OSSAKA 2019 (Olimpiade Sains dan Seminar Fisika)

Hadir Kembali Mengajak Mengenal Lebih Dekat Pentingnya Teknologi Bidang Fisika di Era Revolusi 4.0

FST UIN JAKARTA – Himpunan Mahasiswa Fisika (HIMAFI) UIN Syarif Hidayatullah Jakarta kembali menyelenggarakan rangkaian acara OSSAKA 2019. Seperti dengan kepanjangan dari Namanya: Olimpiade Sains dan Seminar Fisika atau disingkat menjadi OSSAKA terdiri dari tiga serangkaian acara yaitu Olimpiade Sains Fisika, Seminar Sains Fisika dan Pameran Science Project. OSSAKA merupakan kegiatan Tahunan yang menitik beratkan pada bidang penelitian dan pengembangan profesi untuk masyarakat khususnya untuk seorang pelajar dan mahasiswa di Indonesia.

Pada Sabtu (14/09/19) diadakannya satu dari serangkaian OSSAKA 2019 yaitu, babak penyisihan Olimpiade Sains Fisika dengan tema “Genggam Prestasi, Wujudkan Mimpi untuk Kemajuan Negeri”. Bertempat di Teater Lantai 2 Fakultas Sains Teknologi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Wakil Dekan III Bidang Kemahasiswaan, Ibu Dr. Fahma Wijayanti resmi membuka serangkaian kegiatan acara OSSAKA 2019 yaitu Olimpiade Sains Fisika.

Foto bersama Wakil Dekan III Bidang Kemahasiswaan (Ibu Dr. Fahma Wijayanti) Theater Lt. 2 FST UIN Jakarta

Sebanyak 36 Siswa dan siswi tingkat SMA/Sederajat dari 12 sekolah yang telah terdaftar datang dengan mengepal semangat membara untuk menghadapi soal Olimpiade Sains Fisika OSSAKA 2019. Keduabelas tim yang datang merupakan perwakilan dari 11 Sekolah yang telah mendaftar yaitu: MA Kafila, SMAN 3 Tangerang Selatan, SMANU M.H. Thamrin , MAN 3 Jakarta, SMA Kharisma Bangsa, SMAN 1 Leuwiliang, SMA Global Mandiri, MAN 5 Bogor, MAN 1 Kota Tangerang Selatan dan  SMA Mutiara Islami Plus. Hadir pula guru pembimbing  dari 12 tim sekolah  yang mengikuti Olimpiade Sains Fisika OSSAKA 2019.

“Menurut saya bagus sekali dengan diadakannya olimpiade seperti ini, Melatih untuk anak-anak didik lebih merasakan perjuangan sendiri karena yang ngerjain soal olimpiade kan mereka saya hanya membantu dengan porsi saya yang miliki. Jadi pesan saya berjuang untuk di masa datang yang lebih baik dengan perjuang sendiri tanpa bantuan orang lain adalah harga mahal dibanding yang lain”. Ujar Ibu Widjaya selaku Guru Pembimbing SMAN 1 Leuwiliang Bogor.

Serangkaian acara selanjutnya adalah Seminar Sains Fisika dan Pameran Science Project dalam satu waktu. Serangkaian Acara tersebut berlangsung pada hari Sabtu, 21 September 2019 di Auditorium Harun Nasution UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Seminar Sains Fisika OSSAKA 2019 mengusung tema “Space Exploration” dihadiri oleh 250 peserta seminar dari berbagai kalangan masyarakat.

Seminar Sains Fisika OSSAKA 2019 dibagi menjadi dua sesi seminar dan dilanjutkan sesi talkshow. Pada sesi pertama, HIMAFI UIN Syarif Hidayatullah Jakarta mengundang Bapak Riser Fahdiran, M.Si selaku Penasihat Himpunan Astronomi Amatir Jakarta (HAAJ) dan Dosen serta peneliti di Fisika Universitas Negeri Jakarta (UNJ). Sesi ini mengangkat topik “Is It Possible to Find Another Planet to Live?”. Membahas beberapa kemungkinan yang harus dimiliki oleh sebuah planet untuk bisa ditinggali oleh sebuah makhluk hidup khususnya  manusia selain planet bumi. Sedangkan pada sesi kedua dihadirkan Bapak Prof. Dr. Anto Sulaksono, M.Si. selaku Dosen dan Peneliti di Departemen Fisika Universitas Indonesia (UI) membahas mengenai “Effect of Scalar Boson on Fermionic Dark Stars”.

Dilanjutkan dengan sesi talkshow dengan mengangkat topik “Peran Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN)”, dihadirkan Bapak Prof. Dr. Thomas Djamaluddin, M.Sc selaku Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN). Pada sesi ini membahas peran Lembaga kedirgantaraan amat sangat penting di era revolusi Industri 4.0.

Selain serangkaian acara dari seminar sains fisika yang sangat menambah wawasan mengenai astrofisika. OSSAKA 2019 juga turut menghadirkan Pameran Science Project. Pameran ini diikuti oleh berbagai Lembaga professional pemerintah yang khususnya bergerak dibidang penelitian seperti; LIPI, BATAN, LAPAN, BMKG, dan komunitas-komunitas yang bergerak dibidang astrofisika seperti HAAJ, dan KOMMUN serta mahasiswa aktif Fisika UIN Jakarta.

Setelah serangkaian acara seminar Sains Fisika dan Pameran Science Project selesai dilanjutkan dengan konten kegiatan lainnya yaitu Final Olimpiade Sains Fisika. Mengangkat konsep Lomba Cerdas Cermat tiga finalis beradu cepat dalam menjawab soal cerdas cermat olimpiade sains Fisika. Pada hasil Final Olimpiade Sains Fisika, SMA Kharisma Bangsa keluar sebagai Juara 1 di Olimpiade Sains Fisika 2019. Mungkin tidak banyak yang tahu SMA Kharisma Bangsa menjadi juara 1 di Olimpiade Sains Fisika tahun sebelumnya. Dilanjut dengan SMAN Unggulan M.H. Thamrin sebagai Juara 2 dan MA Kafila sebagai Juara 3 di Olimpiade Sains Fisika 2019.

Setelah serangkaian acara OSSAKA 2019 berjalan dengan baik diharapkan dapat menjadi wadah untuk generasi penerus bangsa untuk mengembangkan potensinya dalam bidang sains fisika didalam kemajuan teknologi pada masa kini. Selain itu mengajak masyarakat umum, civitas akademika pergurusn tinggi khususnya Fisika Fakultas Sains dan Teknologi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta untuk membuka wawasan ilmiah mengenai kemajuan teknologi fisika pada masa sekarang. Olimpiade Seminar Sains Fisika (OSSAKA) 2019 juga sebagai bentuk cara sebagaimana seorang saintis punya caranya sendiri untuk tidak apatis terhadap kemajuan negeri.

Djunaedi Edday

Staf Admin Fakultas Sains dan Teknologi

You may also like...