Profil Singkat Dekan FST UIN Jakarta

Saya adalah seorang Guru Besar bidang Biologi Lingkungan di Prodi Biologi Fakultas Sains dan Teknologi dan saat ini diberi amanah sebagai Dekan FST periode 2019-2023.  Awal karir saya di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dimulai sejak tahun 2000 yaitu sebagai dosen di Fakultas Psikologi.  Keterlibatan saya di Fakultas Sains dan Teknologi sebagai dosen di Prodi Biologi, dimulai sejak tahun 2002. 

Dekan FST UIN Jakarta

Kemudian, pada tahun 2005 saya resmi menjadi PNS di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dan bertugas di prodi Biologi FST. Sebelumnya, saya juga berkarir sebagai dosen di Universitas Nasional sejak tahun 1996, di Sekolah Tinggi Manajemen Transportasi Trisakti sejak tahun 1999, dan di YAI sejak 1997. 

Riwayat Pendidikan

Riwayat pendidikan saya dimulai di Jurusan Biologi Institut Pertanian Bogor tahun 1987 dan memperoleh gelar sarjana Biologi pada tahun 1991. Selanjutnya gelar Master of Environmental Studies saya peroleh dari University of New South Wales, Australia pada tahun 1995. Pendidikan berikutnya saya lanjutkan kembali di Institut Pertanian Bogor dan berhasil memperoleh gelar Doktor di bidang Pengelolaan Sumberdaya Alam dan Lingkungan pada tahun 2001.

Karir di Fakultas Sains dan Teknologi

Karir saya di Fakultas Sains dan Teknologi dimulai sejak 2009-2012 dimana saya menjabat sebagai Ketua Program Studi Biologi. Selanjutnya, saya dipercaya menjadi Wakil Dekan bidang Akademik di Fakultas Sains dan Teknologi pada tahun 2012-2014.

Selain itu, saya juga dipercayai sebagai Ketua Pusat Studi Lingkungan atau Centre for Environmental Science (CES) di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta pada periode 2010-2014. Saya juga dipercaya memperoleh amanah sebagai Wakil Ketua Komisi Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Senat Universitas untuk periode 2017-2019.

Berbagai pertemuan ilmiah sudah saya hadiri sebagai pembicara dan pemakalah, baik di dalam dan luar negeri, seperti di Bali, Kalimantan, Sulawesi, Yogyakarta, Solo, Riau, Brunei Darussalam, China, Thailand, Inggris, Jepang, Australia, dan Malaysia, dan menghasilkan beberapa karya ilmiah yang sudah dipublikasi di jurnal nasional terkareditasi dan jurnal internasional yang bereputasi atau terindeks SCOPUS.

Beberapa buku juga sudah saya hasilkan yang merupakan hasil penelitian dan pemikiran ilmiah dari berbagai pengalaman yang telah saya alami selama karir saya, berbekal bidang keahlian yaitu Biologi Lingkungan, pengelohan limbah, ekologi laut dan pengeloloaan lingkungan.

Berbagai kegiatan di Luar UIN

Kerjasama dengan kolega dari luar negeri khususnya telah cukup banyak saya lakukan yaitu dengan Jerman, Belgia, Jepang dan Inggris, dan beberapa di antaranya dilanjutkan dengan penelitian bersama.  Kerjasama dengan perusahaan nasional seperti PT. Pertamina field Subang juga sudah dilaksanakan dalam studi diversitas di Hutan Kota Ranggawulung selama 4 tahun.

Dukungan finansial untuk pelaksanaan penelitian banyak diperoleh dari kerjasama tersebut selain dukungan dari UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Selain itu, kerjasama dengan kolega dari UIN Riau dan UIN Bandung pernah dilakukan dalam kegiatan Summer Course di Jerman dan Belgia, pada tahun 2012-2015. Kerjasama nasional dan internasional dalam riset dan publikasi, student mobility, dan pertukaran dosen akan dilanjutkan dan menjadi program prioritas yang akan dilaksanakan selama periode jabatan Dekan FST 2019-203.

Demikian profil singkat saya. Terimakasih


👋

Djunaedi Edday

Staf Admin Fakultas Sains dan Teknologi

You may also like...