Pengenalan Orientasi Akademik dan Kekeluargaan Himpunan Mahasiswa KIMIA 2019

FST UIN JAKARTA – Jum’at – Minggu, 11-13 Oktober 2019. Dimana kegiatan Pengenalan Orientasi Kemahasiswaan dan Kekeluargaan atau biasa disebut dengan Partikel merupakan suatu kegiatan alur kaderisasi yang wajib diikuti oleh mahasiswa kimia setelah kegiatan PBAK. Kegiatan semacam Partikel serentak juga diselenggarakan oleh 8 jurusan di FST UIN Jakarta dan dinaungi oleh DEMA FST UIN Jakarta dengan istilah Temu dan Gathering Alumni. Partikel dilakukan selama 3 hari 2 malam di Villa 136 Gadog, Bogor.

Kegiatan Partikel 2019 memiliki tema yaitu “ CIS-TRANS (Ciptakan Solidaritas Kuatkan Kebersamaan)” yang diketuai oleh Indah Dwi Cahyati Mahasiswi Kimia UIN Jakarta angkatan 2017. Pelaksana kegiatan ini yaitu seluruh panitia yang terdiri dari anggota Himpunan Mahasiswa Kimia atau HIMKA angkatan 2018 dan beberapa pengurus HIMKA kabinet harmoni angkatan 2017.

Kepanitiaan tersebut dipilih langsung oleh bagian PSDM (Pengembangan Sumber Daya Mahasiswa) dan BPH Partikel 2019 serta Koordinator divisi. Adapun kegiatan Partikel dilakukan dengan tujuan memperkenalkan Program Studi Kimia secara luas dan sempit kepada para mahasiswa terutama para mahasiswa angkatan 2019, memperkenalkan organisasi HIMKA secara struktural kepada para mahasiswa, menumbuhkan rasa persaudaraan, loyalitas, kemandirian, dan kepeduliaan terhadap organisasi HIMKA, meningkatkan kualitas sumber daya anggota HIMKA baik dalam keilmuan maupun keorganisasian, mempererat tali silaturahim antara pihak Program Studi Kimia, alumni, dan para mahasiswa yang masih aktif.

Keberangkatan menuju tempat acara dilakukan pada Hari Jum’at setelah ashar, digunakan sebanyak 4 bus untuk mengangkut 98 mahasiswa kimia 2019 yang ikut serta dalam kegiatan serta beberapa panitia. Keempat bus tersebut lewat jalan tol dan bus sampai ke tempat lokasi sebelum magrib, mahasiswa kimia 2019 langsung bergegas untuk mengambil wudhu dan melaksanakan shalat magrib berjama’ah dan setelah itu membaca al-qur’an bersama-sama.

Pada Jum’at malam pun datang Wadek I FST yaitu Bapak Nashrul Hakiem,Ph.D, beliau datang untuk memantau kegiatan partikel dan memberikan sambutan kepada peserta. Setelah itu, dilanjut dengan pengenalan panitia pada pukul 21.20 – 21.50 yang bertujuan agar peserta mengetahui secara struktural kepanitiaan partikel 2019.

                                                 

Berlanjut ke acara berikutnya yaitu pengumpulan barang bawaan peserta, barang bawaan yang paling utama dipisahkan dari barang bawaan yang tidak terlalu diutamakan. Dan ada pula pembacaan tata tertib serta penjelasan teknis acara selama partikel berlangsung yang dibacakan oleh K3T pada pukul 22.00 .Tujuan dibuatkannya tata tertib untuk kedisiplinan peserta dan panitia selama mengikuti kegiatan partikel dan untuk kebaikan bersama apabila dilaksanakan dengan sebaik mungkin. Pada pukul 22.15 kegiatan pada Hari Jum’at dihentikan dan peserta dialihkan untuk istirahat dan dilanjut untuk mengikuti kegiatan di Hari Sabtu.

Sabtu tanggal 12 Oktober, tepat pukul 04.00 peserta dan panitia sudah bangun untuk melaksanakan shalat subuh berjama’ah. Imam shalat subuh dan tausiah pada Hari Sabtu yaitu peserta partikel 2019 . Setelah melaksanakan shalat subuh berjama’ah dilanjut dengan khataman qur’an bersama, kegiatan ini dilakukan guna untuk menanamkan kecintaan terhadap islam dan al-qur’an serta mempelajari lebih dalam mengenai al-qur’an. Kegiatan berikutnya yaitu senam yang dilakukan pada pukul 06.00, dalam kegiatan ini terlihat semangat para peserta dalam salah satu kegiatan partikel, mereka sangat antusias dan beramai-ramai melakukan senam bahkan dari beberapa peserta pun ada yang ikut menjadi instruktur senam di Hari Sabtu pagi.

