Seminar Nasional dan Olimpiade

Seminar Nasional dan Olimpiade

Seminar Nasional Dan Olimpiade

FST UIN JAKARTA – ECOLOGY (Event Competition of Biology) merupakan acara biologi yang didalamnya terdapat acara Seminar Nasional dan Paper Confrence. Acara ini berlangsung pada tanggal 27 Oktober 2018, bertempat di teater lantai 2 Fakultas Ekonomi dan Bisnis yang berlangsung dari jam 8.00 – 15.00 WIB. Seminar Nasional yang bertemakan “Peran Ilmu Guna mewujudkan daerah yang mandiri dan sejahahtera”.

Seminar ECOLOGY kali ini dihadiri oleh pemateri yang sangat kompeten dibidangnya masing-masing, yakni Prof Dr Emil Salim sebagai tokoh yang ahli di bidang lingkungan hidup membawakan topik diskusi biodiversitas, Dr. Oswar Muadzin Mungkasa, MURP sebagai perwakilan Pemkot DKI dalam permasalahan Master Urban Regional Planning dalam diskusi Sustainable Development Goals, dan tokoh ketiga yaitu Hanafi S Guciano Ph.D dalam selaku Sustainability Services Professional yang membahas topik diskusi Bio Bank. Seminar tersebut di moderator oleh Dr. Fahma Wijayanti yang merupakan salah satu tokoh dosen. Dalam Setiap pemaparannya semua narasumber memberikan pandangannya dalam kajiannya masing-masing, Sehingga, Peserta yang hadi dalam seminar kali ini mendapatkan pengetahuan dari tiga sudut pandang yang berbeda mengenai pembangunan pesisir yang sustainable. Selain itu narasumber juga mengajak agar peserta seminar yang hadir lebih peka dalam masalah lingkungan yang terjadi dewasa kini. Contoh yang dikaji dalam seminar tersebut diantaranya dalah reklamasi teluk Jakarta.

Banyak hal menarik bisa diambil dari kegiatan seminar hari itu, diantaranya adalah narasumber mengajak atau menganjurkan supaya ilmu yang telah disampaikan di hari itu bisa langsung diaplikasikan dalam kehidupan atau bahkan langsung melakukan aksi nyata terhadap isu lingkungan di sekitar. Salah satu yang harus digaris bawahi dari pesan narasumber kepada peserta, khususnya mahasiswa yang hadir adalah meningkatkan peran serta mahasiswa dalam mengatasi isu lingkungan yang terjadi saat ini.

Rangkaian acara ECOLOGY tidaklah selesai setelah dengan Seminar ECOLOGY dilaksanakan, karena acara ECOLOGY dilanjutkan dengan Paper conference . Paper Conference merupakan kegiatan publikasi karya tulis peserta berupa hasil penelitiannya yang akan dipresentasikan. Kegiatan ini dilaksanakan, siang hari setelah acara Seminar Nasional berlangsung. Dalam pelaksanaanya Paper Conference berfungsi untuk sebagai wadah peneliti mempubkikasikan hasil penelitiannya dalam bentuk presentasi oral.

Peserta dari acara paper conference berasal dari beberapa universitas yaitu, Institut Pertanian Bogor, Universitas Siliwangi dan Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta. Sebelum presentasi, peserta diwajibkan untuk mengikuti alur acara paper conference ini, yaitu tahap awal pengiriman abstrak kepada panita. Abstrak ini akan diseleksi (dengan berbagai ketentuan) dan bagi abstrak yang terpilih akan dicetak dan dibagikan kepada para peserta paper conference lainnya saat presentasi.
Abstrak yang terpilih juga akan dibagi dalam beberapa kategori, yaitu botani dan lingkungan, zoology dan lingkungan, dan mikrobiologi dan lingkungan. Kemudian tahap daftar ulang. Yaitu bagi peserta yang abstraknya terpilih untuk maju ketahap selanjutnya, diwajibkan untuk daftar ulang dan membayar uang administrasi.

Pada tahap ini pula, peserta diwajibkan untuk mengirimkan full papernya kepada panitia. Selanjutnya tahap presentasi. Pada tahap ini yang diadakan pada tanggal 27 Agustus 2018, peserta diwajibkan datang dan mengikuti acara Seminar Nasional terlebih dahulu. Presentasi akan diadakan setelah acara Seminar Nasional. Paper Conference diadakan diruang yang sama dengan acara Seminar Nasional, yaitu di Teater lantai 2 Fakultas Ekonomi dan Bisnis UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Peserta yang melaksanakan presentasi oral diberikan waktu selama 10 menit untuk memaparkan hasil penelitiannya dan menjawab pertanyaan peserta yang hadir. Dimana dalam presentasi tersebut, tidak jarang peserta terlihat cemas menunggu gilirannya untuk memaparkan hasil penelitian yang telah mereka laksanakan kepada hadirin di ruangan tersebut.
Tidak hanya itu, hadirin yang ada dalam ruangan tersebut juga sangat antusia dalam menyimak pemaparan yang diberikan. Hal ini terlihat dari sesi diskusi antara hadirin dengan pemakalah oral, dimana tidak sedikit hadirin merasa penelitian yang dilakukan oleh presenter sangat menarik dan banyak hal yang bisa diulik lebih dalam lagi di sesi diskusi tersebut.
Setelah semua presenter memaparkan hasil penelitiannya, maka berakhirlah acara ECOLOGY 2018.

Sebelumnya acara Paper conference diakhiri dengan pengumuman pemakalah terbaik. Selanjutnya dilanjutkan dengan pemberian sertifikat kepada seluruh pemakalah dan pemberian cenderamata kepada para juri yang terdiri dari Narti Fitriani, M. Si., Dr. Dasumiati, M. Si., dan Mardiansyah, M. Si.

ECOLOGY diharapkan menjadi suatu wadah untuk mahasiswa mendapatkan ilmu dan informasi terbaru mengenai isu-isu lingkungan terbaru, selain itu dalam acara ini isu-isu tersebut dipaparkan, didiskusikan, dan dicari solusi yang terbaik melalui seminar dan paper conference. Sehingga, peserta acara dan khususnya mahasiswa sebagai agent of change dapat suatu gambaran terbaru dan bisa menyelesaikan masalah tersebut.

Salam Konservasi !

Salam Lestari !


👋

Djunaedi Edday

Staf Admin Fakultas Sains dan Teknologi

You may also like...