Panen Raya Kebun Agri Laboratorium Agribisnis Fakultas Sains dan Teknologi

Saintek News (8/6) – Fakultas Sains dan Teknologi (FST) UIN Jakarta mempunyai beberapa Program Studi diantaranya adalah Agribisnis. Setiap program studi mempunyai laboratorium untuk mendukung kegiatan belajar mengajar termasuk Kebun Agri yang merupakan salah satu Laboratorium Agribisnis.

Kebun ini terpisah tempat dari kampus utama FST UIN Syarif Hidayatullah Jakarta yang berlokasi di Lahan dekat Puri Intan jalan Kertamukti Kampus 2 UIN Jakarta. Kebun Agri yang dikelola oleh Pusat Laboratorium Terpadu FST ini memiliki fasilitas diantaranya kebun percobaan, kultur jaringan, dan Green House.

Panen Kebun Agri PLT FST

Pada hari Senin (8/6/2020), Dekan FST Lily Surayya Eka Putri ditemani semua Wakil Dekan, Kepala Bagian TU, Kepala Sub Bagian, Pimpinan Prodi Agribisnis serta beberapa Pranata Laboran mengadakan panen raya di Kebun Agri diantaranya semangka, cabai, tomat, dan singkong.

Lily mengharapkan agar lahan Kebun Agri yang tidak terlalu luas ini bisa dimanfaatkan secara maksimal. “Bisa Kerjasama dengan Prodi Biologi untuk kultur jaringan, atau dengan Prodi Teknik Informatika dan Fisika untuk membuat sensor urban farming dengan teknologi IoT”, harapan Guru Besar Biologi ini.

Wakil Dekan Akademik FST Nashrul Hakiem segera merespon harapan tersebut dan akan koordinasi dengan Prodi terkait. Sebagaimana diketahui bahwa Prodi Teknik Informatika ada konsentrasi Rekayasa Komputer sedangkan Prodi Fisika juga ada konsentrasi Elektronika Instrumentasi sesuai dengan bidang minat riset tentang Robotika yang bisa mengadopsi harapan tersebut.

Kepala Bagian Tata Usaha FST Encep Dimyati juga mempunyai angan lainnya lagi. “UIN Jakarta mempunyai lahan yang sangat luas di Cikuya, seandainya FST bisa mengelola tidak hanya untuk praktikum Biologi atau Teknik Pertambangan saja bahkan juga untuk lahan perkebunan, pertanian, dan perikanan, kita bisa mengajukan ke Pimpinan untuk memanfaatkannya sekitar dua hektar agar lebih produktif”, timpalnya. (NlH)

You may also like...