Beralih ke kegiatan setelah senam yaitu mandi dan makan. Di Hari Sabtu, 12 Oktober 2019 terdapat 4 materi yang akan diberikan kepada peserta diantaranya mengenai HIMKA, CIV, IKAHIMKI, dan Keprofesian. Sebelum berlanjut ke materi pertama yaitu mengenai HIMKA, pukul 07.50 terlebih dahulu acara dibuka oleh saudara Samsul dan Umi yang bertindak sebagai MC selama kegiatan partikel berlangsung serta beberapa sambutan diantaranya sambutan oleh Ketua HIMKA Kabinet Harmoni yaitu Dimas Adi Nugroho dan sambutan dari Ketua Pelaksana yaitu Indah Dwi Cahyati.

Adapun pada pukul 08.15 materi pertama yaitu mengenai HIMKA, penyampaian materi dilakukan tidak menggunakan power point atau ppt melainkan dengan menggunakan metode sharing per kementrian. Dimana dibagi menjadi 4 pos, diantaranya ada pos BPH HIMKA yang terdiri dari Ketua, Sekertaris, Dan Bendahara, yang kedua yaitu pos Kementrian Kemahasiswaan terdiri dari Departemen Psdm, Rohis, Dan Advokasi, yang ketiga yaitu pos Kementrian Internal terdiri dari departemen Minat Bakat, Penelitian Dan Pengembangan Serta Kominfo, dan yang terakhir yaitu pos Kementrian Eksternal terdiri dari Departemen Hubungan Luar Kampus, Sosial Dan Kewirausahaan. Sistem sharing ini dilakukan agar peserta dapat lebih mengenal HIMKA secara dekat dan lebih memahami struktural HIMKA secara cepat karena langsung bertatap muka dengan pengurus tanpa perantara.Dalam sharing ini pun hadir para bph, menko, menteri departemen serta beberapa staf ahli. Setiap pos dibagi menjadi 3 kelompok di 2 pos dan 2 kelompok di 2 pos, dengan sistem sharing dibuat rolling.

Penyampaian Materi HIMKA

Berlanjut ke materi kedua yaitu mengenai CIV atau Chemistry In Village yang merupakan salah satu program kerja Departemen Sosial HIMKA. Disampaikan oleh ketua pelaksana CIV 2019 yaitu Alfi Alfathana. Tujuan disampaikannya materi CIV yaitu agar mahasiswa baru kimia 2019 dapat mengetahui salah satu program kerja HIMKA yang berkaitan dengan kegiatan sosial, mengetahui gambaran kegiatan yang dilakukan selama CIV, dapat berkonstribusi dan membantu sesama serta dapat melaksanakan tri dharma perguruan tinggi dengan baik. Tak hanya menyampaikan materi, pemateri pun sedikit memberi games mini yaitu tebak foto dan sesi tanya jawab.

Sebelum lanjut ke materi yang ketiga. MC memberikan peserta games terlebih dahulu, hal ini dilakukan agar peserta tidak merasa bosan melakukan kegiatan partikel dan dapat lebih rileks mendengarkan materi selanjutnya. Games yang diberikan pun yaitu games yang dapat mengenal satu sama lain dalam satu kelompok maupun antar kelompok serta dapat pula mengundang gelak tawa peserta partikel. Kegiatan partikel ini juga di hadiri oleh Ketua Program Studi Kimia yaitu Bapak Dr. La Ode Sumarlin, M.Si , beliau hadir ditengah-tengah pelaksanaan kegiatan partikel serta memberikan sambutan dan semangat bagi peserta partikel agar mengikuti seluruh rangkaian kegiatan partikel 2019. 

Foto Bersama Ketua Prodi Kimia dengan Peserta dan Panitia

Materi berikutnya yaitu IKAHIMKI (Ikatan Himpunan Mahasiswa Kimia Indonesia) yang disampaikan oleh perwakilan anggota IKAHIMKI yaitu Faishal Rifqi Firdaus. Tujuan diberikannya materi ini yaitu agar peserta mengetahui adanya himpunan kimia se Indonesia yaitu dan mengetahui alur kaderisasi dan kegiatan dari IKAHIMKI khususnya untuk IKAHIMKI wilayah 2.

Setelah ketiga materi disampaikan oleh pemateri, selanjutnya peserta diberi waktu untuk latihan penampilan, dimana setiap kelompok akan menampilkan penampilan yang berbeda-beda di acara api unggun pada Sabtu malam. Penampilan tersebut diantaranya yaitu perkusi, acapella, drama, musikalisasi puisi dan menari. Latihan penampilan diberi waktu selama setengah jam, dari jam 11.30 – 12.00 .Setelah kegiatan tersebut, dilanjutkan dengan ishoma.

