Seminar Sains dan Keislaman

FST UIN Jakarta – Jumat, 13 September 2019, Himpunan Mahasiswa Kimia (HIMKA) bekerjasama dengan Himpunan Mahasiswa Biologi (HIMBIO) UIN Syarif Hidayatullah Jakarta menyelenggarakan kegiatan Seminar Sains dan Keislaman dalam rangka Peringatan Hari Besar Islam yang bertemakan “Menguatkan Ma’rifatullah melalui Ayat-ayat Alquran tentang Ilmu Sains yang ditinjau dari aspek Biologi dan Kimia”.

Kegiatan ini diketuai oleh Iis Rohayati (Biologi 2017) dan dimoderatori oleh Bill Bryan Pardede (Kimia 2018) dengan tujuan untuk menguatkan Marifatullah, menambah rasa kecintaan dan ketakwaan kepada Allah SWT, menambah pengetahuan dan termotivasi untuk menggali ilmu sains dan Al-Quran sedalam – dalamnya. Seminar ini dihadiri oleh mahasiswa dari berbagai kalangan, dikarenakan seminar ini bersifat umum.

Seminar Sains dan Al-Quran ini dimeriahkan oleh Saman Biologi 2017 dan dihadiri oleh Ketua Prodi Kimia yaitu Dr. La Ode Sumarlin, M.Si dan Dr. Fahma Wijayanti, M.Si selaku Wakil Dekan III Bidang Kemahasiswaan. Dihadiri pula oleh Dimas Adi Nugroho selaku ketua Himka dan Ahmad Bagas Alkatiri selaku Ketua Himbio.

Tujuan diadakannya kegiatan ini adalah untuk memotivasi para pemuda muslim untuk menjadi pribadi yang lebih baik dan sebagai ajang syiar Islam serta menjadi wadah untuk berkumpul, bersilaturahim dan sharing hal-hal bermanfaat diantara sesama muslim. Seminar ini dikemas semenarik mungkin oleh Pak Ahmad Rusdan Handoyo selaku pembicara. Selain dengan metode ceramah, pak Rusdan juga menggunakan aplikasi mentimeter untuk meminta pendapat para audiens mengenai materi yang beliau sampaikan. Inti dari yang disampaikan oleh pembicara adalah bahwa Sains selaras dengan Al Qur’an. Audiens yang hadir sangat antusias terhadap materi yg disampaikan, hal ini terbukti pada saat sesi tanya-jawab banyak yang mengacungkan tangan untuk bertanya. Namun karena keterbatasan waktu, tidak semua pertanyaan di jawab.

Djunaedi Edday

Staf Admin Fakultas Sains dan Teknologi

You may also like...