Pelatihan Google Classroom online

PENINGKATAN MUTU DAN KOMPETENSI TENAGA PENDIDIK DAN KEPENDIDIKAN

FST UIN JAKARTA – Selasa, 28 April 2020 telah diselenggarakan kegiatan pelatihan menggunakan Google Classroom untuk pelaksanaan Perkuliahan Jarak Jauh (PJJ) bagi dosen-dosen di Fakultas Sains dan Teknologi. Kegiatan ini bertujuan untuk lebih meningkatkan kapasiitas dosen dalam memanfaatkan aplikasi dalam pelaksanaan PJJ.

Di awali dengan penyampaian arahan dari Dekan FST Lily Surayya Eka Putri, penggunaan Google Classroom diharapkan dapat menjadi alternatif bagi pelaksanaan PJJ yang lebih baik. Kondisi pandemi yang mengakibatkan kegiatan belajar mengajar harus dilaksanakan secara daring, menuntut para dosen untuk mencari metode-metode yang sesuai dengan bobot materi yang diajarkan. Tentunya dengan melihat juga kemampuan mahasiswa dalam mengakses beragam aplikasi yang ingin digunakan. Baik dosen dan mahasiswa bisa saling memberi masukan agar pelaksanaan PJJ lebih optimal dan capaian pembelajaran bisa tercapai.

Pelatihan ini difasilitasi oleh Wakil Dekan Bidang Akademik Nashrul Hakiem dan dimoderatori oleh Rizal Broer yang akan dilaksanakan dalam beberapa pertemuan secara daring. Pada sesi pertama hari Selasa ini, para dosen yang memang belum pernah menggunakan Google Classroom, diperkenalkan langkah-langkah dan fitur-fitur yang ada oleh Dewi Rohma Wati dan Ardian Khairiah sehingga bisa digunakan untuk pelaksanaan PJJ. Pada pelatihan ini juga diberikan kesempatan kepada dosen-dosen yang sudah terlebih dahulu menggunakan Google Classroom untuk berbagi pengalamannya dan memperlihatkan kemudahan-kemudahan dalam pemanfaatannya.

Peserta Rapat Dosen dan Pelatihan Google Class Rooms

Aplikasi ini bukanlah satu-satunya yang bisa digunakan untuk pelaksanaan PJJ. Namun, karena semua civitas akademika UIN Jakarta telah dibekali akun email domain @uinjkt.ac.id yang tidak dibatasi kuota penyimpanan dan bisa langsung menggunakan semua fitur google secara gratis, sehingga bisa digunakan untuk kebutuhan perkuliahan maupun kegiatan lainnya. Semua fitur yang ada, bisa diintegrasikan dan bisa digunakan secara langsung. Masih banyak aplikasi menarik lainnya yang bisa dimanfaatkan untuk pelaksanaan PJJ dan dosen-dosen FST yang sudah lebih dulu memanfaatkannya, akan diberi ruang untuk bisa berbagi dengan dosen lainnya. Tentunya dengan tujuan agar kualitas pembelajaran secara daring di FST ini bisa menjadi role model bagi dosen-dosen di UIN Jakarta secara umum.

Djunaedi Edday

Staf Admin Fakultas Sains dan Teknologi

You may also like...