Saintek Goes to Rumpin Village

Saintek Goes to Rumpin Village 

Delegasi Fisika UIN Jakarta pada acara Saintek Goes to Rumpin Village

Saintek UIN Jakarta – Pada Rabu, 7 November 2018 Fisika telah mengirimkan delegasinya dalam acara Saintek Goes to Village di Lebak Haur, Desa Rabak, Kecamatan Rumpin, Bogor, Jawa Barat sebanyak 8 orang yaitu: Ridwan Eko, Ashoka Wisnu, Larasati, Selviera Intan, Muhammad Havidz, Latifannisa Nurrizka, Nada Ayunita, dan Deliana Natasya. Lima orang yang merupakan panitia Saintek Goes to Village yaitu Selviera Intan, Latifannisa, Ridwan Eko, Ashoka Wisnu dan Larasati. Dua orang finalis Duta Saintek 2018 yaitu Nada Ayunita S dan Deliana Natasya S dan satu orang peserta biasa yaitu Muhammad Havidz.

Tema dari acara ini adalah

“Mewujudkan mahasiswa yang mengabdi pada masyarakat dan mewujudkan masyarakat yang kreatif dan inovatif”.

Muhammad Naufal 2018 FST UIN Jakarta

Sesuai dengan tema acara, tujuan mereka kesana adalah untuk mengabdi kepada masyarakat desa disana. Kegiatan dimulai pada hari Rabu, 7 November 2018. Diawali dengan packing dan perjalanan, perjalanan kesana membutuhkan waktu selama 2 jam dengan menggunakan mobil dan 1.5 jam dengan menggunakan motor.

Peserta sampai disana pada pukul 20.00. Sesampainya disana mereka beristirahat terlebih dahulu dan setelah 1 jam waktu istirahat, acara pun dibuka dengan pembacaan doa, menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dan sambutan-sambutan dari ketua DEMA FST, ketua PRS 2018 dan ketua warga setempat. Setelah itu, dilanjutkan dengan istirahat di kamar yang telah dibagi sebelumnya.

Suasana di kelas SD

Keesokan harinya pada hari Kamis, 8 November 2018 mereka mengikuti kegiatan para warga disana seperti, berkebun, bertani dan berternak. Setelah itu dilanjutkan dengan kerja bakti dan membantu warga membuat rak buku. Kegiatan itu dilaksanakan mulai dari pukul 8 pagi sampai 4 sore. Setelah itu mereka beristirahat dan mengobrol santai dengan warga disana dan bermain dengan anak kecil disana.

Pada hari ketiga yaitu pada hari Jum’at, 9 November 2018 mereka mengajar anak TK dan SD disana dari pukul 8 pagi sampai pukul 11 siang. Setelah itu dilanjutkan dengan sholat Jum’at dan istirahat sampai pukul 2 siang. Setelah itu dilanjutkan dengan acara-acara sambutan dari himpunan dan acara finalis duta Saintek. Setelah itu ada break sholat magrib dan isya serta makan Bersama warga.

Setelah itu acara kembali dilanjutkan pada pukul 8 malam yaitu makrab Bersama warga dan menonton film Bersama warga. Dan dilanjutkan dengan penampilan dari mahasiswa dan dari warga dan diakhiri dengan sharing-sharing Bersama warga.

Dan tiba pada hari terkahir yaitu Sabtu, 10 November 2018 diawali dari senam Bersama warga, lalu closing dari himpunan, dan dilanjutkan dengan ishoma dan persiapan pulang. Lalu closing dari warga dan dari Dema, menceritakan kesan dan pesan dari para peserta dan warga dan diakhiri dengan foto dan juga dengan doa Bersama dan pemberian cenderamata dan donasi kepada warga desa.

Djunaedi Edday

Staf Admin Fakultas Sains dan Teknologi

You may also like...