Acara selanjutnya yaitu materi keempat mengenai keprofesian, dimana materi ini disampaikan oleh alumni kimia diantaranya Muhamad Rosidi Afriyansah, S.Si , Isni Putri Setyoningsih, S.Si dan Farhan Riza Afandi, S.Si . Materi ini diberikan agar peserta atau mahasiswa baru kimia dapat mengetahui prospek kerja dari lulusan kimia serta dapat menumbuhkan semangat lebih giat belajar guna mencapai harapan yang diimpikan.

Materi di Hari Sabtu telah usai disampaikan dan peserta partikel 2019 pun sudah melaksanakan shalat ashar berjama’ah, kegiatan selanjutnya yaitu games outdoor. Adapun games yang dilakukan kali ini tentunya masih melibatkan kelompok, karena tujuan dari diadakannya games outdoor ini salah satunya untuk membangun solidaritas dan kerjasama yang baik antar sesama kelompok. Games yang dilakukan pada Sabtu sore ini yaitu mengambil bola dengan posisi paling depan satu kaki dan saling berpegangan, menuangkan air dalam gelas, serta games lilin dalam kolam renang. Semua games yang dibuat memiliki makna yang mendalam, salah satunya adalah untuk membangun kerjasama yang baik dan membangun rasa solidaritas yang tinggi untuk mencapai keberhasilan.

Usai melakukan games outdoor, peserta membersihkan diri dan melaksanakan shalat magrib dan tak lupa mengaji bersama sampai waktu shalat isya datang dan melaksanakan shalat isya berjama’ah. Sebelum melakukan kegiatan selanjutnya yaitu ada api unggun dan penampilan, terlebih dahulu peserta makan malam bersama. Dalam acara api unggun suasana sangat menarik dan hangat, karena ditengah api unggu menyala, setiap kelompok pun masing-masing menampilkan penampilannya. Dimana penampilan tersebut diantaranya ada musikalisasi puisi, perkusi, acapella, drama, dan menari. Tujuan dilakukannya kegiatan tersebut yaitu agar peserta memahami makna hangatnya kekeluargaan, saling bekerja sama dalam menampilkan suatu karya dengan terbaik, memahami satu sama lain, saling menghargai satu sama lain, serta dapat membangun rasa solidaritas antar sesama peserta maupun panitia. Api unggun dan penampilan selesai sekitar pukul 22.00, setelah acara tersebut peserta beristirahat dan tidur.

Api Unggun dan Penampilan

Hari berikutnya yaitu Minggu, 13 Oktober 2019 kegiatan partikel masih berlajut. Di hari ini, masih terdapat satu  materi yaitu  Sharing Alumni Kimia UIN Jakarta. Sharing alumni ini disampaikan oleh beberapa alumni kimia UIN Jakarta, tujuan diadakannya sharing alumni yaitu agar peserta partikel mengenal dan  mengetahui alumni Kimia UIN Jakarta, Tak hanya itu para alumni pun sharing mengenai  masa kuliah mereka di Kimia UIN Jakarta sampai lulus dan berbagi pengalaman lain. Sharing ini dilakukan dengan metode tanya jawab.

Beralih ke kegiatan selanjutnya yaitu penyampaian kesan dan pesan peserta partikel serta beberapa penghargaan untuk peserta dan panitia. Adapun nominasi untuk peserta seperti Terbaik diraih oleh Teuku Rizky, Tergacor oleh Anggina, Terangkanlah oleh Widyah Hartati, Terpendam oleh Leni. Dan ada juga penghargaan untuk kelompok Terbaik yang jatuh pada kelompok 10 atau ester, Penampilan Terbaik oleh kelompok 2 atau alkena, dan kelompok Terkaya oleh kelompok 6 atau keton. Panitia pun ada yang mendapat gelar panitia Tergalak yang jatuh pada Vara Ayudya dan Faishal Rifqi Firdaus serta panitia Terbaik yang jatuh pada Faizal Rachman.

Di penghujung acara partikel, diadakan Peresmian Anggota Baru HIMKA yaitu dengan Pembacaan Ikrar oleh Ketua HIMKA yang diikuti oleh peserta partikel 2019. Kegiatan terakhir yaitu makan, shalat dzuhur, pengembalian barang bawaan dan terakhir sesi foto bersama. Sekitar pukul 14.30 peserta dan beberapa panitia pulang menggunakan bus menuju UIN Jakarta, bus sampai UIN sekitar pukul 17.40. Lengkap sudah acara Partikel 2019 yang dilaksanakan dari hari Jum’at – Minggu tanggal 11 – 13 Oktober 2019. Selama kegiatan 3 hari tersebut baik peserta maupun panitia sama-sama menikmati kegiatan yang dilaksanakan, semangat yang membara sangat terlihat jelas dari para peserta dan panitia sehingga kegiatan partikel berjalan dengan sukses.

Foto Bersama Peserta Partikel 2019

Djunaedi Edday

Staf Admin Fakultas Sains dan Teknologi

You may also like...