Press Release: BAKTI – FST UIN Jakarta Untuk Digital Literacy Wakatobi

Wakatobi – Sulawesi Tenggara

FST UIN JAKARTA – 6 Desember 2019, Dalam rangka mensukseskan kegiatan pelatihan dan penyuluhan ke masyarakat dan guru di Wakatobi mengenai cara pemasaran digital, pengenalan produk secara digital dari produk yang telah ada di area tersebut, serta Transfer of Knowledge mengenai pembelajaran interaktif dan pemberdayaan sumber daya laut dan pesisir, maka FST UIN Jakarta akan melakukan kegiatan sosial yang mengusung tema BAKTI FST UIN Jakarta untuk Digital Literacy Wakatobi.

Kegiatan tersebut akan dilaksanakan selama empat hari, Selasa-Jumat (10-13/12), di Wakatobi, dan akan diikuti sedikitnya 26 orang sivitas akademika FST UIN Jakarta, yang terdiri dari Dekanat tiga orang, prodi dan dosen 16 orang, staf tiga orang, Rektorat seorang, serta Badan Aksesibilitas Komunikasi dan Informasi (BAKTI) tiga orang.

Program yang akan dilakukan adalah dalam bentuk pelatihan dan penyuluhan tentang digital marketing untuk meningkatkan nilai jual dari sumberdaya laut dan pesisir seperti kelapa, rumput laut, pembuatan virgin coconut oil (vco), dan pembuatan briket sampai  pengemasan produk serta pemanfaatan rumput laut dan sumberdaya lainnya, juga mengenai cara pembuatan materi pembelajaran interaktif berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), gamefikasi untuk pembelajaran yang lebih menarik, pembuatan atau pendafataran ke market place digital seperti tokopedia, bukalapak, shopee dan yang sejenisnya, juga social media marketing seperti Facebook, Instagram, dan sejenisnya.

Luaran yang dihasilkan dari kegiatan kerjasama BAKTI KOMINFO dan FST UIN Jakarta adalah pengetahuan, pemahaman dan keterampilan dalam hal digital literacy. Melalui kerjasama ini diharapkan terjalin kolaborasi antara Institusi Pendidikan, Pemerintah dan Masyarakat yang selanjutnya menciptakan peningkatan kualitas pendidikan dan ekonomi masyarakat Indonesia secara luas dalam hal digital literacy.

Sebagai informasi FST merupakan salah satu Fakultas di UIN Jakarta yang memiliki Sembilan prodi diantaranya Teknik Informatika, Sistem Informasi, Kimia, Fisika, Biologi, Agribisnis, Teknik Pertambangan, Matematika, dan S2 Agribisnis.

Untuk memenuhi Tridarma Perguruan Tinggi, maka perlu kiranya dilakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan oleh ke 9 prodi tersebut dibawah naungan FST.  Dalam mendukung revolusi 4,0 di kalangan akademisi, maka digital literacy merupakan program yang sangat penting untuk diberikan dan didiseminasikan kepada masyarakat khususnya di wilayah 3T di Indonesia.

FST UIN Jakarta memiliki empati dan tanggungjawab yang tinggi untuk membantu digital literacy khususnya di Wakatobi, mendukung program yang dilakukan oleh BAKTI. Kemudian, untuk informasi lebih lengkap, dapat menghubungi Panitia  (Humas).

DELEGASI YANG AKAN MENGIKUTI KEGIATAN BAKTI FST UINJKT UNTUK DIGITAL LITERACY WAKATOBI:

  1. Prof. Dr. Lily Surayya Eka Putri, M. Env. Stud
  2. Dr. Imam Marzuki Shofi, MT
  3. Dr. Nani Radiastuti, MSi
  4. Dr. Fahma Wijayanti, M.Si
  5. Dr. Ambran Hartono, MSi
  6. Dr. Siti Rochaeni, MSi
  7. Eva Nauli Aprila, SmHk
  8. Ahmad Sulhi, MKom
  9. Dr. La Ode Sumarlin, M. Si
  10. Hendra Bayu Suseno, M.Kom
  11. Nurhasni, MSi
  12. Drs. Henda Syukri, M.Si
  13. Luh Kesuma Wardani, MT
  14. Dr. Qurrotul Aini, MT
  15. Siti Ummi Masruroh, MSc
  16. Nurul Faizah MTI
  17. Djunaedi, S.Kom
  18. Dr. Priyanti, MSi
  19. Elvan Yuniarti, MSi
  20. Andrew Fiade, M.Kom
  21. Tati Zera,MSi
  22. Nida’ul Hasanati, MMSI
  23. Yuni Sugiarti, Mkom
  24. Karina Mentari Putri
  25. Ulfi  Nandya Puri
  26. Muhammad Helmy Putra Kurnia

Semoga para delegasi diberikan kesehatan dan keselamatan dalam menjalani tugas ini.. Amiiin.

Djunaedi Edday

Staf Admin Fakultas Sains dan Teknologi

You may also like...