pemenang.

Foto panitia Bersama dengan peserta yang lolos pada babak 15 besar
Foto Bersama panitia beserta pemenang lomba
Foto Pemenang Lomba bersama Para Juri

ʺ Acaranya bagus, bisa menambah wawasan kita. Soalnya tidak terlalu sulit, tapi tetap ada yang sulit. Ada rencana kuliah di UIN dan mengambil jurusan kedokteran.

-Amanda Putri dari MA Islamiyah

ʺ Tau perlombaan dari Instagram. Ingin mengikuti lomba ini karena ingin menambah pengalaman dan ingin mencari uang. Acaranya seru, babak – babaknya menegangkan. Pesannya semoga lebih baik lagi kedepannya.

-Zidan Insan Fauzi dari SMAN 4 Bekasi

Djunaedi Edday

Staf Admin Fakultas Sains dan Teknologi

You may also like...