PUBLIC HEARING SEMA FST UIN JKT

“MENGULIK LEBIH DALAM TENTANG UKT”

Public Hearing SEMA FST UIN Jakarta

FST UIN JAKARTA. Senat Mahasiswa Fakultas Sains Dan Teknologi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta kembali mengadakan acara Public Hearing yang kali ini berlangsung di Teater lt. 4 FST UIN Jakarta pada Rabu, 23 Oktober 2019. Public Hearing adalah sebuah forum terbuka umum bagi para mahasiswa FST berkumpul mendapat informasi dan menyuarakan pendapat mereka di depan petinggi-petinggi Fakultas hingga Universitas. Acara Public Hearing ini dilaksanakan untuk membawa perubahan bagi FST yang lebih baik dengan tema:

“Mengulik lebih dalam tentang UKT”

Dema FST UIN Jakarta

Di mana mahasiswa diberikan kesempatan untuk menyuarakan aspirasi mereka. Dari mahasiswa, untuk mahasiswa. Acara yang bertujuan untuk menyalurkan aspirasi mahasiswa perihal UKT kepada pihak Fakultas ini dihadiri oleh Saeful Tasman, S.E. sebagai Kepala Sub Bagian Akuntansi dan BLU.

Hakikat dari UKT adalah untuk meringankan beban mahasiswa terhadap pembiayaan pendidikan, oleh karena itu pemerintah melalui Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) pada tanggal 23 Mei 2013 telah mengeluarkan ketetapan mengenai besarnya Biaya Kuliah Tunggal (BKT) dan Uang Kuliah Tunggal (UKT) pada Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud). Begitu mulianya tujuan dari program Uang Kuliah Tunggal (UKT) tersebut, namun dalam implementasinya tak semudah membalik telapak tangan.

Setidaknya itulah yang terjadi dalam pelaksanaan program Uang Kuliah Tunggal (UKT) yang ada di UIN Jakarta sejauh ini. Ada sejumlah kendala yang dihadapi, diantaranya kurangnya penyuluhan dan sosialisasi yang  dilakukan kepada calon mahasiswa dan masyarakat. Hal ini semakin diperparah dengan kondisi akses dan kualitas informasi yang kurang memadai.

Dengan adanya Public Hearing ini semoga dapat memberikan sarana informasi berupa pengetahuan kepada para mahasiswa tentang UKT dan menfasilitasi sarana untuk berpendapat dan bernegosiasi untuk UKT di UIN Jakarta menjadi lebih baik  kedepannya. Acara ini dimulai dari registrasi peserta pada pukul 09.00 wib dilanjutkan dengan pembukaan MC, sari tilawah, menyanyikan lagu Indonesia Raya dan beberapa sambutan.

Inti dari acara dipimpin oleh Fikri sebagai perwakilan dari DEMA FST selaku moderator pada acara ini, kemudian moderator membacakan CV pemateri dan dilanjutkan pemaparan UKT. Selama kurang lebih 90 menit diskusi dibuka sesi tanya jawab, dikesempatan ini pemantik juga ikut memancing pertanyaan agar audience lebih aktif bertanya dan memastikan agar pertanyaan-pertanyaan sesuai seputar UKT. Acara ini diakhiri oleh kesimpulan yang menjadi pokok pembicaraan dan jawaban dari semua pertanyaan. Terakhir terdapat TTD hasil public hearing, penyerahan sertifikat, foto bersama dan doa penutup.


👋

Djunaedi Edday

Staf Admin Fakultas Sains dan Teknologi

You may also like...