PBAK 2019 HIMPUNAN MAHASISWA KIMIA (HIMKA) KABINET HARMONI MASA BAKTI 2019

Pada Hari Senin hingga Kamis, tepatnya tanggal 26-29 Agustus 2019 diadakan kegiatan Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK) di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, yang merupakan salah satu alur kaderisasi bagi mahasiswa baru. Kegiatan ini memperkenalkan lingkungan, budaya, dan akademik di perguruan tinggi kepada mahasiswa baru UIN Syarif Hidayatullah Jakarta yang diselenggarakan setiap tahun ajaran baru. PBAK secara keseluruhan dilaksanakan selama 4 hari, baik di tingkat jurusan hingga universitas. Pelaksanaan PBAK Jurusan dilaksanakan pada Hari Senin, 26 Agustus 2019 dan Kamis, 29 Agustus 2019.

Pengenalan anggota HIMKA kepada mahasiswa baru

Kegiatan PBAK program studi kimia bertemakan “KIRALITAS (Kimia Raih Solidaritas)” dengan diketuai oleh Riyan Ardhiansyah.  Pelaksana kegiatan ini adalah seluruh panitia PBAK 2019 dari Himpunan Mahasiswa Kimia angkatan 2018 yang telah dibentuk sebelumnya oleh Departemen PSDM. Kegiatan ini bertujuan untuk memperkenalkan mahasiswa baru program studi kimia dengan lingkungan baru yang ada di perguruan tinggi dan juga melaksanakan sosialisasi tentang proses pembelajaran di perguruan tinggi. Sehingga mahasiswa baru dapat memiliki pengetahuan tentang UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, khususnya di Program Studi Kimia Fakultas Sains danTeknologi.

Pada Hari Senin, 26 Agustus 2019 dilaksanakan gladiresik PBAK Kimia 2019 pukul 14.30 sampai 16.00 WIB. Karena waktu yang diberikan cukup singkat, kegiatan gladiresik hanya diisi dengan dua kegiatan yaitu pengenalan HIMKA yang dipaparkan oleh BPH dan para menteri HIMKA dan penampilan kelompok oleh mahasiswa baru kimia. Adanya pemaparan materi pengenalan HIMKA ini bertujuan agar mahasiswa baru kimia angkatan 2019 mengetahui berbagai hal yang berkaitan dengan himpunan. Bagaimana struktur organisasinya, hingga berbagai program kerja yang disusun oleh tiap departemen, sehingga mereka dapat mengenal dengan baik HIMKA yang akan menjadi keluarga baru mereka di universitas.

Kemudian, kegiatan dilanjutkan dengan penampilan kelompok oleh mahasiswa baru kimia 2019, yang sebelumnya telah dibagikan oleh panitia. Ada yang menari, menyanyi, dan puisi berantai. Penampilan kelompok dibagi menjadi dua sesi. Sesi pertama di Hari Senin dengan penampilan sebanyak 6 kelompok dan 4 kelompok lainnya tampil di Hari Kamis.

Setelah 6 kelompok selesai memberikan penampilan, gladiresik PBAK Kimia ditutup dengan mobilisasi kembali ke lobby Fakultas Sains dan Teknologi untuk persiapan pulang kerumah masing-masing. 

Pada Hari Kamis, 29 Agustus 2019 dilaksanakan kegiatan PBAK Kimia 2019 yang dimulai pada pukul 08.00 hingga 13.30 WIB. Kegiatan diawali dengan mobilisasi dari lobby Fakultas Sains dan Teknologi menuju Pusat Laboratorium Terpadu untuk mengikuti kegiatan tourlab yang dipandu oleh pihak LMC. Tourlab ini merupakan inti acara dari kegiatan PBAK Kimia, karena pada kegiatan ini mahasiswa baru kimia diperkenalkan dengan laboratorium yang akan  menjadi rumah kedua bagi mereka di Universitas.

Tour Laboratorium yang dijelaskan oleh anggota LMC (Laboratory Management of Chemistry)

Setelah itu, para peserta PBAK Kimia diarahkan untuk mobilisasi ke ruang teater lantai 4 Fakultas Sains dan Teknologi untuk melanjutkan kegiatan PBAK Jurusan. Dikarenakan pemateri pada saat itu masih melaksanakan rapat jurnal, kegiatan dialihkan menjadi penampilan kelompok dan dilanjutkan dengan games.

Beralih ke acara selanjutnya yaitu pemaparan materi seputar program studi kimia yang disampaikan oleh ketua prodi kimia, Bapak Dr. La Ode Sumarlin, M.Si. dan dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. Pemaparan materi ditutup dengan pemberian sertifikat dan cenderamata oleh presiden HIMKA Kabinet Harmoni.

Acara selanjutnya yaitu latihan menyanyi yel-yel jurusan untuk penutupan PBAK Fakultas sampai masuk waktu dzuhur. Setelah itu, peserta PBAK diarahkan menuju mushola dan dilanjutkan dengan makan bersama,. Tiba di penghujung acara yaitu pemberian penghargaan dalam beberapa kategori sebagai bentuk apresiasi kepada mahasiswa baru kimia 2019, dan ditutup dengan sesi foto bersama.

            Selanjutnya, para peserta PBAK dibimbing kembali untuk mobilisasi ke lobby Fakultas Sains dan Teknologi untuk mengikuti penutupan PBAK Fakultas yang ditandai dengan penurunan umbul-umbul serta menyanyikan yel-yel perjurusan.

            Antusias yang luar biasa besar ditunjukan oleh para peserta PBAK Kimia 2019. Walaupun sudah di penghujung acara, para peserta tetap bersemangat untuk menunjukan jargon HIMKA serta menyanyikan yel-yel kimia bersamaan dengan mengangkat tangan menunjukan simbol benzene sebagai icon dari jurusan kimia. Bahkan, terdapat beberapa peserta pbak yang berinisiatif untuk menciptakan yel-yel jurusan yang dapat membangkitkan semangat peserta PBAK Kimia lainnya.

Seperti di hari pertama PBAK, semangat para peserta dan panitia tidak luntur hingga dipenghujung acara. Tidak ada kendala yang berarti saat kegiatan ini berlangsung dari pembukaan hingga penutupan. Beberapa kendala yang datang dapat dengan sigap diatasi oleh panitia , sehingga acara dapat berjalan lancer dari awal hingga akhir PBAK Kimia 2019.

Foto bersama mahasiswa baru dengan segenap panitia PBAK Jurusan dan anggota HIMKA


Djunaedi Edday

Staf Admin Fakultas Sains dan Teknologi

You may also like...